×

Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Bagikan Artikel :

Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan TuaBidan Online,- Siapa yang tidak bahagia saat memasuki masa hamil apalagi untuk pasangan yang sudah sejak lama menunggu kedatangan buah hati. Banyak faktor yang harus di persiapkan untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin, karena memang kondisi wanita hamil akan berbeda dengan wanita lainnya. Mulai dari kondisi kesehatan, asupan makanan, hingga faktor psikologis ibu hamil harus di jaga karena jika tidak akan berimbas buruk pada perkembangan janin dalam kandungan. Istirahat yang cukup dengan mengurangi kegiatan berat pun sangat di sarankan bagi ibu hamil. Duduk santai sambil mengkonsumsi camilan sehat sangat bagus untuk ibu hamil, namun terkadang ibu hamil tidak memperhatikan posisi duduk yang benar. Faktanya ada beberapa posisi duduk berbahaya bagi ibu hamil yang harus dihindari apa saja? simak ulasannya berikut ini.

Banyak ibu hamil yang tidak sadar jika posisi duduknya bisa berbahaya bagi kehamilan, tidak jarang ibu hamil duduk membungkuk. Tahukah anda jika posisi duduk ini tidak bagi kesehatan dapat menyebabkan ketegangan serta penurunan fungsi pada sumsum tulang belakang. Lalu apa pengaruhnya bagi kehamilan? posisi duduk membungkuk dapat menyebabkan penekanan pada rahim sehingga akan sangat berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Selain posisi duduk membungkuk, ibu hamil juga sering duduk dengan posisi kaki menggantung. Bukan tanpa alasan nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan meningkatkan sirkulasi darah di kaki yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil. Posisi duduk berbahaya selanjutnya yaitu duduk setengah duduk dan setengah tidur biasanya sering di lakukan saat menonton TV. Nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan penekanan pada rahim, tulang punggung, juga tidak baik bagi kesehatan tulang punggung. Jika terus dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering ibu hamil dapat merasakan dampaknya seperti pegal-pegal, nyeri, juga kebas di area punggung.

Nah ada lagi ibu hamil yang sering kali duduk tanpa menggunakan sandaran. Sandaran kursi yang empuk tentunya dapat memberikan kenyamanan di tulang punggung ibu hamil. Bayangkan saja jika ibu hamil duduk dengan posisi tanpa menggunakan sandaran maka bisa menyebabkan ketegangan di tulang punggung semakin buruk.

Posisi duduk mendongak kedepan pun nyatanya berbahaya bagi ibu hamil. Jika dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering maka bisa menyebabkan tekanan pada janin akibat tulang rusuk ibu sekaligus berbahaya bagi kehamilan. Bahkan para ahli menyebutkan jika posisi duduk mendongkak kedepan dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah yang tentunya berakibat fatal pada asupan nutrisi juga oksigen ke janin.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

Related Posts :

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 26, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    tumor FAM

  • Oleh : silvi ana azizah
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    halo dok, mau tanya sepertinya saya ada tumor FAM, Ciri-ciri nya payudara sebelah kiri atas ada benjolan ngga sakit bisa digeser, apakah bisa sembuh tanpa operasi dok? posisi saya lagi hamil 6bulan
    mohon bantuannya dok, terimakasih.

  • Oleh : silvi ana azizah
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Persalinan Yang Di Lakukan Di Dalam Air

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Masalah vagina

  • Oleh : Anda Ari
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Saya mau bertanya pada saat saya melakukan olah raga seperti kegel atau peregangan mengangkat kaki ada bunyi sprti bunyi becek dan queefing. Saya sdh mnikah dan berumur 28. Apakah itu tanda penyakit?
    Karena saya merasa vagina saya jga sll becek. Bagaimana mengobatinya bu? Makasiih

    Tanya Bidan