×

Amankah Melakukan Pijatan Selama Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Memasuki kandungan yang semakin besar, tidak jarang para ibu hamil mengeluhkan badannya pegal-pegal dan ingin rasanya melakukan pijatan relaksasi. Namun, banyak sekali para ibu yang bertanya, amankah ibu hamil melakukan pijat? Untuk mendapatkan jawabannya, simak info kehamilan berikut ini.

Amankah Ibu Hamil Melakukan Pijat?

Related Posts :

    Pijat atau massage adalah salah satu media pengobatan yang bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan tubuh secara menyeluruh, mengurangi rasa stress dan membebaskan kekuan dan ketegangan otot. Penyelidikan dan riset modern membuktikan ilmu pengobatan dengan pijatan sebelum melahirkan bisa menjadi treartment atau cara yang sangat baik terhadap perawatan sebelum ibu melahirkan dan diberikan dengan cara yang benar.

    Hasil dari sebuah study penelitian menunjukkan bahwa massage therapy yang dilaksanakan selama kehamilan dapat mengurangi kegelisahan, mengurangi gejala-gejala depresi, membebaskan nyeri otot dan nyeri sendi, serta meningkatkan kesehatan bayi baru lahir.

    Selain itu, hasil study peneliti yang dilakukan 10 tahun yang lalu menunjukkan bahwa,”kadar hormon berhubungan dengan relaksasi dan stress, yang mendorong perbaikan kesehatan cardiovasculer, ketika massage therapy diperkenalkan untuk perawatan prenatal. Hormon-hormon seperti norepinefrin dan kortisol (hormon stress) dikurangi dan level dopamine dan serotonin ditingkatkan pada wanita-wanita yang dilakukan pijatan setiap dua minggu selama hanya lima minggu. Perubahan level hormon mengurangi kesulitan-kesulitan selama kelahiran dan memperkecil kesulitan-kesulitan bayi yang baru lahir, seperti berat atau beban kelahiran yang rendah.”

    Kapan Ibu Hamil Boleh Melakukan Pijatan?

    • Pijatan direkomendasikan selama prenatal massage karena ibu hamil banyak menunjukkan kegelisahan yang umum berhubungan dengan sistem skeletal dan perubahan sistem sirkulasi karena adanya perubahan hormon selama kehamilan.
    • Pijatan boleh dilakukan bagi bunda yang tidak memiliki masalah kehamilan, seperti janin terlilit tali pusat atau posisi janin yang tidak tepat.
    • Pijatan boleh dilakukan pada usia kandungan menginjak 5 bulan keatas, hal ini dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan.
    • Melakukan pijatan sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah profesional dan ahli dibidang tersebut.
    • Hindari pemijatan pada area pinggul, perut, dan pinggang. Wanita hamil boleh dipijat pada area tangan, kaki, punggung serta leher.

    Itulah beberapa cara pemijatan yang boleh dilakukan. Dan waspadalah, jika pemijatan salah dilakukan, justru akan berimbas pada kesehatan bayi yang dikandungnya. Maka dari itu, sebaiknya mengetahui syarat-syarat pemijatan yang baik dan aman dilakukan saat masa kehamilan. Semoga sajian ini bermanfaat, dan bila Ada yang ingin ditanyakan. Silahkan masuk kehalaman tanya bidan, kami siap memberikan jawaban.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 19, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Miss v

  • Oleh : Firsty Ayu pratiwi
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Kenapa miss v longgar, padahal belum pernah melakukan hubungan intim dan saya.belum menikah

  • Oleh : Firsty Ayu pratiwi
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    tetang wanita hamil

  • Oleh : redi redi
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    ibu bidan mau tanya kemarin baru melakukan hubungan intim,kemarin itu kan penis dimasukan kevagina paling baru lima detik.karna siwanita kesakitan jadi penis saya keluarin ,akan terjadi hamil pada siwanita atau tidak ya bu?

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 6 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Tenggorokan terasa tidak enak seperti mau muntah setiap pagi

  • Oleh : septiihandayani
  • 7 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Tanya Bidan