×

Jomblo Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Anda Mudah Terkena Penyakit Lho

Bagikan Artikel :

Jomblo Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Anda Mudah Terkena Penyakit Lho

Menikah adalah harapan semua orang dewasa. Tapi menikah tidak semudah membalikan telapak tangan. Menikah pada jaman sekarang perlu biaya yang cukup besar, kecuali jika anda dan pasangan anda menikah sederhana. Menikah juga harus sudah memiliki pasangan, yang masih jomblo/single segera cari pasanganya karena terlalu lama menjomblo bisa mempengaruhi kesehatan baik fisik dan psikologis lho.

Related Posts :

    Dampak Buruk Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan

    1. Penurunan system kekebalan tubuh
      Kesepian menyebabkan tubuh seseorang mengalami peningkatan sel imatur atau monosit yang dapat mengganggu kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan saat terjadi sebuah infeksi bakteri pada tubuh, maka risiko tubuh mengalami penyebaran bakteri jadi lebih tinggi.
      Seseorang yang kesepian cenderung memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah. Mereka jadi lebih rentan mengalami peradangan yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung, artritis, diabetes tipe 2, serta penyakit alzheimer.
    2. Penyakit jantung
      Sebuah riset di Harvard pada tahun 2012 memperlihatkan bahwa orang dewasa yang hidup sendirian dan merasa kesepian memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 24 persen. Rabin mengatakan bahwa orang yang tidak mendapatkan dukungan sosial seringkali gampang stres dan hal tersebut meningkatkan risikonya untuk terserang penyakit jantung.
    3. Depresi
      Rasa kesepian rentan membuat seseorang merasa pedih hati. Semakin ia larut dalam keadaan bersedih, semakin besar juga kemungkinannya mengalami depresi. Bruce Rabin mengungkapkan bahwa keadaan kesepian memicu pengaktifan hormon otak yang berkaitan dengan stres, misalnya kortisol, sehingga sanggup menimbulkan depresi. Salah satu cara mengatasi depresi ialah dengan aktif berinteraksi sosial dengan orang lain.

    Menjomblo Terlalu Lama Rentan Meninggal Diusia Muda

    Orang yang terlalu lama menjomblo cenderung rentan meninggal muda ketimbang mereka yang berpasangan. Hal ini karena orang yang jomblo atau single identik dengan rasa kesepian. Rasa kesepian inilah yang menurut para peneliti dapat menyebabkan orang jomblo lebih rentan terserang penyakit. Menurut para peneliti, rasa kesepian dapat memicu perubahan seluler pada tubuh sehingga dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi virus penyebab beragam penyakit berbahaya.

    Orang yang merasa kesepian akan menunjukkan reaksi sel atau tanda-tanda peningkatan ekspresi gen yang terlibat dalam peradangan atau infeksi bakteri pada tubuh manusia. Menurut Cacioppo, pola perubahan ekspresi gen inilah yang dapat meningkatkan risiko kematian muda pada orang-orang yang kesepian.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 9, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    cara gunakan pil kb

  • Oleh : siti siti
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya punya sodara nih dia ngga mau hamil dulu apa boleh setelah berhubungan intim minum pil kb?berbahaya atau tidak? Terimakasih

    kontributor Curhat Bidan

  • Oleh : ade
  • 7 bulan yang lalu

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    BO

  • Oleh : Ochaa
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya ingin bertanya apakah setiap kehamilan BO slalu disertai perdarahan?kl tidak alasannya apa.tks

    Ledir disertai darah

  • Oleh : Nita Trisnawati
  • 3 minggu, 4 hari yang lalu

    Halo bu bidan.. Saya mengalami haid tida teratur..
    Haid bulan januari tgl 6 dan 27
    Tapi bulan februari ini terdapat lendir ada darah setitik…
    Tapi sampai tanggal 23 ini saya blum kunjung haid juga… Apakah hanya bergeser tanggal atau gimana ya bu

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan