×

Benjolan Di Ketiak Apakah Kanker Payudara ?

Bagikan Artikel :

benjolan di ketiak

Jangan dulu cemas apabila ketika meraba ketiak terdapat benjolan yang tanpa Anda sadari sebelumnya. Karena tidak selamanya benjolan itu disebabkan oleh kanker. Kebanyakan benjolan di ketiak merupakan hal yang tidak berbahaya. Benjolan ini sering muncul karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Namun begitu, benjolan ketiak juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih serius.

Penyebab Benjolan di Ketiak

1. Fibroadenoma, merupakan pertumbuhan jaringan ikat fibrosa bukan kanker Infeksi bakteri atau virus

2. Lipoma, di mana terjadi pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya

3. Kista

4. Limfoma

5. Kanker payudara

6. Leukimia

Related Posts :

    7. Lupus

    8. Infeksi jamur

    9. Reaksi alergi terhadap deodoran atau sabun

    10. Reaksi merugikan karena vaksinasi

    Gejala Lain Yang Dialami Akibat Benjolan Ketiak

    Gejala yang paling terlihat tentunya benjolan itu sendiri. Anda bisa menemukannya dengan merabanya perlahan. Benjolan ini dapat Anda temukan dalam ukuran sangat kecil sampai besar. Tekstur benjolannya pun bisa bervariasi tergantung dari apa yang menyebabkannya.

    Benjolan yang disebabkan oleh kista, infeksi, atau lipoma biasanya bertekstur lunak saat diraba. Sedangkan, benjolan yang disebabkan oleh kanker payudara teksturnya lebih keras dan tidak bergerak saat disentuh. Lain lagi dengan benjolan karena kanker payudara, limfoma, dan leukimia, benjolan karena hal ini biasanya mempunyai gejala, seperti berubah ukurannya secara cepat atau tidak hilang.

    Benjolan yang disebabkan oleh infeksi atau reaksi alergi biasanya sering dikaitkan dengan rasa sakit di ketiak dan benjolan terasa lebih lunak. Infeksi kelenjar getah bening juga dapat menyebabkan benjolan di ketiak terasa menyakitkan. Benjolan yang disebabkan karena infeksi juga dapat menunjukkan gejala lain, seperti demam, berkeringat di malam hari dan bengkak di seluruh kelenjar getah bening di tubuh.

    Cara Pengobatan Benjolan Di Ketiak

    Penanganan benjolan di ketiak tergantung kepada faktor penyebabnya. Umumnya kondisi ini tidak membutuhkan penanganan khusus, selain obat pereda nyeri dan kompres hangat untuk meredakan rasa tidak nyaman. Penanganan tersebut dapat diterapkan jika benjolan disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya, seperti infeksi virus, lipoma dan fibroadenoma. Benjolan yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat mengecil dengan sendirinya. Sedangkan benjolan yang disebabkan lipoma biasanya akan tetap ada, tapi tidak berbahaya.

    Sementara itu, benjolan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat ditangani dengan antibiotik. Benjolan yang disebabkan oleh alergi dapat diatasi dengan obat antialergi, dan dengan menghindari penggunaan benda-benda yang berisiko menyebabkan alergi, seperti krim deodoran atau alat cukur. Namun jika setelah pemeriksaan ternyata benjolan di ketiak diidentifikasi sebagai kanker, penanganan perlu dilakukan dengan operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi.

    Maka demikian, Anda harus waspada terhadap kemunculan benjolan di ketiak sejak dini dengan melakukan pemeriksaan sendiri di rumah. Segera periksakan ke dokter jika Anda merasakan ada keanehan pada tubuh Anda, untuk mendapatkan diagnosis secara tepat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 20, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Pil Kontrasepsi

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Mendapatkan anak laki laki

  • Oleh : Rizki Putra
  • 4 bulan yang lalu

    Program yg tepat

    Ruam pada kulit bayi

  • Oleh : Iphunk Charger
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

  • Oleh : Iphunk Charger
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan