×

Inilah Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan

Bagikan Artikel :

Tahukah anda ternyata ada beberapa keuntungan hamil diusia 20.an bagi seorang wanita dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk kehamilan. Karena, secara biologis, usia ini merupakan puncak kesuburan dan kondisi tubuh seseorang sedang prima sehingga akan lebih minim resiko.

Mengenai kesuburan dilihat dari sisi biologis, diusia 20.an memang merupakan masa paling baik untuk mengandung dan melahirkan bayi. Menurut seorang dokter konsultan fertilitias reproduksi, Judit Albert, sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara wanita diawal dengan akhir usia 20.an. Semuanya mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi dan rata-rata puncak kesuburan wanita biasanya berada diusia 24 tahun.

Apabila anda hamil diusia 20.an, maka memiliki resiko yang lebih kecil akan lahirnya bayi dengan kelainan genetik. Dengan seiring bertambahnya usia anda, ovarium juga akan ikut menua, demikian juga dengan sel telur yang akan semakin menurun kualitasnya. Jika dibandingkan seorang wanita muda yang mempunyai lebih sedikit resiko akan kelainan genetik yang bisa diakibatkan seperti down syndrome. Resiko keguguran jika hamil pada wanita usia 20.an akan lebih rendah dibandingkan dengan wanita berusia lebih tua, yaitu sekitar 10 % bagi wanita berusia 20.an, 20 % bagi wanita pertengahan hingga akhir 30.an dan sekitar 35 % bagi wanita diawal 40.an.

Selain itu, keuntungan hamil diusia 20.an  adalah resiko untuk timbulnya masalah kandungan seperti fibroid dan endometriosis jauh lebih kecil yang keduanya dapat berkembang dan menjadi suatu masalah serius jika tidak segera ditangani. Kemudian juga akan lebih kecil resiko terjadinya komplikasi kesehatan misalnya hipertensi dan diabetes serta peluang untuk melahirkan bayi prematur ataupun melahirkan bayi yang memiliki berat badan rendah juga akan lebih minim dibandingkan ibu hamil usia 35.an. Dan bahkan setelah melahirkan, seorang ibu akan  jauh lebih baik mempunyai daya tahan tubuh untuk menyusui saat malam hari dan beraktivitas seharian.

Tidak hanya memberikan efek yang positif pada seorang ibu dari segi fisik. Menurut Susan Heitler, seorang konsultan pernikahan dan keluarga, mengatakan bahwa saat berusia 20.an seorang wanita akan lebih mudah dalam beradaptasi, hal tersebut sangat bagus untuk pernikahan serta dalam masa transisi sebagai orang tua.

Untuk itu, bagi anda yang belum menikah atau sudah menikah tetapi belum merencanakan kehamilan sebaiknya segera direncanakan dengan baik terutama lakukan pemerikasaan ke bidan untuk mengetahui kesuburannya, agar berbagai keuntungan kehamilan diusia 20 tahunan ini bisa anda dapatkan dan agar dapat mulai membangun keluarga bahagia dengan kehadiran seorang anak secepat mungkin.

Baca juga artikel lainnya:

Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan Wanita

Related Posts :

    Penyebab Persalinan Prematur Yang Perlu Anda Ketahui

    Diabetes Gestasional Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan

    Kenali Jenis-jenis Hipertensi Pada Kehamilan Serta Bahayanya

    Amankah Melakukan Pijatan Selama Masa Kehamilan?

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 31, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Kafein?

  • Oleh : Disa Khaerunisa
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Terkait KB IUD

  • Oleh : Musiroh Roh
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bian, saya mau bertanya apakah normal jika keputihan berwarna coklat dan terkadang nyeri di panggul. Dan bercampur darah lengket berbau amis. Dulu saya tidak pernah seperti ini namun setelah memakai KB IUD organ vagina saya tidak nyaman, tolong dijawab yaa bu bidan
    Wassalamu’alaikum

  • Oleh : Musiroh Roh
  • Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Tanya Bidan