×

Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Bagikan Artikel :

Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan TuaBidan Online,- Siapa yang tidak bahagia saat memasuki masa hamil apalagi untuk pasangan yang sudah sejak lama menunggu kedatangan buah hati. Banyak faktor yang harus di persiapkan untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin, karena memang kondisi wanita hamil akan berbeda dengan wanita lainnya. Mulai dari kondisi kesehatan, asupan makanan, hingga faktor psikologis ibu hamil harus di jaga karena jika tidak akan berimbas buruk pada perkembangan janin dalam kandungan. Istirahat yang cukup dengan mengurangi kegiatan berat pun sangat di sarankan bagi ibu hamil. Duduk santai sambil mengkonsumsi camilan sehat sangat bagus untuk ibu hamil, namun terkadang ibu hamil tidak memperhatikan posisi duduk yang benar. Faktanya ada beberapa posisi duduk berbahaya bagi ibu hamil yang harus dihindari apa saja? simak ulasannya berikut ini.

Banyak ibu hamil yang tidak sadar jika posisi duduknya bisa berbahaya bagi kehamilan, tidak jarang ibu hamil duduk membungkuk. Tahukah anda jika posisi duduk ini tidak bagi kesehatan dapat menyebabkan ketegangan serta penurunan fungsi pada sumsum tulang belakang. Lalu apa pengaruhnya bagi kehamilan? posisi duduk membungkuk dapat menyebabkan penekanan pada rahim sehingga akan sangat berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Related Posts :

    Selain posisi duduk membungkuk, ibu hamil juga sering duduk dengan posisi kaki menggantung. Bukan tanpa alasan nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan meningkatkan sirkulasi darah di kaki yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil. Posisi duduk berbahaya selanjutnya yaitu duduk setengah duduk dan setengah tidur biasanya sering di lakukan saat menonton TV. Nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan penekanan pada rahim, tulang punggung, juga tidak baik bagi kesehatan tulang punggung. Jika terus dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering ibu hamil dapat merasakan dampaknya seperti pegal-pegal, nyeri, juga kebas di area punggung.

    Nah ada lagi ibu hamil yang sering kali duduk tanpa menggunakan sandaran. Sandaran kursi yang empuk tentunya dapat memberikan kenyamanan di tulang punggung ibu hamil. Bayangkan saja jika ibu hamil duduk dengan posisi tanpa menggunakan sandaran maka bisa menyebabkan ketegangan di tulang punggung semakin buruk.

    Posisi duduk mendongak kedepan pun nyatanya berbahaya bagi ibu hamil. Jika dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering maka bisa menyebabkan tekanan pada janin akibat tulang rusuk ibu sekaligus berbahaya bagi kehamilan. Bahkan para ahli menyebutkan jika posisi duduk mendongkak kedepan dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah yang tentunya berakibat fatal pada asupan nutrisi juga oksigen ke janin.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 26, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    kontributor Curhat Bidan

  • Oleh : ade
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 4 tahun, 12 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Benjolan belakang telinga

  • Oleh : Amirul Huda
  • 4 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok saya mengalami benjolan di belakang telinga dok yang besar terkadang mengecil dan terkadang membesar dan terasa sakit cara menyembuhkannya bagai mana dok? Saat benjolan mengecil menjadi keras dok

  • Oleh : Amirul Huda
  • Persalinan Caesar

  • Oleh : Day
  • 5 tahun yang lalu

    Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

    Tanya Bidan