×

Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Bagikan Artikel :

Posisi Duduk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda dan TuaBidan Online,- Siapa yang tidak bahagia saat memasuki masa hamil apalagi untuk pasangan yang sudah sejak lama menunggu kedatangan buah hati. Banyak faktor yang harus di persiapkan untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin, karena memang kondisi wanita hamil akan berbeda dengan wanita lainnya. Mulai dari kondisi kesehatan, asupan makanan, hingga faktor psikologis ibu hamil harus di jaga karena jika tidak akan berimbas buruk pada perkembangan janin dalam kandungan. Istirahat yang cukup dengan mengurangi kegiatan berat pun sangat di sarankan bagi ibu hamil. Duduk santai sambil mengkonsumsi camilan sehat sangat bagus untuk ibu hamil, namun terkadang ibu hamil tidak memperhatikan posisi duduk yang benar. Faktanya ada beberapa posisi duduk berbahaya bagi ibu hamil yang harus dihindari apa saja? simak ulasannya berikut ini.

Banyak ibu hamil yang tidak sadar jika posisi duduknya bisa berbahaya bagi kehamilan, tidak jarang ibu hamil duduk membungkuk. Tahukah anda jika posisi duduk ini tidak bagi kesehatan dapat menyebabkan ketegangan serta penurunan fungsi pada sumsum tulang belakang. Lalu apa pengaruhnya bagi kehamilan? posisi duduk membungkuk dapat menyebabkan penekanan pada rahim sehingga akan sangat berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Selain posisi duduk membungkuk, ibu hamil juga sering duduk dengan posisi kaki menggantung. Bukan tanpa alasan nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan meningkatkan sirkulasi darah di kaki yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil. Posisi duduk berbahaya selanjutnya yaitu duduk setengah duduk dan setengah tidur biasanya sering di lakukan saat menonton TV. Nyatanya posisi duduk tersebut dapat menyebabkan penekanan pada rahim, tulang punggung, juga tidak baik bagi kesehatan tulang punggung. Jika terus dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering ibu hamil dapat merasakan dampaknya seperti pegal-pegal, nyeri, juga kebas di area punggung.

Related Posts :

    Nah ada lagi ibu hamil yang sering kali duduk tanpa menggunakan sandaran. Sandaran kursi yang empuk tentunya dapat memberikan kenyamanan di tulang punggung ibu hamil. Bayangkan saja jika ibu hamil duduk dengan posisi tanpa menggunakan sandaran maka bisa menyebabkan ketegangan di tulang punggung semakin buruk.

    Posisi duduk mendongak kedepan pun nyatanya berbahaya bagi ibu hamil. Jika dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering maka bisa menyebabkan tekanan pada janin akibat tulang rusuk ibu sekaligus berbahaya bagi kehamilan. Bahkan para ahli menyebutkan jika posisi duduk mendongkak kedepan dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah yang tentunya berakibat fatal pada asupan nutrisi juga oksigen ke janin.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 26, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    mengatasi stres

  • Oleh : hayleyfrench7
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    Nyeri Pada Payudara

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • 5 bulan yang lalu

    Dok mau tanya terkait nyeri pada panyudara, saya sudah mengalami beberapa hari ini diluar siklus mensturasi, nyerinya kadang-kadang muncul tapi kadang – kadang tidak, itu disebabkan kenapa ya dok?

    Mohon untuk dijelaskan terkait benjolan pada payudara itu maksudnya apakah timbul seperti bisul atau habis terkena gigitan atau seperti apa ya dok yang dimaksud benjolan?

    Terimakasih

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Tanya Bidan