×

Apakah Berat Badan Mu Sudah Ideal ?

Bagikan Artikel :

Apakah Berat Badan Mu Sudah Ideal ?

Ada kalanya orang yang menginginkan badan kurus untuk menambah daya tarik, terutama pada wanita. Padahal berat badan yang sehat adalah berat badan yang ideal, bukan kurus. Mempunyai berat badan ideal tentu penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit.

Berat badan ideal setiap orang berbeda-beda. Jadi, jangan membandingkan berat badan yang Anda punya dengan berat badan teman, saudara, keluarga, dan orang lain. Untuk mengetahui berapa idealnya berat badan, Anda bisa menyesuaikannya dengan tinggi badan yang Anda miliki.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan BMI

Body Mass Index (BMI) atau penyebutan dalam bahasa Indonesia Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah cara mudah menghitung berat badan ideal berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Untuk penghitungannya, berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Misalnya, kamu memiliki berat badan 50 kilogram dan tinggi 160 cm (1,60 meter). Kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,60 x 1,60 = 2,56. Lalu, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 50/2,56 = 23,4. BMI 19,5 jika dilihat berdasarkan standar WHO, kamu termasuk normal.

Klasifikasi Skala BMI

1. Berat badan sangat rendah : kurang dari 15.0

2. Sangat kurus : 15.0-16.0

3. Berat badan kurang : 16.0-18.4

4. Berat badan normal : 18.5-24.9

5. Kegemukan : 25.0-29.9

6. Obes tingkat I (Obesitas Sedang) : 30.0-34.9

7. Obes tingkat II (Sangat Gemuk) : 35.0-39.9

Related Posts :

    8. Obes tingkat III ( Sangat Sangat Gemuk) : diatas 40.0

    Manfaat Memiliki Berat Badan Ideal

    Banyak orang yang tidak tahu berapa berat badan ideal yang harus dimilikinya. Padahal hal ini adalah langkah awal menuju hidup sehat dan bahagia. Orang yang punya berat badan ideal berisiko lebih kecil untuk terserang berbagai penyakit kronis seperti stroke, hipertensi dan diabetes.

    Berat Badan Ideal Tidak Menggambarkan Status Gizi Yang Baik

    Pengukuran ini tidak benar-benar menggambarkan status gizi dan persentase lemak tubuh Anda. Sebab, rumus ini menyesuaikan berat dan tinggi badan agar terlihat proporsional.

    Oleh karena itu, jangan senang dulu ketika skala menunjukkan bahwa Anda berada pada berat ideal dan rasio pinggang pinggul yang sedang. Hal ini tidak memastikan bahwa Anda berada dalam kondisi yang sehat. Periksakan ke dokter untuk lebih mengetahui secara keseluruhan apakah berat ideal Anda juga merupakan berat yang sehat.

    Cara Agar Berat Badan Ideal

    Mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat bisa Anda capai dengan menerapkan pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan berigizi serta kaya nutrisi yang baik bagi tubuh, rutin olahraga, istirahat cukup dan mengurangi tingkat stres bisa menjadi cara terbaik untuk Anda menuju ke arah tersebut.

    Apabila berat badan Anda tidak ideal, baik itu terlalu kurus atau terlalu gemuk jangan lakukan diet ekstrim. Hubungi dokter spersiali gizi agar pola diet Anda dipandu dengan baik.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 3, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Novia Vidiyana
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sya terakir haid tgl 28 juni 2019 , dan skrang saya mengalami tanda” , mual” , perut kram , payudara sakit apakah bisa di katakan sya hamil… tpi tgl menstruasi blum tiba …

    Siklus Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Cherma
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Puting kecil

  • Oleh : Jilly lamia Jil
  • 6 bulan yang lalu

    Selamat siang Bidan , Saya Mengalami hal Pada Puting saya , Padahal Saya Sudah 16thun ,Tapi Puting Saya Masi Kecil , Tidak seperti Puting yang lain sudah membesar ,apakah solusi Dari pada ini ? apakah Ada Cara Untuk Membesarkan puting payudara

  • Oleh : Jilly lamia Jil
  • sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

  • Oleh : demetriusnies67
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Tanya Bidan