Awas, Kopi Bisa Mengakibatkan Wanita Sulit Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online-, Awas, Kopi Bisa Mengakibatkan Wanita Sulit Hamil | Kopi memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, salah satunya adalah dapat membangkitkan mood dan kinerja beraktifitas. Tapi sayangnya disamping kopi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, kopi juga mempunayi manfaat yang kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam kadar yang cukup banyak. Salah satu efek samping dari mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang banyak adalah bisa menyebabkan wanita mandul.

    Pendapat ini sudah diteliti sebelumnya, sering mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menyebabkan kemandulan pada wanita.

    Seperti studi yang diungkapkan oleh British Journal of Farmakologi menyimpulkan hal yang sama dan menyebutkan kandungan kafein yang terdapat dalam kopi bisa merusak transportasi telur dari obarium ke rahim sehingga ini menyebabkan wanita akan sulit untuk mendapatkan keturunan.

    Sedangkan penelitian yang dilakukan sebelumnya mengungkapkan mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak bisa mempengaruhi kesuburan wanita tapi ini belum bisa dianggap benar apakah kopi berhubungan dengan kesuburan atau tidak.

    Dan pada studi terbaru yang dirilis oleh British Journal of Farmokologi, inilah misteri tersebut terjawab, para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus dan menunjukan hasilnya bahwa saluran telur milik tikus terkontaminasi dan menunjukan bahwa kafein akan menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim.

    Kandungan kafein atau kandungan yang memiliki senyawa mirip dengan kafein mampu mengaktifkan sel sel alat pacu jantung di dinding tabung. Sel sel yang mengkoordinasikan kontraksi dar tabung yang digerakan sel telur ke dalam rahim. Penelitian ini menunjukan kontraksi memainkan peran besar ketika pengangkutan sel telur.

    Sedangkan pemimpin studi Profesor Sean Ward, dari University of Nevada di Reno, Amerika Serikat mengatakan: “Temuan ini menjelaskan mengapa minum kafein dapat mengurangi kemungkinan wanita untuk bisa hamil, ini merupakan penjelasan yang cukup menarik mengapa wanita yang mengkonsumsi jumlah kafein yang tinggi bisa mengalami infertilitas dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak dan waktu yang lama”

    Jadi penyebab wanita tidak bisa memiliki anak bukan hanya disebabkan sebelah pihak maksudnya karena suami yang mandul tapi juga karena beberapa alasan lain seperti halnya mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang lama.

    Namun bagi Anda pasangan yang baru menikah dan ingin memiliki buah hati dalam jangka waktu dekat harus memperhatikan beberapa faktor yang bisa membantu Anda cepat untuk mendapatkan kehamilan seperti salah satunya melakukan hubungan suami istri di masa subur pria maupun wanita.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 1, 2016
    Diskusi Dari:
    Ocha Setiani

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Dijawab Oleh : Ocha Setiani
    Diskusi Dari:
    Nurfah Putriie Sopiant

    Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Dijawab Oleh : Yuli Ani
    Diskusi Dari:
    andriani

    Selamat Pagi Bu Dokter ….

    Saya mau tanya, kenapa ya akhir akhir ini saya sering kali merasakan rasa sakit yang begitu hebat dibagian atas, padahal tidak di sertai dengan rasa pusing. Teruskan saya coba untuk memutar bola mata ke bagian atas, dan hasilnya rasa sakit itu terus menyiksa dan begitu sangat terasa. Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

    Dijawab Oleh : andriani
    Diskusi Dari:
    ade

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Dijawab Oleh : ade