×

Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Bagikan Artikel :

Selamat datang kembali di situs bidan online, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Obesitas adalah sebuah keadaan dimana tubuh mempunyai kadar lemak yang banyak. Sebenarnya lemak tubuh dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyimpan energi. Akan tetapi, jumlah kadar lemak dalam tubuh berlebihan, maka dapat merugikan metabolisme tubuh.
Obesitas dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya asupan makanan yang melebihi kebutuhan , kurangnya aktivitas, jarang olahraga, faktor genetika, faktor usia dan faktor hormonal.

Mewaspadai Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Related Posts :

    Gangguan kesuburan

    Salah satu bahaya obesitas bagi kesehatan wanita adalah dapat mempengaruhi kesuburan wanita, akibat dari berat badan berlebihan. Selain itu, dapat menyebabkan siklus mentruasi tidak teratur dan mempengaruhi produksi hormon.

    Risiko terkena kanker

    Selain gangguan kesuburan, obesitas juga dapat meningkatkan risiko pengembangan kanker usus(sel kanker yang tumbuh di usus), kanker pankreas (sel kanker yang tumbuh dalam pankreas), kanker payudara (sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara), kanker rahim (sel kanker yang tumbuh di dinding rahim).

    Stroke

    Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat berisiko terkena stroke. Gejala-gejala stroke diantaranya gangguan penglihatan, sakit kepala secara tiba-tiba, sulit berjalan secara tiba-tiba, berbicara pelo dan mata sulit terbuka.

    Osteoarthritis

    Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga dapat berisiko terkena osteoatritis  atau disebut dengan peradangan sendi. Biasanya peradangan terjadi pada sendi bagian leher, tangan, kaki dan lutut.

    Diabetes

    Seseorang yang menderita obesitas akan berisiko terkena diabetes tipe 2. Gejala-gejala dari penyakit diabetes tipes 2 diantaranya sering haus, mudah lelah, sering buang air kecil di malam hari, pusing, penglihatan kabur dan infeksi pada kulit seperti bisul.

    Hipertensi

    Seseorang yang menderita obesitas dapat berisiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Gelaja hipertensi diantaranya pusing , sakit kepala, pegal dan tidak nyaman, detak jantung berdetak cepat , berdebar-debar dan telinga berdengung.

    Penyakit jantung

    Bahaya lainnya obesitas bagi kesehatan adalah berisiko terkena penyakit serangan jantung. Hal ini dikarenakan lemak yang berlebihan menutupi pembuluh darah pada jantung maka menjadi tersumbat.

    Gejala-gejala penyakit jantung diantaranya sakit dada , sakit dibagian ulu hati, denyut nadi melemah, berkeringan  dalam jumlah banyak.

    Penyakit autoimun

    Seseorang yang menderita obesitas juga dapat berisiko terkena penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana imun atau kekebalan tubuh menyerang tubuh anda sendiri. Berbagai macam penyakit autoimun diantaranya multiple sclerosis, psoriasis, penyakit crohn.

    Itulah informasi tentang bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Sebenarnya masih banyak lagi bahaya obesitas bagi kesehatan diantaranya gangguan pernapasan, gangguan otak, berisiko terkena kolesterol tinggi, sleep apnea dan perlemakan di hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 4, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    paha ngilu saat hamil

  • Oleh : Eci wulandari
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

    Pantangan ibu hamil

  • Oleh : FR
  • 12 bulan yang lalu

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 8 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Sekret vagina yeast Cell positif

  • Oleh : Eka Rosla
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang ibu maav saya mau tanya.. kemarin saya periksa pengecatan gram keputihan hasilnya : epitel squamos :5-10/lpk leukosit :>100/lbp, dominasi MN kuman: batang, gram negatif clue Cell :negatif yeast Cell :positif.. ini maksudnya bagaimana ya Bu.. mohon penjelasan dan solusinya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan