×

Benarkah Doyan Makan Pedas Bikin Mandul ?

Bagikan Artikel :

Benarkah Doyan Makan Pedas Bikin Mandul ?

Makanan pedas memang hampir menjadi favorit semua orang. Tapi ada isu yang beredar bahwa makanan pedas bisa bikin bandul. Nah sebenarnya ini harus segera diluruskan karena makanan pedas tidak ada kaitannya dengan kemandulan atau sulit hamil.

Gangguan kesuburan pada wanita, dapat berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon atau kelainan pada organ reproduksi. Kondisi ini perlu dibuktikan melalui serangkaian pemeriksaan medis. Jadi tidak ada kaitanya sama sekali orang yang doyan makanan pedas dengan kemandulan, Yang ada makanan pedas akan mempengaruhi gagguan organ pencernaan.

Oleh karena itu hal ini dapat dikatakan hanya mitos belaka. Penyebab sulitnya atau hambatan wanita untuk hamil diantaranya disebabkan oleh :

  1. Usia yang sudah tua
  2. merokok
  3. berat badan berlebihan ataupun sangat kurang
  4. banyak minum minuman keras
  5. gangguan pada kelenjar tiroid
  6. Sindrom ovarium polikistik
  7. Kerusakan pada indung telur

Bagi para wanita yang merencanakan program kehamilan sebaiknya memerhatikan asupan gizinya. Berikut ini, beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi selama melakukan program kehamilan.

  1. Konsumsi lemak
    Disarankan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh ketimbang lemak trans. Lemak jenis ini bisa diperoleh dari minyak zaitun, avokad, dan kacang-kacangan yang baik untuk tubuh. Hindari lemak trans yang biasanya terdapat pada makanan gorengan. Lemak trans bisa merugikan jalannya hormon insulin yang bisa mengganggu kesuburan wanita.
  2. Konsumsi protein
    Protein pendorong kesuburan. Protein dari makanan baik untuk membantu membangun otot. Wanita yang berusaha untuk hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan protein mereka dari nabati ketimbang dari protein hewani.
  3. Kurangi asupan daging merah
    Wanita yang berencana untuk hamil, sebaiknya mengurangi asupan daging merah, kalkun, maupun daging prosesan, karena bisa mengandung nitrat dalam jumlah yang tak aman, dan bisa menyebabkan infeksi. Disarankan untuk menghindari juga daging mentah maupun daging asap.
  4. Konsumsi lebih banyak susu
    Ketika Anda berencana untuk hamil, amat disarankan untuk menambah asupan susu tinggi lemak, misal keju dan yoghurt. Tipe makanan seperti ini juga kaya akan protein yang membantu meningkatkan kekuatan tulang, kulit,dan rambut.
  5. Konsumsi asam folat
    Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat membantu seseorang untuk meningkatkan kesuburannya. Makanan yang kaya akan tingkat asam folatnya antara lain kacang-kacangan, whole grain, buah sitrus, dan sayuran berdaun hijau. Mengonsumsi vitamin pranatal yang mengandung asam folat juga dapat membantu. Setidaknya konsumsi sekitar 400 mikrogram, sehingga bisa membantu mengurangi kemungkinan kelainan pada kehamilan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 9, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 3 tahun yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Pertanyaan

  • Oleh : Ganda Yana
  • 2 bulan yang lalu

    Dok,apa emng bener kalo penis bersentuhan dengan vagina bisa hamil?

  • Oleh : Ganda Yana
  • Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Apa obat diare yang aman untuk anak usia 3 tahun ?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

    Telat haid

  • Oleh : Nov As
  • 9 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan. Sebulan yg lalu saya minum obat promil herbal. Dan bulan ini saya sudah 10 hari telat haid. Dan saya testpack dihari ke 7 hasilnya garis 2 atau positif. Tapi saya tidak merasakan tanda2 kehamilan seperti mual dan muntah. Kira2 saya hamil atau hanya efek dari obat promil yg saya minum?

    Tanya Bidan