×

Obat Alami Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Bagikan Artikel :

Para wanita sering mengeluhkan sakit saat kencing dan kencing secara terus-menerus dalam sehari dengan urin yang tampak keruh bahkan seperti warna darah ?  Atau selalu merasakan sakit saat hubungan seksual dengan suami ? Kemungkinan besar mereka atau anda mengalami masalah infeksi saluran kencing, yang dikatakan bisa menyerang setiap wanita, minimal sekali seumur hidup.

Infeksi saluran kencing  (ISK) merupakan salah satu gangguan kesehatan akibat masuk dan berkembangnya bakteri di dalam kandung kemih maupun saluran kemih/kencing, dan lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan ukuran uretra wanita lebih pendek ketimbang yang dimiliki pria, sehingga bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam kandung kemih wanita, terutama bakteri Staphylococcus dan Escherichia coli. Di samping itu, lubang luar uretra wanita berada di posisi yang cenderung dekat dengan vagina maupun anus. Dan kemudian bisa menimbulkan risiko kemungkinan infeksi saluran kencing pada wanita yang lebih besar.

Infeksi saluran kencing pada wanita juga bisa disebabkan oleh sering menahan kencing, aktivitas seksual yang tak sehat, kurangnya menjaga kebersihan organ kewanitaan, penyakit tertentu yang berefek pada saluran kencing, serta penyalahgunaan alkohol.

Mengingat bagaimana rasa sakit dan dampak lebih lanjut dari infeksi saluran kencing pada wanita, dengan cepat dan tepat anda harus bisa mendapatkan solusi untuk melenyapkan masalah kesehatan yang satu ini. Nah, Bidan Online pun akan memberikan beberapa tips yang cukup populer di kalangan masyarakat terdahulu mengenai obat alami infeksi saluran kencing pada wanita berikut ini.

Obat Alami Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

1. Mentimun

Mentimun yang biasa menjadi lalapan pelengkap menu makan siang anda, ternyata memiliki manfaat untuk membantu masalah infeksi saluran kencing. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki banyak kandungan gel alami serta air dan beberapa nutrisi penting seperti Vitamin C, Mineral, maupun Serat. Dengan mengonsumsi mentimun secara teratur, memberikan dampak positif dengan melancarkan kencing seperti mengurangi rasa panas saat kencing.

2. Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki sifat diuretik, artinya ia bisa membantu anda melancarkan kencing di setiap hari dalam batas normal dengan membunuh dan mengeluarkan bakteri melalui urin. Dengan konsumsi jus seledri yang masih segar, masalah infeksi saluran kencing pada kesehatan wanita bisa terpecahkan.

3. Jahe

Jahe memiliki kandungan zat penting “gingerol” yang mampu melawan bakteri dalam saluran kemih maupun ginjal penyebab utama masalah infeksi ini. Dengan konsumsi wedang jahe setiap hari, di pagi dan malam hari, masalah ISK anda bisa teratasi dengan baik.

4. Kunyit

Bukan hanya mampu mengatasi masalah lambung dan liver, Curcumin dalam kunyit yang bersifat anti-inflamasi, anti-bakteri, serta anti-jamur ini bisa membantu para wanita yang memiliki masalah infeksi saluran kencing. Prosesnya, tentu terletak pada 3 kemampuan tersebut dalam menyerang semua jenis mikroba yang menyebabkan gangguan saluran kemih.

Related Posts :

    5. Daun kumis kucing

    Kumis kucing menjadi tanaman herbal atau tanaman obat ternama dalam membantu anda mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan, terutama masalah infeksi saluran kencing seperti ini. Caranya, anda hanya perlu merebus 10 lembar daun ini dengan air secukupnya. Diamkan dalam waktu beberapa menit, lalu angkat. Minumlah selagi masih hangat, 2 kali sehari. Dalam sekalinya konsumsi, cukup setengah gelas saja.

    6. Lidah buaya

    Lidah buaya yang selama ini kita ketahui untuk mempercantik kulit dan rambut, ternyata juga bisa dimanfaatkan dalam membantu proses penyembuhan infeksi saluran kencing. Dikarenakan lidah buaya mampu melenyapkan serta mengeluarkan racun dari tubuh melalui proses pembersihan yang cukup efektif. Caranya, cukup dengan konsumsi jus lidah buaya di setiap pagi dan malam hari.

    7. Cranberry

    Salah satu keluarga berry yang satu ini memiliki kemampuan dalam meningatkan nilai keasaman tubuh yang nantinya akan berdampak pada penumpasan bakteri penyebab infeksi ginjal atau saluran kemih.

    8. Jeruk

    Seperti buah cranberry, jeruk mampu membantu meningkatkan keasaman ginjal berkat kandungan Vitamin C yang tinggi. Tingkat keasaman yang cukup tinggi inilah yang bisa menghambat perkembang biakan bakteri dalam ginjal maupun kandung kemih. Memperbanyak asupan Vitamin C setiap hari, sangat dianjurkan pada anda yang mengalami infeksi saluran kencing dan infeksi ginjal.

    9. Cuka sari apel dan madu

    Kedua bahan ini bisa menjadi kombinasi yang efektif dalam membantu masalah ISK. Caranya, campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan cuka sari apel. Anda harus mengonsumsinya setiap hari untuk membantu mendapatkan kesembuhan yang optimal.

    10. Probiotik

    Probiotik dikenal dalam memusnahkan bakteri jahat dan mengembalikan bakteri baik dalam usus. Dan ternyata, fungsinya inipun akan dirasakan oleh ginjal anda. Riset menunjukkan bahwa bakteri baik dalam usus bukan hanya bisa melancarkan dan menyehatkan pencernaan saja, namun juga bisa mendukung aktifitas pembuangan seperti kencing melalui kesehatan ginjal dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

    Itulah 10 Obat Alami Infeksi Saluran Kencing pada Wanita yang bisa anda pilih salah satunya, dan konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih dalam sehari-hari pun memberikan pengaruh yang cukup besar untuk masalah pembuangan (kencing) untuk ikut mendorong pengeluaran zat berbahaya bersama urin. Sebaiknya anda usahakan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 23, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Keluar daraha bnyak setelah berhubungan

  • Oleh : Darin Darina
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya gak lagi haid taoi pas sesudah berhubungan begitu d lepas banyak keluar darah . Malah serti kagi haid ada gumpalan nya sesudah itu juga keluar lagi seperti haid biasa nya. Itu kenapa yaa

  • Oleh : Darin Darina
  • Ginekomastia

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamuallaikum, saya mau tanya cara agar memperkecil payudara pada pria yg terkana ginekomastia gimna ya dok? Saya resah bgt
    Saya tunggu jawaban nya ya dok, terima kasih

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Tanya Bidan