Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Selamat datang kembali di situs bidan online, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Obesitas adalah sebuah keadaan dimana tubuh mempunyai kadar lemak yang banyak. Sebenarnya lemak tubuh dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyimpan energi. Akan tetapi, jumlah kadar lemak dalam tubuh berlebihan, maka dapat merugikan metabolisme tubuh.
    Obesitas dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya asupan makanan yang melebihi kebutuhan , kurangnya aktivitas, jarang olahraga, faktor genetika, faktor usia dan faktor hormonal.

    Mewaspadai Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

    Gangguan kesuburan

    Salah satu bahaya obesitas bagi kesehatan wanita adalah dapat mempengaruhi kesuburan wanita, akibat dari berat badan berlebihan. Selain itu, dapat menyebabkan siklus mentruasi tidak teratur dan mempengaruhi produksi hormon.

    Risiko terkena kanker

    Selain gangguan kesuburan, obesitas juga dapat meningkatkan risiko pengembangan kanker usus(sel kanker yang tumbuh di usus), kanker pankreas (sel kanker yang tumbuh dalam pankreas), kanker payudara (sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara), kanker rahim (sel kanker yang tumbuh di dinding rahim).

    Stroke

    Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat berisiko terkena stroke. Gejala-gejala stroke diantaranya gangguan penglihatan, sakit kepala secara tiba-tiba, sulit berjalan secara tiba-tiba, berbicara pelo dan mata sulit terbuka.

    Osteoarthritis

    Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga dapat berisiko terkena osteoatritis  atau disebut dengan peradangan sendi. Biasanya peradangan terjadi pada sendi bagian leher, tangan, kaki dan lutut.

    Diabetes

    Seseorang yang menderita obesitas akan berisiko terkena diabetes tipe 2. Gejala-gejala dari penyakit diabetes tipes 2 diantaranya sering haus, mudah lelah, sering buang air kecil di malam hari, pusing, penglihatan kabur dan infeksi pada kulit seperti bisul.

    Hipertensi

    Seseorang yang menderita obesitas dapat berisiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Gelaja hipertensi diantaranya pusing , sakit kepala, pegal dan tidak nyaman, detak jantung berdetak cepat , berdebar-debar dan telinga berdengung.

    Penyakit jantung

    Bahaya lainnya obesitas bagi kesehatan adalah berisiko terkena penyakit serangan jantung. Hal ini dikarenakan lemak yang berlebihan menutupi pembuluh darah pada jantung maka menjadi tersumbat.

    Gejala-gejala penyakit jantung diantaranya sakit dada , sakit dibagian ulu hati, denyut nadi melemah, berkeringan  dalam jumlah banyak.

    Penyakit autoimun

    Seseorang yang menderita obesitas juga dapat berisiko terkena penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana imun atau kekebalan tubuh menyerang tubuh anda sendiri. Berbagai macam penyakit autoimun diantaranya multiple sclerosis, psoriasis, penyakit crohn.

    Itulah informasi tentang bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Sebenarnya masih banyak lagi bahaya obesitas bagi kesehatan diantaranya gangguan pernapasan, gangguan otak, berisiko terkena kolesterol tinggi, sleep apnea dan perlemakan di hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 4, 2016
    Diskusi Dari:
    Indriana Puspa Aliansa

    Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

    Dijawab Oleh : Indriana Puspa Aliansa
    Diskusi Dari:
    Amel Fayunl

    Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

    Dijawab Oleh : Amel Fayunl
    Diskusi Dari:
    Wanti

    Dok kenapa ya ko setiap kali bersin saya sering kali bukan 1 kali tapi malah lebih dari 8 atau 10 kali dalam satu waktu. Itu kira kira kepa ya? ko saya jadi khawatir dengan kesehatan saya ya dok.

    Dijawab Oleh : Wanti
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    ardislenehan846

    Sering mules pada usia kehamilan 7 bulan ini wajar atau tidak dan di sertai plek

    Dijawab Oleh : ardislenehan846