Benarkah Payudara Besar Lebih Berpeluang Terkena Kanker Payudara ?

Share Dan Tag Teman Kamu Di :


  • Memiliki payudara yang besar, padat dan berisi memang dambaan hampir semua wanita. Hal ini karena wanita merasa dengan bentuk payudara seperti itu akan terlihat lebih seksi dan menarik. Namun, pada kenyataannya memiliki payudara besar bisa membuat seorang wanita justru lebih rentan terkena kanker payudara.

    Menurut dr.Saptadi Setia Basuki, Sp.B.Onk, semakin besar ukuran payudara, makin besar pula jaringan payudara yang dimiliki. Karena jaringannya besar ini berarti sel-selnya juga lebih banyak. Sel-sel ini jika mengalami mutasi genetik bisa bermutasi menjadi sel kanker.

    Besarnya Payudara Dikaitkan dengan Faktor Obesitas

    Ukuran payudara yang lebih besar lebih sering terjadi pada obesitas yang dikaitkan dengan kanker payudara pada wanita sebelum dan sesuadah menopause. Wanita dengan payudara besar memiliki stadium penyakit yang lebih lanjut karena payudara wanita gemuk yang lebih besar dan dapat membuat sulit untuk mendeteksi penyakit kanker payudara secara dini dengan pemeriksaan SADARI.  Hasil buruk dari kanker payudara pada obesitas dapat dikaitkan dengan ukuran tumor yang lebih besar.

    Payudara Kecil Lebih Mudah di Deteksi

    Wanita yang payudaranya kecil, lebih mudah di deteksi secara dini. Sekecil apapun benjolannya, teraba dengan cepat. Jadi bisa diketahui dengan cepat dan tidak terlambat ditangani. Sedangkan wanita yang cenderung memiliki payudara ukuran besar, sulit mendeteksi benjolan yang masih ukuran kecil. Selain itu bentuk payudara yang besar juga sulit di-mamografi. Dengan begitu, cenderung ditemukan saat kankernya sudah memasuki stadium akhir.

    Ukuran Payudara yang Berpeluang Terkena Kanker

    Peluang terkena kanker antara payudara kecil dan besar sama. Hanya saja, payudara besar lebih sulit mendeteksi benjolan kecil karena lemak yang terkandung di dalamnya lebih banyak, sehingga ditemukannya saat sudah stadium 3 atau 4 dan sudah menyebar. Selain pemeriksaan SADARI. payudara yang berukuran besar bisa melakukan USG jika mencurigai adanya risiko kanker.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 19, 2018
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    beau8469306441

    Selamat siang,
    Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : beau8469306441
    Diskusi Dari:
    ade

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Dijawab Oleh : ade
    Diskusi Dari:
    Wiwin Kusmawati

    Selamat siang bu bidan… nama saya Rara Farahtain usia saya sekarang 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan yang sepertinya tidak normal. Karena jumlah keputihannya yang banyak dan mengeluarkan bau serta gatal pada vagina. Saya khawatir karena kondisi ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang bisa saya lakukan sendiri sebelum saya periksa ke dokter? Terimkasih bu bidan, saya tunggu jawabannya…

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Gomez

    Dok saya mau bertanya, kenapa yang setiap kali saya menggunakan hp telalu lama, biasnaya tangan saya sering kali mengeluarkan keringan yang cukup banyak, kira kira ini gejala masalah kesehatan apa ya dok? Mohon jawabannya 🙂

    Dijawab Oleh : Gomez