×

Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO

Bagikan Artikel :

Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO
Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO -, Setiap golongan darah manusia dibedakan menjadi A-B-O-AB karena susunan molekulnya yang berbeda-beda sehingga setiap golongan darah memiliki karakteristik dan anti gen (immunitas) yang berbeda pula. Pada kasus inkompatibilitas ABO pada kehamilan disebabkan karena golongan darah AB dan pasanganya O, kemungkinan besar janin dan ibu akan mengalami beberapa reaksi imun (pertahanan tubuh).

Inkompatibilitas ABO merupakan suatu kondisi sebagai akibat dari ketidaksesuaian golongan darah antara ibu dan janin yang dikandungnya. Hal ini bisa menyebabkan embrio hilang pada waktu yang sangat awal secara misterius atau tiba-tiba.

Inkompatibilitas ABO merupakan salah satu penyebab dari penyakit hemolitik (sel darah merah yang tidak normal) pada bayi baru lahir yang biasanya terjadi pada janin dengan golongan darah A,B atau AB dari ibu yang bergolongan darah O.

Bayi Yang Terlahir Dari Inkompabilitas ABO

Manifestasi yang ditimbulkan Inkompatibilitas ABO terhadap janin bervariasi mulai dari ikterus (kuning) ringan dan anemia sampai hidrops fetalis (kondisi serius pada janin). Manifestasi yang muncul pada bayi setelah persalinan meliputi :

1) Asfiksia (kondisi kekurangan oksigen)

2) Pucat (oleh karena anemia)

3) Distres pernafasan

Related Posts :

    4) Jaundice (perubahan warna kuning pada kulit dan mata bayi yang baru lahir)

    5) Hipoglikemia (kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal)

    6) Hipertensi pulmonal (naiknya tekanan di dalam pembuluh arteri paru akibat terhambatnya aliran darah yang melalui paru)

    7) Edema (pembengkakan pada anggota tubuh)

    8) Koagulopati (gangguan pembekuan darah)

    Bayi Inkompabilitas ABO Harus Segera Ditangani

    Apabila janin sampai cukup bulan dilahirkan hidup maka dapat terjadi ikterus yang dapat mengarah pada ikterus patologis atau hiperbilirubinemia. Apabila hal ini tidak ditangani secara tepat dapat menimbulkan kematian atau kelainan perkembangannya seperti gangguan perkembangaan mental, tuli, lambat bicara dan lain-lain

    Komplikasi Pada Bayi Dengan Inkompatibilitas ABO

    1. Penyakit kuning

    Kebanyakan bayi yang baru lahir dengan inkompatibilitas ABO memiliki kadar bilirubin yang lebih tinggi dari normal, sehingga menyebabkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Ikterus pada bayi baru lahir memungkinkan untuk melakukan intervensi medis lebiih lanjut untuk mengatasinya.

    2. Anemia

    Banyak kasus dengan inkompatibilitas ABO mengalami anemia setelah beberapa minggu kelahiran. Anemia ini disebabkan oleh peningkatan jumlah kerusakan pada sel-sel darah merah dalam menaggapi antibody maternal. Antibody ini dapat bertahan di dalam tubuh bayi yang baru lahir selama beberapa minggu setelah persalinan. Sehingga memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan seberapa parah anemia pada bayi baru lahir.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 26, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

    Payudara

  • Oleh : wiwid widia
  • 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok. usia saya 26 thn. saya belum menikah. saya memiliki payudara yg rata. saya mau bertanya, apa berarti saya mengalami hipolasia payudara?apakah berbahaya? apa bisa menghasilkan asi? apa harus dikonsultasikan ke bidan? dan brp bnyak wanita yg mengalami hipolasia seperti saya? karena jujur saya merasa takut, malu dan minder. Terimakasih sebelumnya. Saya harap pertanyaan saya bisa langsung dijawab.

  • Oleh : wiwid widia
  • Sakit Perut Bagian Bawah

  • Oleh : Nurul
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

    Pemberian susu formula pada bayi prematur

  • Oleh : eureeka
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Onani

  • Oleh : Herry Firdaus
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Sy sudah punya istri tapi masih suka onani itu knp ?

    Tanya Bidan