×

Depresi Saat Hamil Waspadai Gangguan Perkembangan Janin

Bagikan Artikel :

Ada begitu banyak macma-macam gangguan yang bisa terjadi pada saat masa-masa kehamilan. Untuk itu, Anda, sebagai calon ibu wajib mengetahui apa-apa saja yang dapat menyebabkan gangguan tersebut, serta cara mengatasinya dengan baik. Sehingga kelak, saat kelahiran si buah hati, akan berjalan lancar dengan kondisi bayi juga ibu sehat dan normal.

Salah satu gangguan yang harus Anda hindari saat hamil adalah depresi. Sebagian faktor penyebab depresi pada kehamilan bisa diakibatkan hal-hal kecil, misalnya tidak memiliki teman untuk berbagi cerita dengan usia kehamilannya yang semakin tua, merasakan perasaan sedih akibat hal-hal yang berkaitan dengan fisik saat hamil dan sebagainya. Ibu hamil yang memiliki kegiatan yang sama setiap harinya, pekerjaan dan permasalahan rumah tangga, bisa menimbulkan perasaan jenuh. Rasa jenuh yang dirasakan setiap hari oleh ibu hamil, pada akhirnya dapat menjadi pemicu terjadi depresi.

Depresi yang terjadi pada orang biasapun bisa mengakibatkan masalah kesehatan, sama saja jika hal ini terjadi pada wanita hamil. Namun ingat, karena wanita hamil memiliki ‘kehidupan lain’ di dalam perutnya, bisa jadi depresi yang terjadi pada sang ibu, juga akan berpengaruh pada janin, termasuk mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Depresi pada ibu hamil akan menimbulkan permasalahan kesehatan, tidak terkecuali pada masalah kesehatan ibu dan janin. Salah satunya akan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Dan kali ini, Curhat Bidan akan berbagi ulasan informasi tentang depresi yang terjadi pada wanita hamil dan ketahui apa dampak yang bisa terjadi pada ibu, juga kehamilannya.

Ibu hamil yang terlalu sering menangis picu depresi.

Pada ibu hamil terkadang hinggap perasaaan kesepian dan kesendirian dikala menghadapi keluhan kehamilan yang pada akhirnya menyebabkan ibu hamil lebih sensitif. Bahkan akibat perubahan beberapa hormon saat kehamilan, dapat membuat ibu hamil lebih sensitif dan peka. Ibu hamil bisa saja menangis berlebihan saat lonjakan hormon meningkat dan akhirnya menyebabkan ibu hamil lebih mudah menangis. Sebenarnya hormon apa yang dapat mempengaruhi wanita hamil? Diketahui bahwa ada 3 jenis hormon yang berpengaruh pada ibu hamil, yaitu Estrogen, Progesteron dan Gonadotropin.

Pertama adalah hormon Estrogen yang paling dominan diproduksi oleh ovum, sedangkan Progesteron dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon Estrogen untuk kemudian membentuk corpus luteum yang terjadi di awal-awal kehamilan dan pembentukannya di plasenta saat kehamilan semakin tua. Terkahir adalah hormon Gonadotropin, adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta sehingga dapat mengubah neurotransmitter. Akibatnya ibu hamil akan mengalami perubahan emosi di minggu ke 6 dan 10 saat kehamilan. Kondisi tersebut bisa terulang saat usia kehamilan mencapai trimester ketiga.

Pada ibu hamil yang merencanakan atau tidak merencanakan kehamilan sama sekali akan berakibat pada stress yang berhubungan dengan status emosional. Stress dapat dipicu dari perubahan mood yang sangat cepat. Jika memang terjdai sebaiknya ibu hamil berbagi apa yang sedang dia rasakan pada suami atau orang terdekat lainnya untuk mengurangi dampak yang terjadi akibat keresahan yang terjadi.

Related Posts :

    Jika memang kondisi sering menangis saat hamil tidak bisa diatasi dengan baik, sudah benar jika Anda segera melakukan konsultasi serius pada dokter untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Bagaimanapun depresi yang terjadi pada ibu hamil akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

    Pengaruh depresi pada Ibu dan janin.

    Faktanya, janin didalam kandungan akan mengikuti apa yang terjadi pada ibunya, termasuk depresi. Calon anak yang berada didalam kandungan ibu hamil akan merasakan bagaimana ibunya depresi. Hal ini justru berdampak langsung pada perubahan plasenta yang akhirnya dapat mempengaruhi pembentukan bayi. Selain itu, resiko tinggi terhadap keguguran, alergi pada janin, serta menurunnya sistem kekebalan pada bayi juga merupakan dampak lainnya dari pengaruh depresi yang terjadi pada ibu hamil.

    Semoga bermanfaat, salam!

    Depresi Saat Hamil Waspadai Gangguan Perkembangan Janin |

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 9, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Apakah KB aman untuk wanita yang baru menikah?

  • Oleh : Alfiyah
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

    Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Alergi Dingin

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

    Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 4 minggu yang lalu

    Tolong kasih tau saya.. ini knpa ada benjolan di pinggir vagina.. kadang terasa sakit

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Tanya Bidan