×

Payudara Rata ? Atau Kendor ? Ini Nih Solusinya

Bagikan Artikel :

Payudara Rata ? Atau Kendor ? Ini Nih Solusinya

Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi sorotan bagi kaum wanita. Banyak sekali wanita yang mengeluh dengan bentuk payudaranya sehingga tidak jarang wanita melakukan berbagai cara agar bentuk payudaranya indah sesuai dengan yang diharapkan.

Bentuk Payudara Yang Menjadi Masalah Kaum Wanita

  1. Kecil atau bahkan rata
    Keluhan payudara ini biasanya dialami oleh wanita yang berbadan kurus/dibawah ideal. Payudara yang kecil ini juga biasanya terjadi karena faktor genetik.
  2. Kendor
    Untuk payudara kendor ini terjadi pada wanita yang berusia di atas 35 tahun, tapi bisa juga terjadi pada wanita gemuk dan jarang berolahraga.

Bentuk Dan Ukuran Payudara Dipengaruhi Oleh Beberapa Hal

  1. Faktor genetic
  2. Nutrisi
  3. Faktor hormonal
  4. Usia
  5. Riwayat kehamilan dan menyusui
  6. Kondisi medis tertentu seperti riwayat operasi payudara, trauma payudara, tumor payudara, dsb

Cara Untuk Membesarkan Payudara

  1. Operasi
    Operasi augmentasi payudara yang biasanya dilakukan dengan implan payudara atau transfer lemak. Selain untuk mengangkat payudara (mastektomi) dan merekonstruksi bentuk payudara, operasi implan payudara umumnya dilakukan untuk memperbesar ukuran payudara.
    Tiap jenis implan punya kekurangan dan kelebihan. Implan dapat bertahan hingga 10 – 15 tahun. Implan umumnya ditempatkan di antara otot dada dan jaringan payudara. Operasi ini umumnya tergolong aman jika dilakukan oleh dokter bedah yang berpengalaman. Meski demikian, implan payudara berpotensi mengandung risiko, seperti pendarahan dan infeksi, jaringan payudara yang mengerut di sekitar implan, kebocoran implan, dan bekas luka sayatan pada payudara.
  2. Suplemen
    Konsumsi suplemen pembesar payudara yang mengandung hormon sintetik dan bahan tertentu. Penambahan hormon seperti estrogen atau insulin-like growth factor 1 (IGF-1) diklaim dapat mempengaruhi ukuran payudara. Meski begitu belum ada bukti yang cukup untuk menunjukkan efektivitas suplemen ini terhadap ukuran payudara. Bahkan penelitian menemukan bahwa beberapa kandungan bahan di dalamnya dapat berbahaya bagi manusia, seperti mengurangi tingkat kesuburan, memicu kanker payudara, hingga menimbulkan kerusakan organ hati.
  3. Krim oles
    Penggunaan krim atau obat herbal yang dioleskan pada kulit payudara. Seperti metode sebelumnya, belum ada penelitian yang dapat membuktikan efektivitas krim ini terhadap ukuran payudara. Efek sampingnya pun dapat beragam pada masing-masing orang, tergantung jenis kandungan di dalam krim.
  4. Olahraga
    Olahraga dengan gerakan tertentu dapat memperkuat otot dada sehingga dapat mengangkat dan memperbaiki postur payudara sehingga menjadi lebih ideal. Anda dapat memilih olahraga yang banyak melibatkan otot dada, seperti berenang, tenis, atau basket. Bahkan kegiatan sehari-hari pada biasanya, seperti mendorong keranjang belanjaan dan menggendong bayi sebenarnya juga dapat menjadi aktivitas yang bermanfaat untuk membesarkan payudara. Olah raga yang efektif membesarkan ukuran payudara di antaanya push-up, bantuan dumbbell, senam, berenang, cardio dll.
    Jika dilakukan secara berhati-hati dan teratur, olahraga merupakan cara yang paling sehat dan bermanfaat dalam jangka panjang untuk membesarkan payudara. Selain membesarkan, cara ini juga dapat dilakukan oleh ibu-ibu pascahamil dan menyusui, terutama yang merasakan payudaranya mengendur.
  5. Meningkatkan berat badan
    Jika berat badan wanita tersebut memang kurus atau jauh dibawah ideal maka tentu saja payudara yang dimiliki akan kecil, namun jika berat badan ideal tentu payudara akan membesar volumenya

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 6, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang vagina

  • Oleh : Nur Halimah
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya sering merasa linu bagian ujung dalam vagina saat berhubungan intim dengan suami saya dan sperma selalu keluar dan tidak pernah membuahkan hasil yang saya inginkan yaitu hamil saya coba cek sendiri mengetes pakai tangan saya sendiri pas saya pegang di dalam vagina saya ada benjolan keras yang bila di pegang terasa linu yang sangat dahsyat tambah lagi saya juga keputihan tidak Normal dok mohon beri penjelasan dan bagaimana cara mengatasi nya dok terimakasih

  • Oleh : Nur Halimah
  • apakah benar kontraksi palsu?

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

    Haid lebih dari 7 hari

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya haid biasa nya cuman 7 hari tapi bulan ini saya tidak biasa nya haid lebih dari 7 hari saya ingin bertanya apakah haid yang lama bisa menyebabkan penyakit? Mohon jawaban nya terimkasih

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 6 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Apa saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. BulN 3 tgl 11 12 26 syg berhubung intim tapi menggunakan pil kb sekali minum.dan Sampek bulan 4 syg bm m. Tgl 3 BulN 4 aku test garis dua apa saya hamil

  • Oleh : Desy Silvy
  • Tanya Bidan