×

Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Bagikan Artikel :

Selamat datang kembali di situs bidan online, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Obesitas adalah sebuah keadaan dimana tubuh mempunyai kadar lemak yang banyak. Sebenarnya lemak tubuh dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyimpan energi. Akan tetapi, jumlah kadar lemak dalam tubuh berlebihan, maka dapat merugikan metabolisme tubuh.
Obesitas dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya asupan makanan yang melebihi kebutuhan , kurangnya aktivitas, jarang olahraga, faktor genetika, faktor usia dan faktor hormonal.

Mewaspadai Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan Wanita

Gangguan kesuburan

Salah satu bahaya obesitas bagi kesehatan wanita adalah dapat mempengaruhi kesuburan wanita, akibat dari berat badan berlebihan. Selain itu, dapat menyebabkan siklus mentruasi tidak teratur dan mempengaruhi produksi hormon.

Risiko terkena kanker

Selain gangguan kesuburan, obesitas juga dapat meningkatkan risiko pengembangan kanker usus(sel kanker yang tumbuh di usus), kanker pankreas (sel kanker yang tumbuh dalam pankreas), kanker payudara (sel kanker yang tumbuh di jaringan payudara), kanker rahim (sel kanker yang tumbuh di dinding rahim).

Stroke

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat berisiko terkena stroke. Gejala-gejala stroke diantaranya gangguan penglihatan, sakit kepala secara tiba-tiba, sulit berjalan secara tiba-tiba, berbicara pelo dan mata sulit terbuka.

Osteoarthritis

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga dapat berisiko terkena osteoatritis  atau disebut dengan peradangan sendi. Biasanya peradangan terjadi pada sendi bagian leher, tangan, kaki dan lutut.

Diabetes

Seseorang yang menderita obesitas akan berisiko terkena diabetes tipe 2. Gejala-gejala dari penyakit diabetes tipes 2 diantaranya sering haus, mudah lelah, sering buang air kecil di malam hari, pusing, penglihatan kabur dan infeksi pada kulit seperti bisul.

Hipertensi

Seseorang yang menderita obesitas dapat berisiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Gelaja hipertensi diantaranya pusing , sakit kepala, pegal dan tidak nyaman, detak jantung berdetak cepat , berdebar-debar dan telinga berdengung.

Related Posts :

    Penyakit jantung

    Bahaya lainnya obesitas bagi kesehatan adalah berisiko terkena penyakit serangan jantung. Hal ini dikarenakan lemak yang berlebihan menutupi pembuluh darah pada jantung maka menjadi tersumbat.

    Gejala-gejala penyakit jantung diantaranya sakit dada , sakit dibagian ulu hati, denyut nadi melemah, berkeringan  dalam jumlah banyak.

    Penyakit autoimun

    Seseorang yang menderita obesitas juga dapat berisiko terkena penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana imun atau kekebalan tubuh menyerang tubuh anda sendiri. Berbagai macam penyakit autoimun diantaranya multiple sclerosis, psoriasis, penyakit crohn.

    Itulah informasi tentang bahaya obesitas bagi kesehatan wanita. Sebenarnya masih banyak lagi bahaya obesitas bagi kesehatan diantaranya gangguan pernapasan, gangguan otak, berisiko terkena kolesterol tinggi, sleep apnea dan perlemakan di hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 4, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Vagina dan Selangkangan Sering Sakit

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang Bu..
    Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

    gatal gatal saat hamil

  • Oleh : heidi8931881
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

    Rasa ganggu miss v pada wanita

  • Oleh : MEGA JULIANTI MANULANG
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya bunda Mega mau tanya soal ganguan yg saya alami sekarang.
    Sebelumnya saya sudah terlambat haid selama 38hari dan setiap akhir bulan biasanya siklus mens lancar hanya terkadang tanggalnya yg selalu acak, terakhir saya menstuasi bulan februari bu bidan.
    Tapi kenapa yaa bu miss v sering terasa seperti nyeri mau mens tapi bukan mens hanya kadang² keputihan biasa bu bidan.
    Waktu kemaren saya Minggu tgl 3 mei 2020 saya mengalami keram karena salah asumsi makanan, saya setelah buka puasa makan pedas habis itu saya minum susu, lambung nyeri, dan bagian bawah perut yg teramat sakit, saya mau perikasakan diri tapi berhubung wabah virus covid-19 jadi takut kerumah sakit bu bidan.
    Kiranya saya kenapa yaa bu bidan?

    Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    Benjolan di area miss v

  • Oleh : Fina Noermayanti
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Terdapat benjolan area miss v , terasa gatal dan sakit.saya tidak tahu apakah itu kutil atau bukan, Itu berbahaya atau tidak? Apakah saya harus pergi ke dokter? Atau ada cara lain untuk mengobatinya?

    Tanya Bidan