5 Cara Menyembuhkan Ambeien Setelah Melahirkan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online | Ambeien atau lebih dikenal dengan wasir merupakan penyakit yang terjadi pada bagian anus. Biasanya bibir anus mengalami pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit dan perih, kadang-kadang disertai pendarahan juga. Wasir disebabkan oleh banyak hal, secara umum disebabkan oleh terlalu lama duduk atau berdiri, mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Tetapi wasir juga dapat terjadi saat hamil atau karena terlalu kuat mengejan saat persalinan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 cara menyembuhkan ambeien setelah melahirkan.

    5 Cara Menyembuhkan Ambeien Setelah Melahirkan


    1. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

    Biasanya ibu hamil mempunyai aktivitas yang lebih sedikit dari pada biasanya. Kebanyakan ibu hamil lebih sering duduk atau tiduran. Nah, hal ini harus dihindari karena jika terlalu lama duduk, bisa menyebabkan ambeien. Atau usahakan tidak duduk di tempat yang keras, dan akan lebih baik jika duduk dalam bantal yang berbentuk donat. Tujuannnya yaitu karena lubang pada bagian tengah bantal ini dapat mengurangi tekanan pada anus.

    2. Perbanyakan Makan Serat

    Jika ibu hamil mengkonsumsi banyak makanan serat, maka feses yang akan dikeluarkan mempunyai tekstur yang lebih lunak. Biasanya saat ibu hamil kekurangan serat, ia akan mengalami sembelit yang mengakibatkan feses keras dan menyulitkan keluar saat buang air besar. Hal ini mengharuskan Anda untuk mengejan lebih kuat, sehingga peningkatan pada pembuluh darah, rektum dan perineum akan terjadi yang akhirnya mengakibatkan membengkaknya lapisan bibir anus atau bahkan hingga menonjol keluar. Serat bisa Anda dapatkan pada beberapa sayuran hijau dan buah-buahan lainnya. Mengkonsumsi cukup serat juga harus tetap dilakukan pasca melahirkan, karena selain untuk mencegah sembelit juga dapat memperbanyak produksi ASI.

    3. Konsumsi Air Putih lebih Banyak

    Selain mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat, mengkonsumsi air putih juga dapat membantu menyembuhkan ambeien setelah melahirkan. Asupan cairan yang cukup akan membantu saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga tesktur feses agar tidak mengeras. Sebaiknya, konsumsi air putih sekitar 2 liter dalam sehari. Lebih banyak juga lebih baik.

    4. Berendam Dengan Air Hangat

    Untuk menyembuhkan ambeien pasca melahirkan, Anda juga bisa mengatasinya dengan berendam pada air hangat. Usahakan dalam sehari Anda melakukannya 1 kali, untuk mengurangi rasa nyeri pada anus, dan mengurangi pembengkakannya.

    5. Operasi

    Dalam sebagian kasus, ada ambeien yang dikatakan permanent. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengambil meja operasi. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena teknology yang semakin canggih, kini dokter mempunyai teknik operasi yang lebih aman dan tidak mengharuskan melakukan pemotongan pada jaringan hermoroid. Sehingga akan mengurangi rasa sakit dan pemulihannya juga lebih cepat.

    Jika gejala-gejala dari wasir mulai Anda rasakan saat hamil, sebaiknya Anda harus mengubah kebiasaan duduk Anda yang terlalu lama, memperbanyak konsumsi serat dan air putih. Biasanya ambeien sering dianggap bukan penyakit atau di anggap penyakit yang ringan. Padahal jika tidak ditangai dengan baik, maka kondisi ini akan lebih menyulitkan Anda saat menjadi proses persalinan. Dan akan mengakibatkan risiko komplikasi yang tinggi.

    Mungkin Anda juga tertarik untuk membaca :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 9, 2016
    Diskusi Dari:
    ursulakimmel80

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

    Dijawab Oleh : ursulakimmel80
    Diskusi Dari:
    Ocha Setiani

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Dijawab Oleh : Ocha Setiani
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Opik Taufik
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Dayat Ya Hidayat

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

    Perlu Jawaban