×

Benarkah Payudara Besar Lebih Berpeluang Terkena Kanker Payudara ?

Bagikan Artikel :


Memiliki payudara yang besar, padat dan berisi memang dambaan hampir semua wanita. Hal ini karena wanita merasa dengan bentuk payudara seperti itu akan terlihat lebih seksi dan menarik. Namun, pada kenyataannya memiliki payudara besar bisa membuat seorang wanita justru lebih rentan terkena kanker payudara.

Menurut dr.Saptadi Setia Basuki, Sp.B.Onk, semakin besar ukuran payudara, makin besar pula jaringan payudara yang dimiliki. Karena jaringannya besar ini berarti sel-selnya juga lebih banyak. Sel-sel ini jika mengalami mutasi genetik bisa bermutasi menjadi sel kanker.

Besarnya Payudara Dikaitkan dengan Faktor Obesitas

Ukuran payudara yang lebih besar lebih sering terjadi pada obesitas yang dikaitkan dengan kanker payudara pada wanita sebelum dan sesuadah menopause. Wanita dengan payudara besar memiliki stadium penyakit yang lebih lanjut karena payudara wanita gemuk yang lebih besar dan dapat membuat sulit untuk mendeteksi penyakit kanker payudara secara dini dengan pemeriksaan SADARI.  Hasil buruk dari kanker payudara pada obesitas dapat dikaitkan dengan ukuran tumor yang lebih besar.

Payudara Kecil Lebih Mudah di Deteksi

Wanita yang payudaranya kecil, lebih mudah di deteksi secara dini. Sekecil apapun benjolannya, teraba dengan cepat. Jadi bisa diketahui dengan cepat dan tidak terlambat ditangani. Sedangkan wanita yang cenderung memiliki payudara ukuran besar, sulit mendeteksi benjolan yang masih ukuran kecil. Selain itu bentuk payudara yang besar juga sulit di-mamografi. Dengan begitu, cenderung ditemukan saat kankernya sudah memasuki stadium akhir.

Related Posts :

    Ukuran Payudara yang Berpeluang Terkena Kanker

    Peluang terkena kanker antara payudara kecil dan besar sama. Hanya saja, payudara besar lebih sulit mendeteksi benjolan kecil karena lemak yang terkandung di dalamnya lebih banyak, sehingga ditemukannya saat sudah stadium 3 atau 4 dan sudah menyebar. Selain pemeriksaan SADARI. payudara yang berukuran besar bisa melakukan USG jika mencurigai adanya risiko kanker.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara mengobati inpotensi

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau menanyakan bagaimana cara mengobati impotensi dan bisakah ipotensi itu karena saraf yang putus?

    Penting

  • Oleh : Ananda
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Sekitar bulan agustus 2018 saya di haid hanya 2 hari saja yaitu pd tgl 16 dan 17. Perut bagian kanan juga terasa sakit. Setelah diperiksa ternyata usus besar saya bermasalah. Hingga hari ini 15 desember 2018 saya belum juga haid,perut juga membesar dan keras serta ada benjolan yg suka berpindah-pindah bahkan kadang berdenyut. Kira-kira saya kenapa ya ? Saya belum menikah. Ingin periksa lagi tapi ada rasa malu. Mohon di balas. Terimakasih

    Haid

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya umur 19 tahun,udah dua bulan saya tidak haid,bagaimana ya caranya? Solusinya,smga d jawab ya,,makasih dok sebelumnya

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • Mansturbasi.

  • Oleh : Arif Pratama
  • 2 tahun yang lalu

    Selamat malam ibu dokter. Saya mewakili teman saya ingin bertanya.
    Masalah nya temen saya hampir setiap 2 minggu sekali onani dan itu rutin . Dan dia sudah melakukan onani ini sudah dari 3 tahun yang lalu . Dan sekarang setiap menonton film porno alat kelamin nya ngga ereksi nya ga sekeras yang dulu.
    Pertanyaan nya. : apakah dampak terlalu sering onani dapat menyebabkan penurunan ereksi ?
    Dan adakah cara untuk membuat si alat kelaminya itu keras lagi seperti dulu ?
    Terima kasih dokter . . 🙏🏻

    Cara atasi mentruasi dan penyebab pms lambat

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    saya baru usia 15 tahun pas tangal 25 November 2020 nah saya terhakir pms bulan Desember 2020 nah awal bulan Januari 2021 saya sebulan belom pms itu kenapa y k berat badan saya 40 kilogram pas terus juga gak napsu makan saya makan sehari 1 kali itu juga gak napsu makan itu penyebab nya ap Y k tolong jawab?….

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • Tanya Bidan