×

Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil dan Janin Kekurangan Yodium

Bagikan Artikel :

Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil dan Janin Kekurangan YodiumBidan Online,- Mungkin anda sudah tidak asing lagi jika mendengar kata yodium, ya kandungan yodium memang sangat identik dengan garam dapur. Garam dapur sendiri memang mengandung senyawa yodium ataupun sengaja ditambahkan pada garam dapur. Diketahui kandungan yodium memiliki manfaat yang sangat bagi kesehatan terlebih lagi untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah untuk itu yuk ketahui lebih jauh apa yang menyebabkan kandungan yodium ini sangat bagus untuk ibu hamil dan janin. Lalu berapa batas yodium yang harus di penuhi ibu hamil setiap harinya. Dan yang tidak kalah penting apakah akibatnya jika ibu hamil kekurangan yodium? Simak ulasannya berikut ini.

Yodium sendiri merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam produksi hormon tiroid. Dan tahukah anda apa fungsi hormon tiroid ini? faktanya hormon tiroid memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang perkembangan otak. Dan tentu saja pada saat ibu hamil proses perkembangan otak janin sangatlah penting maka dari itu kandungan yodium akan sangat berperan penting dalam hal ini. Tidak hanya itu saja nyatanya kandungan hormon tiroid juga memiliki fungsi lainnya seperti menunjang pertumbuhan anak, menngatur suhu tubuh, pencernaan, metabolisme tubuh, hingga mengendalikan kontraksi otot.

Nah dilihat dari peranan hormon tiroid diatas maka tidak heran bukan jika kandungan yodium ini dinilai sangat penting bagi ibu hamil. Apa jadinya jika ibu hamil kekurangan yodium? sudah pasti bisa ditebak hal tersebut akan sangat berpengaruh pada proses perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang kekurangan yodium bisa meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir cacat seperti tubuh pendek, tuli,bisu, berat badan bayi rendah, janin lahir mati.

Nah setelah tahu manfaat yodium bagi ibu hamil dan janin serta akibatnya jika kekurangan yodium lalu berapa banyak kandungan yodium yang wajib dipenuhi ibu hamil setiap harinya. Pada wanita hamil kandungan yodium yang harus dipenuhi setiap harinya menurut Kementrian Kesehatan Indonesia yaitu sebanyak 220 mcg. Tentunya asupan yodium sebanyak 220 mcg tersebut dapat memebuhi kebutuhan yodium bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Kandungan yodium memang bisanya dicampurkan dalam garam, namun bukan berarti ibu hamil harus mengkonsumsi garam dengan jumlah yang banyak. Ada beberapa pilihan makanan yang mengandung yodium tinggi yang bisa anda coba seperti susu sapi, yoghurt, ikan salmon,  udang, lobster, kerang, daging sapi, telur ayam, buah-buahan, juga kacang-kacangan.

Nah untuk ibu hamil tentunya tidak ada salahnya bukan muldai dari sekarang penuhi asupan kadar yodium anda setiap harinya guna menunjang perkembangan otak dan saraf janin. Namun ingat konsumsi yodium dalam kadar yang sudah ditetapkan hindari mencampur makanan atau garam beryodium dengan makanan asam atau pedas karena dapat menghilangkan kadarnya.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil Muda

Related Posts :

    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

    Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda

    Cara Menurunkan Tekanan Darah Atau Hipertensi Saat Hamil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 26, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kanker payudara

  • Oleh : Irma Andari
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu saya punya masalah dgn payudara putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan berwarna putih bening. Apakah ini termasuk gejala kanker payudara? Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    payudara

  • Oleh : Puput Adenia
  • 2 tahun yang lalu

    assalamualaikum dok saya mau tanya, umur saya 17thn mau 18thn besok Januari tapi puting susu saya gak menonjol gitu gak bentuk gitu lah dok. apakah nanti itu masih bisa membentuk ya dok? dan umumnya puting susu itu membentuk pada umur berapa dok?

  • Oleh : Puput Adenia
  • Menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Fitri Lestari
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya saya sudah tidak menstruasi selama 3 bulan,saya masib lajang dan tidak pernah melakukan hubungan intim,terakhir saya menstruasi sebelum puasa tahun ini dan sampai sekarang saya belum menstruasi,bisa di jelaskan dok sebenar nya ini penyakit atau apa dan cara penyembuhan nya bagaimana.

  • Oleh : Fitri Lestari
  • Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Tolong kasih tau saya.. ini knpa ada benjolan di pinggir vagina.. kadang terasa sakit

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Tanya Bidan