×

Cegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Bagikan Artikel :

Cegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang karena penyakit ini dikategorikan menjadi penyakit yang mematikan. Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari kanker adalah dengan mencegahnya. Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan bergizi.
Sesuai dengan slogan “mencegah lebih baik dari mengobati”. Yuk cegah bareng-bareng! Bidan Citra bakalan share beberapa makanan yang mampu mencegah penyakit kanker.

Related Posts :

    Makanan Pencegah Kanker

    1. Wortel
      Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine pada tahun 2015, didapat fakta bahwa konsumsi wortel dapat menurunkan risiko penyakit kanker, dalam hal ini kanker lambung, sebanyak 26 persen. Studi lainnya juga mengatakan wortel berpengaruh terhadap penurunan risiko kanker prostat, yakni sebanyak 18 persen.
      Bagi para perokok, selain sebisa mungkin menghentikan kebiasaan merokok, mengonsumsi wortel juga diklaim bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Ini didasari pada studi yang menyebut bahwa perokok yang rutin mengonsumsi wortel memiliki risiko kanker paru-paru 3 kali lebih kecil daripada perokok yang tidak mengonsumsi wortel sama sekali.
    2. Brokoli
      Dikutip dari Health Line, brokoli mengandung zat fitronutrien yang diklaim mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, terdapat pula zat sulforaphane yang disebut mampu menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker payudara hingga 75 persen.
      Sebuah studi juga mengatakan jika kandungan salam brokoli tersebut efektif untuk mencegah terjadinya kanker prostat dan kanker usus, di samping mengurangi pertumbuhan tumor.
      Kendati begitu, keabsahan brokoli sebagai makanan pencegah kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut karena penelitian yang dilakukan masih sangat terbatas, pun objek penelitiannya yang adalah hewan (tikus).
    3. Minyak Zaitun
      Minyak zaitun yang biasa dijadikan bahan masakan ini ternyata merupakan salah satu komponen makanan pencegah kanker, lho. Hal ini dibuktikan oleh studi yang mengatakan jika orang-orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko yang lebih kecil terhadap kanker payudara, dan jenis kanker yang menyerang sistem pencernaan tubuh.
    4. Bawang Putih
      Di balik fungsinya sebagai bahan penyedap masakan, bawang putih menyimpan khasiat yang salah satunya mencegah kanker. Ini berkat adanya zat yang bernama allicin. Menurut sebuah penelitian, allicin efektif dalam membunuh sel-sel kanker.
      Dalam penelitian lainnya, juga didapat fakta bahwa orang-orang yang mengonsumsi bawang putih, bawang Bombay, dan daun bawang memiliki risiko kanker yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak sama sekali mengonsumsinya.
    5. Ikan
      Ikan memang sudah diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Nah, ini juga termasuk status ikan sebagai makanan pencegah kanker. Mengonsumsi ikan secara rutin, minimal satu minggu sekali, dipercaya bisa menurunkan risiko kanker.
      Jenis ikan yang paling berpengaruh terhadap penurunan risiko kanker di antaranya ikan-ikan berlemak seperti salmon dan sarden, di mana keduanya mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D yang baik untuk pencegahan kanker.
    6. Tomat
      Tomat mengandung lycopene yang di samping menjadikan warna buahnya merah, juga bersifat sebagai zat anti-kanker. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Clinical of Oncology mengungkapkan bahwa tomat mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker prostat.
      Selain kanker prostat, lycopene dalam tomat berfungsi guna mencegah jenis kanker lainnya, seperti kanker mulut, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, getah pancreas, dan kanker usus.
    7. Kacang Kedelai
      Bahan utama tahu dan tempe ini juga merupakan salah satu makanan pencegah kanker yang patut dikonsumsi secara rutin. Kacang kedelai memiliki sejumlah zat penting bagi kesehatan tubuh, seperti protein. Tak hanya itu, kedelai juga mengandung zat anti-kanker berupa phytoestrogen yang dipercaya bisa mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat.
    8. Buah Berry
      Buah berry adalah salah satu makanan pencegah kanker yang khasiatnya sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh NCBI. Studi yang melibatkan 25 orang penderita kanker kolektoral (usus) tersebut mengungkapkan bahwa konsumsi berry dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sebanyak 7 persen.
      Selain itu, buah raspberry yang merupakan satu dari sekian jenis berry mampu mengurangi pertumbuhan tumor sebanyak 62 persen.
    9. Kacang-kacangan
      Anda yang senang mengonsumsi kacang-kacangan patut berbahagia karena jenis makanan satu ini efektif dalam mencegah risiko kanker, bahkan meminimalisir potensi kematian bagi para penderita kanker. Ini dikarenakan kacang mengandung selenium yang sifatnya anti-kanker.
      Sejumlah kanker yang bisa dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin di antaranya kanker kolektoral, pankreas, dan kanker endometris.
    10. Kayu Manis
      Kayu manis dikenal sebagai bahan makanan yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, pun sifatnya yang anti-inflamasi. Kayu manis juga berfungsi sebagai pencegah kanker. Kandungan zat di dalamnya menurut penelitian dapat membunuh sel-sel kanker dan menghentikan penyebarannya di dalam tubuh.
    11. Sereal Gandum
      Kerap dikonsumsi saat sarapan, ternyata sereal yang terbuat dari gandum memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali mencegah terjadinya kanker. Ini karena gandum memiliki kandungan asam folat dan vitamin B yang efektif dalam menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus.
    12. Telur
      Telur ayam juga cocok untuk dijadikan menu diet Anda guna memproteksi diri dari serangan kanker. Di samping kandungan lemak dan protein, telur diperkaya dengan asam folat yang mana zat ini terbukti efektif dalam melawan sel kanker.
    13. Teh
      Manfaat teh berkaitan dengan pencegahan kanker memang masih terbatas bukti medisnya. Namun, khasiat teh (terutama teh hijau) dalam mencegah sel kanker berkembang sudah dipercaya turun-temurun. Jenis kanker yang kemungkinan dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi teh antara lain kanker hati, kanker payudara, dan kanker prostat.
    14. Anggur
      Dijuluki sebagai ‘ratu buah-buahan’, anggur adalah salah satu pencegah kanker yang bisa Anda konsumsi. Anggur mengandung resveratrol yang merupakan zat antioksidan. Zat ini memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas yang menjadi cikal bakal berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.
    15. Kunyit
      Baik itu dalam bentuk minuman jamu maupun campuran masakan, sudah selayaknya Anda mengonsumsi kunyit secara rutin mulai dari sekarang jika ingin terhindar dari kanker. Kunyit mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi bernama kurkumin. Zat ini berperan dalam mencegah perkembangan sel-sel kanker.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 20, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Evi Safitri
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dokter, sejak februari saya mengalami menstruasi yg tidak wajar, saya menstruasi berkepanjangan, jarak berhentinya keluar darah hanya sekitar 5-7 hari. Apakah itu normal?

    Tentang perempuan saat haid

  • Oleh : Aulia Aulia
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok,saya mau nnya,saya berumur 15 Thun,wktu bln² kemarin saya haidny normal aj dok,tp akhir² ini udh hmpir 2 bln lebih saya blm haid,dan sekarang saya haid kok wrna darah haid saya,hitam kemerahan gitu,tapi saya gk merasakan sakit perut,apakah ini berbahaya dok,mohon bantuannya dok🙏

  • Oleh : Aulia Aulia
  • Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    Galau tanda Hamil atau akan Haid

  • Oleh : Ovi Oktav
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu bid, saya ada tanda-tanda seperti badan hangat, setiap malam mau tidur dan pagi setelah bangun tidur badan panas, sering buang air kecil, payudara nyeri, sering mengantuk, setelah menyapu saja kelelahan, ada keputihan tapi tidak berlebihan, tapi saya masih seminggu lagi jadwal haidnya, saya berhubungan sama suami pada masa mendekati subur dan waktu masa subur, tanda-tanda itu saya rasakan setelah 5 hari berhubungan di masa subur, itu pertanda hamil atau bukan ya bu bid ? Saya tunggu jawabannya, terima kasih.

    Kenapa tidak haid

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Permisi Bu.
    Saya mau tanya kan saya melahirkan bulan Juni 2019 nah trus pas anak saya umur 1 bulan saya disuruh KB sama orang tua saya dan saya pakai KB 3 bulan nah itu cuma 2x terus pas anak saya umur 5 bulan saya langsung lepas KB tapi sampe skrg anak saya umur 1 tahun setengah saya belum juga haid knpa ya? Apakah aman? Terimakasih.

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • Tanya Bidan