×

Apakah Boleh Mengkonsumsi Sushi Saat Hamil?

Bagikan Artikel :

Apakah Boleh Mengkonsumsi Sushi Saat Hamil?Bidan Online,-  Mungkin diantara anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, ya sushi menjadi makanan yang banyak di gemari masyarakat Indonesia. Makanan khas Jepang ini bahkan sudah mendunia dan sangat digemari semua kalangan mulai dari anak kecil, ibu hamil, hingga lansia. Ya tidak sedikit ibu hamil yang mengkonsumsi sushi karena memang sebelum hamil makanan tersebut menjadi makanan favoritnya. Namun apakah sushi ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan aman bagi janin dalam kandungan? untuk menjawab rasa penasaran anda yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Masa kehamilan tentunya menjadi masa yang sangat berharga bagi setiap wanita. Tidak hanya membuat para wanita merasa bahagia saja nyatanya kehamilan juga dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para wanita. Saat menjalani masa kehamilan tidak jarang para ibu merasakan keluhan atau perubahan yang dirasakan. Nah itu yang menjadi tangan tersendiri bagi setiap wanita saat hamil. 

Tidak hanya adanya keluhan saja, nyatanya ibu hamil harus lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Karena jelas makanan yang di konsumsi ibu hamil menjadi makanan bagi janin dalam kandungan. Tentunya setiap ibu hamil diharuskan untuk mengkonsumsi makanan bergizi guna menunjang kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan. Tidak setiap makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari yaitu keju atau produk susu mentah karena dapat memicu gangguan kesehatan hingga masuknya bakteri kedalam tubuh.

Lalu bagaimana dengan sushi? ya makanan favorit khas Jepang ini memang sangat mudah digemari. Bahkan ibu hamil tidak luput ingin mengkonsumsinya. Sushi memang merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi. Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang membuktikan jika mengkonsumsi sushi dapat berakibat fatal pada kehamilan. Namun perlu di ingat kebanyakan sushi terbuat dari nasi yang dicampur dengan ikan mentah atau setengah matang. Nah ini yang menjadi masalahnya makanan mentah terutama ikan memang diklaim tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat membawa bakteri masuk kedalam tubuh dan berbahaya bagi janin.

Sebenarnya ibu hamil masih dapat mengkonsumsi sushi namun dalam jumlah yang sedikit dan disarankan untuk mengkonsumsi sushi matang. Ikan salmon memang menjadi jenis ikan yang sering ditemukan pada sushi. Ikan salmon yang mentah ditakutkan mengandung merkuri juga bakteri yang jika dikonsumsi ibu hamil dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

Kandungan merkuri pada ikan yang sudah terkontaminasi dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pada janin. Tidak hanya itu saja nyatanya ikan mentah pada sushi dapat menyebabkan keracunan makanan. Pada dasarnya ibu hamil masih aman mengkonsumsi sushi namun pastikan untuk mengkonsumsi sushi yang matang saja sehingga bebas dari bakteri dan parasit yang membahayakan janin.

Related Posts :

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

    Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Atau Janin Putih Bersih

    Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 9, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi Sakit dan Sulit Hamil

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

  • Oleh : Dwi lestari
  • 2 tahun yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan