×

Awas, Kopi Bisa Mengakibatkan Wanita Sulit Hamil

Bagikan Artikel :

Bidan Online-, Awas, Kopi Bisa Mengakibatkan Wanita Sulit Hamil | Kopi memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, salah satunya adalah dapat membangkitkan mood dan kinerja beraktifitas. Tapi sayangnya disamping kopi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, kopi juga mempunayi manfaat yang kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam kadar yang cukup banyak. Salah satu efek samping dari mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang banyak adalah bisa menyebabkan wanita mandul.

Pendapat ini sudah diteliti sebelumnya, sering mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menyebabkan kemandulan pada wanita.

Seperti studi yang diungkapkan oleh British Journal of Farmakologi menyimpulkan hal yang sama dan menyebutkan kandungan kafein yang terdapat dalam kopi bisa merusak transportasi telur dari obarium ke rahim sehingga ini menyebabkan wanita akan sulit untuk mendapatkan keturunan.

Sedangkan penelitian yang dilakukan sebelumnya mengungkapkan mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak bisa mempengaruhi kesuburan wanita tapi ini belum bisa dianggap benar apakah kopi berhubungan dengan kesuburan atau tidak.

Dan pada studi terbaru yang dirilis oleh British Journal of Farmokologi, inilah misteri tersebut terjawab, para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus dan menunjukan hasilnya bahwa saluran telur milik tikus terkontaminasi dan menunjukan bahwa kafein akan menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim.

Kandungan kafein atau kandungan yang memiliki senyawa mirip dengan kafein mampu mengaktifkan sel sel alat pacu jantung di dinding tabung. Sel sel yang mengkoordinasikan kontraksi dar tabung yang digerakan sel telur ke dalam rahim. Penelitian ini menunjukan kontraksi memainkan peran besar ketika pengangkutan sel telur.

Sedangkan pemimpin studi Profesor Sean Ward, dari University of Nevada di Reno, Amerika Serikat mengatakan: “Temuan ini menjelaskan mengapa minum kafein dapat mengurangi kemungkinan wanita untuk bisa hamil, ini merupakan penjelasan yang cukup menarik mengapa wanita yang mengkonsumsi jumlah kafein yang tinggi bisa mengalami infertilitas dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak dan waktu yang lama”

Jadi penyebab wanita tidak bisa memiliki anak bukan hanya disebabkan sebelah pihak maksudnya karena suami yang mandul tapi juga karena beberapa alasan lain seperti halnya mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang lama.

Namun bagi Anda pasangan yang baru menikah dan ingin memiliki buah hati dalam jangka waktu dekat harus memperhatikan beberapa faktor yang bisa membantu Anda cepat untuk mendapatkan kehamilan seperti salah satunya melakukan hubungan suami istri di masa subur pria maupun wanita.

Baca Juga :

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 1, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pilek Pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

    Kram Saat Hamil

  • Oleh : Intan Royana
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

  • Oleh : Intan Royana
  • Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan