×

Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil dan Janin Kekurangan Yodium

Bagikan Artikel :

Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil dan Janin Kekurangan YodiumBidan Online,- Mungkin anda sudah tidak asing lagi jika mendengar kata yodium, ya kandungan yodium memang sangat identik dengan garam dapur. Garam dapur sendiri memang mengandung senyawa yodium ataupun sengaja ditambahkan pada garam dapur. Diketahui kandungan yodium memiliki manfaat yang sangat bagi kesehatan terlebih lagi untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah untuk itu yuk ketahui lebih jauh apa yang menyebabkan kandungan yodium ini sangat bagus untuk ibu hamil dan janin. Lalu berapa batas yodium yang harus di penuhi ibu hamil setiap harinya. Dan yang tidak kalah penting apakah akibatnya jika ibu hamil kekurangan yodium? Simak ulasannya berikut ini.

Yodium sendiri merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam produksi hormon tiroid. Dan tahukah anda apa fungsi hormon tiroid ini? faktanya hormon tiroid memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang perkembangan otak. Dan tentu saja pada saat ibu hamil proses perkembangan otak janin sangatlah penting maka dari itu kandungan yodium akan sangat berperan penting dalam hal ini. Tidak hanya itu saja nyatanya kandungan hormon tiroid juga memiliki fungsi lainnya seperti menunjang pertumbuhan anak, menngatur suhu tubuh, pencernaan, metabolisme tubuh, hingga mengendalikan kontraksi otot.

Nah dilihat dari peranan hormon tiroid diatas maka tidak heran bukan jika kandungan yodium ini dinilai sangat penting bagi ibu hamil. Apa jadinya jika ibu hamil kekurangan yodium? sudah pasti bisa ditebak hal tersebut akan sangat berpengaruh pada proses perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang kekurangan yodium bisa meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir cacat seperti tubuh pendek, tuli,bisu, berat badan bayi rendah, janin lahir mati.

Nah setelah tahu manfaat yodium bagi ibu hamil dan janin serta akibatnya jika kekurangan yodium lalu berapa banyak kandungan yodium yang wajib dipenuhi ibu hamil setiap harinya. Pada wanita hamil kandungan yodium yang harus dipenuhi setiap harinya menurut Kementrian Kesehatan Indonesia yaitu sebanyak 220 mcg. Tentunya asupan yodium sebanyak 220 mcg tersebut dapat memebuhi kebutuhan yodium bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Kandungan yodium memang bisanya dicampurkan dalam garam, namun bukan berarti ibu hamil harus mengkonsumsi garam dengan jumlah yang banyak. Ada beberapa pilihan makanan yang mengandung yodium tinggi yang bisa anda coba seperti susu sapi, yoghurt, ikan salmon,  udang, lobster, kerang, daging sapi, telur ayam, buah-buahan, juga kacang-kacangan.

Nah untuk ibu hamil tentunya tidak ada salahnya bukan muldai dari sekarang penuhi asupan kadar yodium anda setiap harinya guna menunjang perkembangan otak dan saraf janin. Namun ingat konsumsi yodium dalam kadar yang sudah ditetapkan hindari mencampur makanan atau garam beryodium dengan makanan asam atau pedas karena dapat menghilangkan kadarnya.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil Muda

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda

Cara Menurunkan Tekanan Darah Atau Hipertensi Saat Hamil

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 26, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Bayi Gelisah Saat Akan BAK

  • Oleh : Diranan
  • 6 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    Memperlancar haid

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Makanan Pendamping ASI

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

  • Oleh : Putri Kintamani
  • Apakah KB aman untuk wanita yang baru menikah?

  • Oleh : Alfiyah
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan