×

Kenali Kiat Untuk Melahirkan Normal Tanpa Jahitan Vagina

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Melahirkan secara normal merupakan dambaan untuk setiap ibu. Namun tetap saja rasa takut dari melahikan normal seperti dilakukannya jahitan pada vagina tetap menghantui, terlebih bagi ibu yang sebelumnya belum pernah melahirkan. Lantas bagaimana kiat supaya ibu melahirkan secara normal tanpa dilakukannya sebuah tindakan episiotomi atau jahitan ? Pada dasarnya memang proses melahirkan secara normal, dokterk akan melakukan episiotomi, yaitu dilakukan pengguntingan yang dilakukan guna melebarkan proses jalan bayi. Meskipun hal ini bermanfaat, namun tindakan itu bisa menimbulkan rasa nyeri usaianda bersalin.
Kenali Kiat Untuk Melahirkan Normal Tanpa Jahitan Vagina


Dan yang menjadi pertanyaan setiap ibu adalah dapatkan ibu melahirkan normal tanpa harus melakukan proses jahitan atau episiotomi, maka berikut ini cara yang dilakukannya:

  1. Yakinkan Diri
    Untuk tindakan pertama yang sebaiknya ibu lakukan adalah dengan meyakinkan diri, proses persalinan ini akan berjalan dengan baik. Dengan kemampuan diri anda dalam menjalani proses normal merupakan salah satu modal awal guna memasuki persalinan secara normal tanpa jahitan.
  2. Pilih Tempat untuk Bersalinan yang Nyaman
    Dalam pemilihan tempat yang nyaman merupakan salah satu faktor guna mendapatkan proses persalinan normal tanpa dilakukan penjahitan, meskipun semua hal ini kembali juga pada kondisi kesehatan anda dan juga janin, akan tetapi bantuan dari tempat yang nyaman bisa membuat anda rilek dalam menjalani persalinan. Maka pilihlah tenpat yang memungkinkan anda bisa bergerak dengan bebas misalnya tempat tidur yang tidak terlelu sempit, serta suasana yang tidak terlalu ramai, supaya tidak memicu kecemasan yang berlebih yang bisa mengganggu proses persalinan.

  3. Menghindari Kelelahan Saat Mendekati Persalinan
    Salah satu hal yang menjadikan teknik penjahitan ini dilakukan adalah adanya gangguan pada ibu hamil, dan gangguan tersebut baik dilakukan secara ringan ataupun berat. Gangguan ringan misalnya akibat kelelahan bisa menjadi salah satu alasan dilakukannya pengguntingan atau robekan, maka dari itu hindari aktifitas yang berlebihan ketika anda memasuki bulan akhir kehamilan. Ada baiknya gunakan waktu untuk beristirahat yang cukup dan menjaga asupan nutrisi dengan makanan yang mempunyai kalori untuk energi menjelang persalinan.
  4. Melakukan Gerakan Ringan Guna Melatih Otot
    Gerakan ringan yang umum untuk dilakukan pada trisemester yaitu dengan gerakan kepala, dahi, dan hidung sehingga mampu menyentuh lantai begitu juga dengan tangan, lutut, dan jari jari kaki yang bisa ikut menyentuh lantai. Gerakan ini membantu bayi anda untuk memasuki posisi terbaik dan bantu mendorong bayi sehingga bisa meminimalisir keadaan sungsang ketika melahirkan.

    Tidak hanya itu ibu juga bisa mengelola posisi lainnya seperti melakukan aktifitas rumah dan juga berjalan sebanyak yang Anda sanggup.

    Related Posts :
    • Alpukat dan MInyak Zaitun
      Ibu bisa mengkonsumsi beberapa buah buahan seperti alpukat atau minyak zaitun guna membantu peregangan kulit dari dalam. Konsumsi teh daun raspberry juga selama trisemester terakhir 2 cangkir untuk setiap harinya, maka hal ini bisa membuat proses persalinan anda terbantu dengan dihadirkannya kontraksi yang lebih produktif.
    • Diusahakan Jangan Mengangkat Bokong
      Mengangkat pantat anda ketika proses persalinan akan menyebabkan terjadinya robekan jalan lahir bayi yang lebih luas. Maka hal ini disebabkan oleh bokong yang terangkat, kemudian mengakibatkan tidak adanya penyangga yang akan menyebabkan otot mudah terkoyak .

    Nah itulah beberapa kiat yang ibu lakukan untuk bantu menghindari terjadinya proses penjahitan pada vaginam semoga informasi kali ini bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  5. Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 25, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bahayakan minum vitamin B kompleks saat hamil?

  6. Oleh : Diranan
  7. 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

    Masalah lepas KB

  8. Oleh : Ummi zulfa Ummi zulfa
  9. 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Maf sebelum nya saya mau tanya ..saya harus nya KB 3 bulan . Itu bulan Juli .nah gara2 ada pendemi jadi semua Bidan tutup .jadi saya nggk suntik lepas KB .tapi Uda bulan Januari 2011 sekarang saya belum haid juga . Tapi pas di tes nggk hamil . Saya harus gimana Bu ..saya cemas sekali .gimana bisa hed lagi nya

  10. Oleh : Ummi zulfa Ummi zulfa
  11. Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  12. Oleh : Marini Sjola Manoppo
  13. 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Masalah keputihan

  14. Oleh : Ahmad Ahmad
  15. 7 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanyak pasangan saya mengalami keputihan kayak air gitu terus gk haid² dia nya terlambat 3 minggu

  16. Oleh : Ahmad Ahmad
  17. Rasa ganggu miss v pada wanita

  18. Oleh : MEGA JULIANTI MANULANG
  19. 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya bunda Mega mau tanya soal ganguan yg saya alami sekarang.
    Sebelumnya saya sudah terlambat haid selama 38hari dan setiap akhir bulan biasanya siklus mens lancar hanya terkadang tanggalnya yg selalu acak, terakhir saya menstuasi bulan februari bu bidan.
    Tapi kenapa yaa bu miss v sering terasa seperti nyeri mau mens tapi bukan mens hanya kadang² keputihan biasa bu bidan.
    Waktu kemaren saya Minggu tgl 3 mei 2020 saya mengalami keram karena salah asumsi makanan, saya setelah buka puasa makan pedas habis itu saya minum susu, lambung nyeri, dan bagian bawah perut yg teramat sakit, saya mau perikasakan diri tapi berhubung wabah virus covid-19 jadi takut kerumah sakit bu bidan.
    Kiranya saya kenapa yaa bu bidan?

    Tanya Bidan