×

Kata Siapa Wanita Yang Sedang Menstruasi Tidak Boleh Keramas ?

Bagikan Artikel :

Kata Siapa Wanita Yang Sedang Menstruasi Tidak Boleh Keramas

 

Pemahaman masyarakat mengenai larangan bahwa wanita tidak boleh keramas saat menstruasi karena akan memperparah kram menstruasi dan akan berdampak buruk perlu di luruskan. Dalam ilmu medis membersihkan tubuh harus diperhatikan terutama pada saat menstruasi.

Perlu diketahui bahwa keramas dan mandi terutama yang dilakukan dengan air hangat mampu membuat wanita menjadi lebih rileks sehingga bisa mengurangi efek nyeri dan kram saat menstruasi.

Kondisi Tubuh Saat Menstruasi

1. Imunitas akan menurun, lebih gampang terserang flu, muncul jerawat di punggung dan wajah.

2. Fluktuasi hormon juga bisa membuat suasana hati wanita menjadi mudah marah, mood-moodan, pesimis, negatif, sensitif, mudah tersinggung, juga mudah menangis.

Dengan demikian membersihkan tubuh akan membuat suasana hati lebih stabil, menghilangkan debu dan mengurangi kelenjar minyak di kulit sehingga mengurangi tumbuhnya jerawat. Selain itu jika tubuh kurang baik akibat kontraksi dan lemas maka mandi dengan air hangat dapat mengurangi rasa kram dan tekanan saat pms dan menstruasi.  Yang paling penting untuk di perhatikan saat mandi selama menstruasi adalah untuk menghindari penggunaan sabun untuk membersihkan vagina. Air hangat sudah cukup untuk membersihkannya.

Wanita Yang Sedang Menstruasi Wajib Membersihkan Tubuh Termasuk Rambut

Pernyataan mengenai larangan mencuci rambut saat mensturasi dapat membuat sakit kepala dan menggigil karena pori-pori kulit terbuka itu tidak benar. Pori-pori di permukaan kulit tubuh memang selalu dalam kondisi terbuka, karena merupakan tempat tertanamnya rambut serta saluran kelenjar keringat dan minyak.

Justru, ketika menstruasi wanita disarankan untuk tetap memperhatikan kebersihan tubuhnya, termasuk kebersihan kepala dan rambut. Apalagi, secara alami rambut akan mengeluarkan zat minyak. Sehingga, mencuci rambut dengan teratur pun sangat penting.

Jika rambut tidak dicuci maka akan terasa lengket serta berminyak dan kondisi ini bisa berdampak buruk. Misalnya menjadi timbul ketombe, kutu rambut atau gatal-gatal di kulit kepala,. Dalam kondisi suasana hati yang sensitiv saat menstruasi di tambah rasa tidak nyaman pada rambut dan kepala akan membuat tubuh terasa sangat terganggu.

Dampak Dari Tidak Mencuci Rambut Saat menstruasi

a) Kasar dan kusam

Masa haid bisa berlangsung selama 2-7 hari. Jika selama 7 hari Anda tidak keramas, maka rambut akan menjadi kasar akibat menumpuknya debu dan minyak. Kondisi ini akan menyebabkan rambut menjadi kasar dan kusam.

Related Posts :

    b) Aroma tak sedap

    Penumpukan minyak dan debu di rambut yang lama akan menimbulkan bau tidak sedap. Anda tidak ingin rambut menjadi bau akibat tidak keramas, bukan?

    c) Rambut rontok

    Rambut yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menjadi lebih rapuh, sehingga lebih mudah rontok.

    d) Kulit kepala gatal

    Tidak keramas akan membuat kulit kepala menjadi gatal, karena penumpukan minyak. Jika Anda garuk, bisa jadi kulit kepala menjadi mudah terluka.

    e) Sarang penyakit

    Setelah Anda berpergian ke tempat-tempat yang tidak terjamin kebersihannya, rambut bisa saja dihinggapi kuman atau bakteri jahat. Jika tidak keramas, maka kuman atau bakteri tersebut akan menyebabkan Anda terserang suatu penyakit.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 18, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Rasa tidak nyaman di area payudara

  • Oleh : Ana Sari
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok maaf mengganggu nama sya ana umur 20 th mau tnya dok kenapa ya akhir” ini payudara sya terasa tidak nyaman apalagi saat menggunakan bra dan pada saat sya tidur pada posisi miring itu rasa nya bagian payudara gk nyaman dan terasa sedikit panas di bagian dada dan payudara… 3 bulan nan yg lalu saya juga pernah merasakan gejala ini, tapi saat sya haid gk lama payudara sya baik seperti biasanya tapi kok itu berulang terus ya dok setelah/ sesudah haid tapi terkadang 2 bulan gk ngerasaain itu tapi nnti bakalan ada lagi rasa gk nyaman di payudara nya… Sya sudah pakai bra yg gk terlalu ketat ttp aja gk nyaman tapi pada saat sya gk pakai bra agak lebih baik tapi masih ada rasa panas di dada dan bawah payudara saar tidur.. Kira” apa penyebabnya ya dok mohon bantuan nya dok

    Agar tidak hamil.

  • Oleh : Sumarni
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Mat mlm dok.sya sdah mlahirkan anak pertama.cara agar untuk mnunda kehamilan saya,bagaimna dok

    Terkait KB IUD

  • Oleh : Musiroh Roh
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bian, saya mau bertanya apakah normal jika keputihan berwarna coklat dan terkadang nyeri di panggul. Dan bercampur darah lengket berbau amis. Dulu saya tidak pernah seperti ini namun setelah memakai KB IUD organ vagina saya tidak nyaman, tolong dijawab yaa bu bidan
    Wassalamu’alaikum

  • Oleh : Musiroh Roh
  • promil

  • Oleh : leni septiani
  • 2 tahun yang lalu

    saya mau tanya .. awal nikah saya KB dulu suntik 1 bulan 6x .. apakah itu terlalu lama atau tidak ???
    skg mei masih dapat haid .. :(( pengen cepet punya anak bu

    Gelembung/kantong

  • Oleh : Dewi Gita
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok, knpa di vagina saya kalau lubangnya di buka trlihat ada seperti gelembung yg isi cairan dok?

  • Oleh : Dewi Gita
  • Tanya Bidan