×

Benarkah Doyan Makan Pedas Bikin Mandul ?

Bagikan Artikel :

Benarkah Doyan Makan Pedas Bikin Mandul ?

Makanan pedas memang hampir menjadi favorit semua orang. Tapi ada isu yang beredar bahwa makanan pedas bisa bikin bandul. Nah sebenarnya ini harus segera diluruskan karena makanan pedas tidak ada kaitannya dengan kemandulan atau sulit hamil.

Related Posts :

    Gangguan kesuburan pada wanita, dapat berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon atau kelainan pada organ reproduksi. Kondisi ini perlu dibuktikan melalui serangkaian pemeriksaan medis. Jadi tidak ada kaitanya sama sekali orang yang doyan makanan pedas dengan kemandulan, Yang ada makanan pedas akan mempengaruhi gagguan organ pencernaan.

    Oleh karena itu hal ini dapat dikatakan hanya mitos belaka. Penyebab sulitnya atau hambatan wanita untuk hamil diantaranya disebabkan oleh :

    1. Usia yang sudah tua
    2. merokok
    3. berat badan berlebihan ataupun sangat kurang
    4. banyak minum minuman keras
    5. gangguan pada kelenjar tiroid
    6. Sindrom ovarium polikistik
    7. Kerusakan pada indung telur

    Bagi para wanita yang merencanakan program kehamilan sebaiknya memerhatikan asupan gizinya. Berikut ini, beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi selama melakukan program kehamilan.

    1. Konsumsi lemak
      Disarankan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh ketimbang lemak trans. Lemak jenis ini bisa diperoleh dari minyak zaitun, avokad, dan kacang-kacangan yang baik untuk tubuh. Hindari lemak trans yang biasanya terdapat pada makanan gorengan. Lemak trans bisa merugikan jalannya hormon insulin yang bisa mengganggu kesuburan wanita.
    2. Konsumsi protein
      Protein pendorong kesuburan. Protein dari makanan baik untuk membantu membangun otot. Wanita yang berusaha untuk hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan protein mereka dari nabati ketimbang dari protein hewani.
    3. Kurangi asupan daging merah
      Wanita yang berencana untuk hamil, sebaiknya mengurangi asupan daging merah, kalkun, maupun daging prosesan, karena bisa mengandung nitrat dalam jumlah yang tak aman, dan bisa menyebabkan infeksi. Disarankan untuk menghindari juga daging mentah maupun daging asap.
    4. Konsumsi lebih banyak susu
      Ketika Anda berencana untuk hamil, amat disarankan untuk menambah asupan susu tinggi lemak, misal keju dan yoghurt. Tipe makanan seperti ini juga kaya akan protein yang membantu meningkatkan kekuatan tulang, kulit,dan rambut.
    5. Konsumsi asam folat
      Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat membantu seseorang untuk meningkatkan kesuburannya. Makanan yang kaya akan tingkat asam folatnya antara lain kacang-kacangan, whole grain, buah sitrus, dan sayuran berdaun hijau. Mengonsumsi vitamin pranatal yang mengandung asam folat juga dapat membantu. Setidaknya konsumsi sekitar 400 mikrogram, sehingga bisa membantu mengurangi kemungkinan kelainan pada kehamilan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 9, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Suci Satwari
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok,saya suci mau nanyak,
    Semenjak nikah udh 1,5 tahun saya haid sebulan 2x.
    D USG kata dokter hormon.
    Saya pengen punya momongan.
    Apakah bahaya haid sebulan 2x dok

    apakah berhububgan badan saat haid aman?

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    saya berhubungan badan saat hari ke-4 menstruasi dan tidak menggunakan kondom. apakah aman” saja? apa yg harus saya lakukan untuk mencegah penyakit? terimakasih

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • Penyakit kelamin

  • Oleh : Indah
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Di miss v saya tiba-tiba ada bintik kecil banyak itu kenapa ya? Dan cara mengatasinya gimna?

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

  • Oleh : demetriusnies67
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Menstruasi

  • Oleh : Pebri Dianti
  • 2 tahun yang lalu

    Dok saya mau nanya, dari awal pertama saya haid mengapa volume darah yg keluar itu sedikit kadang bercak bercak saja dan masa haid nya cuman berlangsung 3 hari itu sudah bersih. Itu bagaimana dok apakah memang sel darah saya yg sedikit atau apa dok? Berbahaya atau tidak?Terimakasih.

    Tanya Bidan