×

Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Bagikan Artikel :

Selamat datang kembali di situs bidan online, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Obesitas adalah sebuah keadaan dimana tubuh mempunyai kadar lemak yang banyak. Sebenarnya lemak tubuh dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyimpan energi. Akan tetapi, jumlah kadar lemak dalam tubuh berlebihan, maka dapat merugikan metabolisme tubuh.
Obesitas dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya asupan makanan yang melebihi kebutuhan , kurangnya aktivitas, jarang olahraga, faktor genetika, faktor usia dan faktor hormonal.

Mewaspadai Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Gangguan kesuburan

Salah satu bahaya obesitas bagi kesehatan wanita adalah dapat mempengaruhi kesuburan wanita, akibat dari berat badan berlebihan. Selain itu, dapat menyebabkan siklus mentruasi tidak teratur dan mempengaruhi produksi hormon.

Risiko terkena kanker

Selain gangguan kesuburan, obesitas juga dapat meningkatkan risiko pengembangan kanker usus(sel kanker yang tumbuh di usus), kanker pankreas (sel kanker yang tumbuh dalam pankreas), kanker payudara (sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara), kanker rahim (sel kanker yang tumbuh di dinding rahim).

Stroke

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat berisiko terkena stroke. Gejala-gejala stroke diantaranya gangguan penglihatan, sakit kepala secara tiba-tiba, sulit berjalan secara tiba-tiba, berbicara pelo dan mata sulit terbuka.

Osteoarthritis

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga dapat berisiko terkena osteoatritis  atau disebut dengan peradangan sendi. Biasanya peradangan terjadi pada sendi bagian leher, tangan, kaki dan lutut.

Diabetes

Seseorang yang menderita obesitas akan berisiko terkena diabetes tipe 2. Gejala-gejala dari penyakit diabetes tipes 2 diantaranya sering haus, mudah lelah, sering buang air kecil di malam hari, pusing, penglihatan kabur dan infeksi pada kulit seperti bisul.

Hipertensi

Seseorang yang menderita obesitas dapat berisiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Gelaja hipertensi diantaranya pusing , sakit kepala, pegal dan tidak nyaman, detak jantung berdetak cepat , berdebar-debar dan telinga berdengung.

Penyakit jantung

Bahaya lainnya obesitas bagi kesehatan adalah berisiko terkena penyakit serangan jantung. Hal ini dikarenakan lemak yang berlebihan menutupi pembuluh darah pada jantung maka menjadi tersumbat.

Gejala-gejala penyakit jantung diantaranya sakit dada , sakit dibagian ulu hati, denyut nadi melemah, berkeringan  dalam jumlah banyak.

Penyakit autoimun

Seseorang yang menderita obesitas juga dapat berisiko terkena penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana imun atau kekebalan tubuh menyerang tubuh anda sendiri. Berbagai macam penyakit autoimun diantaranya multiple sclerosis, psoriasis, penyakit crohn.

Itulah informasi tentang bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Sebenarnya masih banyak lagi bahaya obesitas bagi kesehatan diantaranya gangguan pernapasan, gangguan otak, berisiko terkena kolesterol tinggi, sleep apnea dan perlemakan di hati.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 4, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Reproduksi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

    Mansturbasi.

  • Oleh : Arif Pratama
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam ibu dokter. Saya mewakili teman saya ingin bertanya.
    Masalah nya temen saya hampir setiap 2 minggu sekali onani dan itu rutin . Dan dia sudah melakukan onani ini sudah dari 3 tahun yang lalu . Dan sekarang setiap menonton film porno alat kelamin nya ngga ereksi nya ga sekeras yang dulu.
    Pertanyaan nya. : apakah dampak terlalu sering onani dapat menyebabkan penurunan ereksi ?
    Dan adakah cara untuk membuat si alat kelaminya itu keras lagi seperti dulu ?
    Terima kasih dokter . . 🙏🏻

    Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Tanya Bidan