×

Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Bagikan Artikel :

Hamil kosong atau hamil anggur terjadi ketika ada sebuah sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma dan menempel dalam dinding rahim, namun embrio tersebut ternyata tidak berkembang. Sel yang sudah dibuahi memang akan membentuk kantung kehamilan namun embrio sama sekali tidak terbentuk atau janin tidak berkembang. Untuk memastikan kehamilan ini dibutuhkan pemeriksaan melalui USG kehamilan pada trimester pertama. Karena, gejala kehamilan kosong hampir menyerupai dengan kehamilan normal. Maka dari itu, mari kita kenali gejala dan penyebab terjadinya kehamilan kosong.

Kenali Gejala dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Kehamilan kosong bisa terjadi diakibatkan oleh sebuah tanda ketia tubuh ibu mengenali ada bagian kromosom yang tidak dikenali atau tidak normal berkembang pada janin dan secara alami. Maka tubuh ibu merespon dengan tidak melanjutkan proses perkembangan janin. Karena itu, tubuh menolak kromosom yang tidak normal yang bahkan tidak akan mampu berkembang menjadi janin yang sehat.

Selain itu, yang menjadi penyebab awal dari kehamilan kosong terjadi ketika ada sel membelah secara tidak sempurna akibat kualitas sel sperma dan sel telur yang buruk. Kehamilan kosong juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari suami dan istri.

Adapun gejala-gejala yang dialami oleh ibu hamil anggur yaitu:

Related Posts :

    Terlambat menstruasi
    Seperti yang telah dibilang sebelumnya, proses kehamilan anggur hampir sama yaitu melewati proses sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. Tahap awal ini akan membuat ibu merasa benar-benar hamil.

    Tes urin positif
    Memang ketika pada tahap awal kehamilan kosong sel telur yang dibuahi oleh sel sperma juga menempel pada dinding rahim. Tahap ini akan menunjukkan jika tubuh ibu bersiap untuk menyambut perkembangan janin. Dan tentu saja tingkat HCG dalam urin ataupun darah juga tinggi seperti hamil yang nyata. Namun meski demikian, belum tentu menunjukkan positif jika dilakukan tes darah saat masa kehamilan tersebut.

    Perut kembung
    Ini sudah menjadi ciri-ciri fisik bagi ibu hamil yang menandakan pertumbuhan embrio dalam rahim membesar. Dan ternyata perut kembung juga dialami oleh ibu yang mengalami hamil anggur.

    Sakit dada
    Sakit dada berhubungan dengan tingkat oksigen yang rendah dalam tubuh ibu dan reaksi akibat proses pembuahan dari sel telur dan sel sperma namun sebenarnya gagal berkembang.

    Morning sickness
    Penyebab morning sickness bisa terjadi akibat kenaikan progesteron tinggi dalam tubuh. Dan inilah yang menjadi perbedaan mual hamil atau maag yang membuat ibu terkena kehamilan kosong tidak peka.

    Sakit kepala
    Sebagian ibu sering menganggap jika sakit kepala disebabkan oleh tubuh yang bersiap untuk menyambut bayi, perubahan hormon dan kelelahan. Namun kehamilan kosong sering menyebabkan rasa sakit kepala yang lebih berat dibandingkan kehamilan yang sebenarnya

    Perasaan janin dalam rahim
    Hal ini juga menjadi salah satu gejala dari kehamilan anggur. Umumnya ibu hamil memang memiliki naluri atau perasaan yang sangat kuat. Termasuk saat merasa hamil dan sudah merasakan tanda yang nyata. Namun, hal ini juga ternyata bisa menjadi kehamilan anggur.

    Terdapat kantung ketuban
    pada pemeriksaan USG yang dilakukan di minggu ke 7, maka kantung ketuban akan terbentuk sempurna dan sama sekali tidak ada embrio yang berkembang. Jika dokter tahu dengan hasil pemeriksaan ini maka biasanya dokter akan memberitahu kepada ibu dan memberikan saran untuk menghadapi kehamilan kosong.

    Terjadi kram perut
    Pada kehamilan kosong memang sel telur benar-benar menempel pada dinding rahim. Kemudian juga menekan rahim sehingga sering menyebabkan rasa nyeri atau kram pada perut bawah. Namun kram harus diwaspadai karena kehamilan kosong sering menyebabkan kram yang disertai dengan bercak coklat atau merah dari vagina.

    Pendarahan berat
    Tidak ada waktu yang pasti kapan pendarahan akan terjadi, bahkan ibu sering menganggap pendarahan tersebut adalah menstruasi. Namun ketika pendarahan menjadi berat dan lama maka itu bukan tanda menstruasi sebab bisa jadi tanda-tanda keguguran.

    Nah itulah beberapa gejala dan penyebab terjadinya kehamilan kosong atau anggur. Meski demikian, ada juga beberapa kehamilan anggur yang tidak disertai dengan berbagai tanda yang berat. Sehingga ibu menganggapnya sebagai hal biasa. Selalu perhatikan setiap perkembangan kehamilan Anda ke bidan untuk berkonsultasi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 14, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bingung hamil atau tidak

  • Oleh : Canti Cintia
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan. Saya mau nanya. Saya udah 6 lebih ngga haid. Saya tes hasilnya negatif terus. Saya usg di bidan juga samar2 bidannya gk mau mesmastikan entah itu apa katanya bukan kista bukan penggumpalan darah dan bukan penebalan dinding rahim. Saya binggung soalnya udah pindah2 bidan katanya juga ga hamil tp perut saya makin membesar sekarang kaki bengkak. Pas 4 bulan sering kedutan. perut saya sekarang beda lagi rasanya lebih kayak gerakan. Kadang suka kenceng. Itu knp ya bu soalnya kalo kata tukang urut saya memang hamil tp kok gitu ya

  • Oleh : Canti Cintia
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sminggu sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • Benjola di vagina

  • Oleh : Rona dwi Arifaa
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya saya ada benjolan didekat bibir vagina saya,rasanya nyeri saat jalan dan saat duduk. Sudah 6 hari saya belom meriksaa dan benjolan semakin membesar. Bagaimana cara mengatasinya dan apa nama penyakit dan penyebabnya. Tolong dijawab

    Haid tidak teratur.

  • Oleh : Okta Viani
  • 2 tahun yang lalu

    Malam bu, kenapa setelah pasang dan lepas kb iud haid sy jd tidak teratur?
    Sebelum nya tanggal 1 april sampai tanggal 2 saya sdh haid . Tanggal 3 4 5 itu haidnya sudah berenti nah tanggal 6 7 8 9 haid lagi dan tanggal 10 – 12 keluar flek coklat hingga bersih.
    Tanggal 13 pagi sampai sore celana dalam saya bersih tidak ada bercak sedikitpun nah saya berhubungan intim di malam hari tapi keluar darah segar , dan sekarang darah nya tidak keluar lagi . Itu kenapa ya bu ?

    Tanya Bidan