Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO
    Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO -, Setiap golongan darah manusia dibedakan menjadi A-B-O-AB karena susunan molekulnya yang berbeda-beda sehingga setiap golongan darah memiliki karakteristik dan anti gen (immunitas) yang berbeda pula. Pada kasus inkompatibilitas ABO pada kehamilan disebabkan karena golongan darah AB dan pasanganya O, kemungkinan besar janin dan ibu akan mengalami beberapa reaksi imun (pertahanan tubuh).

    Inkompatibilitas ABO merupakan suatu kondisi sebagai akibat dari ketidaksesuaian golongan darah antara ibu dan janin yang dikandungnya. Hal ini bisa menyebabkan embrio hilang pada waktu yang sangat awal secara misterius atau tiba-tiba.

    Inkompatibilitas ABO merupakan salah satu penyebab dari penyakit hemolitik (sel darah merah yang tidak normal) pada bayi baru lahir yang biasanya terjadi pada janin dengan golongan darah A,B atau AB dari ibu yang bergolongan darah O.

    Bayi Yang Terlahir Dari Inkompabilitas ABO

    Manifestasi yang ditimbulkan Inkompatibilitas ABO terhadap janin bervariasi mulai dari ikterus (kuning) ringan dan anemia sampai hidrops fetalis (kondisi serius pada janin). Manifestasi yang muncul pada bayi setelah persalinan meliputi :

    1) Asfiksia (kondisi kekurangan oksigen)

    2) Pucat (oleh karena anemia)

    3) Distres pernafasan

    4) Jaundice (perubahan warna kuning pada kulit dan mata bayi yang baru lahir)

    5) Hipoglikemia (kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal)

    6) Hipertensi pulmonal (naiknya tekanan di dalam pembuluh arteri paru akibat terhambatnya aliran darah yang melalui paru)

    7) Edema (pembengkakan pada anggota tubuh)

    8) Koagulopati (gangguan pembekuan darah)

    Bayi Inkompabilitas ABO Harus Segera Ditangani

    Apabila janin sampai cukup bulan dilahirkan hidup maka dapat terjadi ikterus yang dapat mengarah pada ikterus patologis atau hiperbilirubinemia. Apabila hal ini tidak ditangani secara tepat dapat menimbulkan kematian atau kelainan perkembangannya seperti gangguan perkembangaan mental, tuli, lambat bicara dan lain-lain

    Komplikasi Pada Bayi Dengan Inkompatibilitas ABO

    1. Penyakit kuning

    Kebanyakan bayi yang baru lahir dengan inkompatibilitas ABO memiliki kadar bilirubin yang lebih tinggi dari normal, sehingga menyebabkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Ikterus pada bayi baru lahir memungkinkan untuk melakukan intervensi medis lebiih lanjut untuk mengatasinya.

    2. Anemia

    Banyak kasus dengan inkompatibilitas ABO mengalami anemia setelah beberapa minggu kelahiran. Anemia ini disebabkan oleh peningkatan jumlah kerusakan pada sel-sel darah merah dalam menaggapi antibody maternal. Antibody ini dapat bertahan di dalam tubuh bayi yang baru lahir selama beberapa minggu setelah persalinan. Sehingga memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan seberapa parah anemia pada bayi baru lahir.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 26, 2018
    Diskusi Dari:
    Mbak aty

    Selamat pagi,
    Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

    Dijawab Oleh : Mbak aty
    Diskusi Dari:
    Rosita

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

    Dijawab Oleh : Rosita
    Diskusi Dari:
    Riza

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Bunga Handayani

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Dijawab Oleh : Bunga Handayani
    Diskusi Dari:
    Obey Hungkul

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Dijawab Oleh : Obey Hungkul