×

Beberapa Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan

Bagikan Artikel :

Beberapa Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan Bidan Online,- Masalah mentruasi memang tidak bisa di anggap sepele, siklus haid yang teratur dan lancar akan sangat memberikan peluang besar untuk anda mendapatkan momongan. Apalagi untuk anda pasangan suami istri yang sedang menjalankan program hamil. Mentruasi yang teratur dan lancar akan sangat membantu anda mengathui terjadinya ovulasi ataupun menentukan masa subur. Namun tentunya menstruasi datang dengan bernbagai gejala yang bahkan menyiksa bagi sebagian wanita. Masalah yang timbul pada saat menstruasi tersebut ternyata dapat mengganggu kesuburan seorang wanita. Maka untuk anda kaum wanita jangan anggap sepele apabila mengalami riwayat mestruasi yang ganjal, karena dapat berpengaruh pada kesuburan.

Related Posts :

    Tahukah anda jika gangguan yang di rasakan saat menstruasi dapat mengganggu kesuburan tentunya waspadai jika anda mengalami beberapa masalah menstruasi seperti berikut ini.

    Haid tidak teratur
    Tidak sedikit wanita yang mengalami hal seperti ini. Siklus haid yang tidak teratur, siklus haid yang tidak teratur bisa berlangsung kurang dari sebulan ataupun lebih dari 1 bulan. Siklus haid yang tidak teratur tersebut sapat menggnaggu proses ovulasi bahkan ovulasi tidak terjadi secara rutin. Tidak hanya itu masalah menstruasi yang tidak ruti tersebut juga akan membuat anda sulit mendeteksi masa subur.

    Untuk anda yang ingin mengethaui apakah siklus haid anda lancar apa tidak lakukan saja perhitungan. Biasanya siklus haid ayang wajar terjadinya selama 24 sampai 35 hari. Caranya jumlahkan hari pertama mentruasi terakhir  sampai hari pertama anda mentruasi selanjutnya. Tentunya jika hasil yang di dapatkan kurang ataupun lebih dari batas wajar diatas maka segera atasi dengan mendatangi dokter spesialis kandungan.

    Haid saat usia 18 tahun
    Secara medis haid yang anda dapatkan pada usia 18 tahun tergolong terlambat. Mentruasi pada saat anda berusia 18 tahun dapat disbebakan karena adanya hormon yang tidak seimbang dan gangguan disfungsi hormon endorkin. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu refproduksi bahkan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan infertilitas.

    Rasa nyeri panggul pada saat haid
    Yah sakit pada punggul saat menstruasi memang dapat di katakan hal yang wajar dan banyak di rasakan setiap wanita. Namun apa jadinya jika rasa nyeri yang di timbulkan melebihi batas? Nyeri pada pnaggul hingga keram parah bisa saja menjadi gejala dari adanya masalah pada reproduksi seperti endometriosis ataupun adhesi panggul. Kedua masala tersebut bahkan bisa menyebabkan infetilitas pada wanita.

    Adanya bercak darah
    Bercak darah berwarna merah cerah yang keluar di antara periode siklus. Nah hal ini harus mendapatkan perhatian khusus dan lebih baik langsung memeriksakan diri ke dokter. Bercak  darah yang kleuar di luar siklus haid tentunya harus mendapatkan perhatian lebih. Karena bisa saja pendarahan yang keluar di luar siklus haid ini mengarah pada adanya masalah infeksi, keguguran, kehamilan ektopik, hingga masalah plasenta.

    Mentruasi yang terlalu ringan bahkan terlalu berat
    Anda harus lebih sadar jika mentruasi yang dirasakan terlalu ringan ataupun terlalu berat akan sangat berakibat pada kesuburan. Jika keadaan tersebut terjadi secara rutin maka ini menandakan adanya masalah yang dapat mengganggu kesuburan dan masalah ovulasi.

    Baca juga:

    Penyebab Impotensi Pada Pria

    Tips Merawat Vagina Yang Benar

    Tips Berhenti Meroko Agar Terhindar Infertilitas

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 8, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Manfaat Persalinan Normal

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

  • Oleh : Gigin Gumay
  • Bayi Seminggu tidak BAB

  • Oleh : danilobecnel
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

  • Oleh : Iis ismayanti
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    Keputihan menggumpal

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    selamat siang bu bidan, saya mau menanyakan tentang keputihan yang terkadang menggumpal, saya belum menikah, apakah ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, ditunggu jawabannya ya bu

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan