Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO
    Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO -, Setiap golongan darah manusia dibedakan menjadi A-B-O-AB karena susunan molekulnya yang berbeda-beda sehingga setiap golongan darah memiliki karakteristik dan anti gen (immunitas) yang berbeda pula. Pada kasus inkompatibilitas ABO pada kehamilan disebabkan karena golongan darah AB dan pasanganya O, kemungkinan besar janin dan ibu akan mengalami beberapa reaksi imun (pertahanan tubuh).

    Inkompatibilitas ABO merupakan suatu kondisi sebagai akibat dari ketidaksesuaian golongan darah antara ibu dan janin yang dikandungnya. Hal ini bisa menyebabkan embrio hilang pada waktu yang sangat awal secara misterius atau tiba-tiba.

    Inkompatibilitas ABO merupakan salah satu penyebab dari penyakit hemolitik (sel darah merah yang tidak normal) pada bayi baru lahir yang biasanya terjadi pada janin dengan golongan darah A,B atau AB dari ibu yang bergolongan darah O.

    Bayi Yang Terlahir Dari Inkompabilitas ABO

    Manifestasi yang ditimbulkan Inkompatibilitas ABO terhadap janin bervariasi mulai dari ikterus (kuning) ringan dan anemia sampai hidrops fetalis (kondisi serius pada janin). Manifestasi yang muncul pada bayi setelah persalinan meliputi :

    1) Asfiksia (kondisi kekurangan oksigen)

    2) Pucat (oleh karena anemia)

    3) Distres pernafasan

    4) Jaundice (perubahan warna kuning pada kulit dan mata bayi yang baru lahir)

    5) Hipoglikemia (kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal)

    6) Hipertensi pulmonal (naiknya tekanan di dalam pembuluh arteri paru akibat terhambatnya aliran darah yang melalui paru)

    7) Edema (pembengkakan pada anggota tubuh)

    8) Koagulopati (gangguan pembekuan darah)

    Bayi Inkompabilitas ABO Harus Segera Ditangani

    Apabila janin sampai cukup bulan dilahirkan hidup maka dapat terjadi ikterus yang dapat mengarah pada ikterus patologis atau hiperbilirubinemia. Apabila hal ini tidak ditangani secara tepat dapat menimbulkan kematian atau kelainan perkembangannya seperti gangguan perkembangaan mental, tuli, lambat bicara dan lain-lain

    Komplikasi Pada Bayi Dengan Inkompatibilitas ABO

    1. Penyakit kuning

    Kebanyakan bayi yang baru lahir dengan inkompatibilitas ABO memiliki kadar bilirubin yang lebih tinggi dari normal, sehingga menyebabkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Ikterus pada bayi baru lahir memungkinkan untuk melakukan intervensi medis lebiih lanjut untuk mengatasinya.

    2. Anemia

    Banyak kasus dengan inkompatibilitas ABO mengalami anemia setelah beberapa minggu kelahiran. Anemia ini disebabkan oleh peningkatan jumlah kerusakan pada sel-sel darah merah dalam menaggapi antibody maternal. Antibody ini dapat bertahan di dalam tubuh bayi yang baru lahir selama beberapa minggu setelah persalinan. Sehingga memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan seberapa parah anemia pada bayi baru lahir.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 26, 2018
    Diskusi Dari:
    Lusi

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Dijawab Oleh : Lusi
    Diskusi Dari:
    Daniel

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Dijawab Oleh : Daniel
    Diskusi Dari:
    tickanevianti

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Dijawab Oleh : tickanevianti
    Diskusi Dari:
    Tutut Kartikasari

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    chairia

    Malam Dok…!
    Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
    Terima kasih atas jawabannya dok…!

    Dijawab Oleh : chairia