×

Jomblo Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Anda Mudah Terkena Penyakit Lho

Bagikan Artikel :

Jomblo Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Anda Mudah Terkena Penyakit Lho

Menikah adalah harapan semua orang dewasa. Tapi menikah tidak semudah membalikan telapak tangan. Menikah pada jaman sekarang perlu biaya yang cukup besar, kecuali jika anda dan pasangan anda menikah sederhana. Menikah juga harus sudah memiliki pasangan, yang masih jomblo/single segera cari pasanganya karena terlalu lama menjomblo bisa mempengaruhi kesehatan baik fisik dan psikologis lho.

Related Posts :

    Dampak Buruk Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan

    1. Penurunan system kekebalan tubuh
      Kesepian menyebabkan tubuh seseorang mengalami peningkatan sel imatur atau monosit yang dapat mengganggu kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan saat terjadi sebuah infeksi bakteri pada tubuh, maka risiko tubuh mengalami penyebaran bakteri jadi lebih tinggi.
      Seseorang yang kesepian cenderung memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah. Mereka jadi lebih rentan mengalami peradangan yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung, artritis, diabetes tipe 2, serta penyakit alzheimer.
    2. Penyakit jantung
      Sebuah riset di Harvard pada tahun 2012 memperlihatkan bahwa orang dewasa yang hidup sendirian dan merasa kesepian memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 24 persen. Rabin mengatakan bahwa orang yang tidak mendapatkan dukungan sosial seringkali gampang stres dan hal tersebut meningkatkan risikonya untuk terserang penyakit jantung.
    3. Depresi
      Rasa kesepian rentan membuat seseorang merasa pedih hati. Semakin ia larut dalam keadaan bersedih, semakin besar juga kemungkinannya mengalami depresi. Bruce Rabin mengungkapkan bahwa keadaan kesepian memicu pengaktifan hormon otak yang berkaitan dengan stres, misalnya kortisol, sehingga sanggup menimbulkan depresi. Salah satu cara mengatasi depresi ialah dengan aktif berinteraksi sosial dengan orang lain.

    Menjomblo Terlalu Lama Rentan Meninggal Diusia Muda

    Orang yang terlalu lama menjomblo cenderung rentan meninggal muda ketimbang mereka yang berpasangan. Hal ini karena orang yang jomblo atau single identik dengan rasa kesepian. Rasa kesepian inilah yang menurut para peneliti dapat menyebabkan orang jomblo lebih rentan terserang penyakit. Menurut para peneliti, rasa kesepian dapat memicu perubahan seluler pada tubuh sehingga dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi virus penyebab beragam penyakit berbahaya.

    Orang yang merasa kesepian akan menunjukkan reaksi sel atau tanda-tanda peningkatan ekspresi gen yang terlibat dalam peradangan atau infeksi bakteri pada tubuh manusia. Menurut Cacioppo, pola perubahan ekspresi gen inilah yang dapat meningkatkan risiko kematian muda pada orang-orang yang kesepian.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 9, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Tanya dokter

  • Oleh : Taufik Hidayat
  • 5 bulan yang lalu

    Mau tanya dok. Anak bayi saya kok ada bintik putih itu kenapa ya dok..

  • Oleh : Taufik Hidayat
  • Haid berhenti tapi haid lagi

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • 3 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya 4bln yg lalu kan saya pakai kb suntik dan baru pertama kali .. sebelum kb suntik normal2 saja gitu dok mens paling lama 6-7hri satu bulan sekali.. dan teratur pd tanggal haid nya tdk pernah rubah.. setelah kb suntik haid saya ga normal dok berhenti haid itu paling 5hri lalu haid lagi sampe skrg saya pernah konsumsi juga pil kb krn saya berobat ke bidan dikasih tau harus ganti.. bbrapa kali saya ke dokter katanya itu normal .. tp saya takut sendiri gitu dok soalnya saya belum pernah kyk gni .. saya udh berentikan smua kb selama 1bln tp ttp aja saya haid .. kira2 itu kenapa ya dok dan obat apa biar bisa cepat mengatasi nya.. trimakasih dok

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • Mr.p

  • Oleh : Sandro Tobing
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamu’allaikum kak mau tanya makanan apa saja yang bisa meningkatkan Hormon dan bisa membuat ukuran mr p bertambah?

  • Oleh : Sandro Tobing
  • Tanya Bidan