×

Gangguan Hemoroid Pada Kehamilan Trimester Ketiga

Bagikan Artikel :

Hemoroid mungkin terdengar masih asing ditelinga bunda, benar? Namun Hemoroid yang lebih dikenal sebagai Ambeien, adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali ditemukan pada wanita hamil, terutama jika masa kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Dari itu, yuk bunda kenali bagaimana Hemoroid terjadi pada kehamilan dalam artikel Curhat Bidan kali ini.

Hemoroid dalam kehamilan.

Hemoroid, merupakan sebuah gambaran untuk kondisi dimana terjadi pembengkakkan pada pembuluh darah yang berada di area rektum. Hemoroid bisa membengkak hingga sebesar kacang polong, atau buah anggur dan posisinya biasanya tepat di dalam dubur hingga menonjol keluar anus. Kemunculan Hemoroid ini tidak hanya akan menyebabkan tidak nyaman, tapi juga muncul rasa gatal dan sakit yang menganggu. Terkadang dalam beberapa kasus, Hemoroid ini menyebabkan pendarahan di dubur, terutama saat bunda sedang buang air besar.

Umumnya Hemoroid pada ibu hamil terjadi saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Wanita hamil yang biasa mengalaminya adalah wanita yang dalam pertama kali hamil. Jika Anda pernah mengalaminya dalam kehamilan pertama Anda, maka di kehamilan selanjutnya kemungkinan besar Hemoroid akan terjadi kembali. Hemoroid juga dapat muncul akibat terlalu mengejan kuat saat persalinan dan menjadi keluhan umum yang banyak dialami wanita setelah melahirkan. Di beberapa kasus, Hemoroid dapat menghilang dengan sendirinya.

Hemoroid kemudian terbagi kedalam 2 jenis berbeda, yaitu Hemoroid Internal dan Hemoroid Eksternal.

Hemoroid Internal, merupakan gambaran pada kondisi terjadi varises pada fleksus Hemorodialis Inferior, yang berada dibawah linea dentate dan tertutup oleh kulit. Hemoroid internal ditandai dengan pembengkakan pada rektum dalam yang tidak dapat dirasakan dengan dilihat maupun diraba. Pembengkakan ini juga tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya sedikit saja saraf di area rektum. Pendarahaan saat buang air besar pada ibu hamil bisa jadi terindikasi Hemaroid Internal. Hemoroid Internal juga terbagi hingga 4 stadium, yang tiap-tiap peningkatannya semakin memperparah kondisi Hemoroid.

Hemoroid Eksternal, merupakan gambaran untuk kondisi dimana varises pada fleksus Hemorodialis Superior, diatas linea dentate dan tertutup oleh mukosa. Hemoroid eksternal biasanya menerang anus dan menimbulkan rasa perih, sakit dan gatal. Jika Hemoroid ini terdorong keluar oleh feses, dapat berakibat terjadinya trimbosis yang menjadikannya berwarna lebih ke biru-keungu-unguan. Hemoroid Eksternal terbagi kedalam dua spesifik yaitu Hemoroid eksternal akut, dan Hemoroid eksternal kronik.

Hemoroid memang terlihat tidak berbahaya, baik bagi ibu hamil maupun janinnya. namun jika terlalu sering keluar darah akibat Hemoroid tersebut, bisa-bisa secara tidak langsung akan menularkan penyakit pada janin.

Related Posts :

    Hemoroid juga cukup rentan terjadi pada wanita hamil, namun bukan berarti tidak ada cara untuk menghindarinya. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang mungkin akan membantu Anda ibu hamil, agar terhindar dari Hemoroid saat hamil.

    1. Tidak menunda keinginan saat ingin benar-benar buang air besar. Hindari mengejan terlalu kuat saat buang air dan tidak berlama-lama di dalam toilet.
    2. Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah. Perbanyak juga mengkonsumsi air putih 8 hingga 10 gelas perharinya. Teratur dalam berolahraga walaupun hanya berjalan kaki.
    3. Tidak berdiri dan duduk dalam waktu yang lama. Jika ibu hamil suka berbaring, lebih baik berbaring miring menghadap kiri saat tidur, membaca, dan bersantai. Hal ini untuk mengurangi tekanan pada pembuluh rektum, dan membantu meningkatkan darah kembali ke bagian tubuh bawah.
    4. Ikut pelatihan senam kegel saat hamil. Senam kegel manfaatnya banyak sekali untuk wanita hamil, salah satunya menguatkan otot di sekitar vagina dan urethra, serta mengurangi kemungkinan terjadinya Hemoroid.

    Hemaroid pada wanita hamil dapat menghilang dengan sendirinya, namun bukan berarti jika kondisi ini tidak membaik dalam waktu lama dan menjadi semakin menyiksa segera temui bidan atau dokter kehamilan. Nah, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam sehat, bunda!

    Gangguan Hemoroid Pada Kehamilan Trimester Ketiga |

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 23, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kuret Akibat Keguguran

  • Oleh : Ramadhan
  • 4 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

  • Oleh : arinagustin
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

    Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 2 bulan, 4 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan