×

Selain Gak Sopan, Minum Sambil Berdiri Juga Kurang Sehat Lho!

Bagikan Artikel :

Selain Gak Sopan, Minum Sambil Berdiri Juga Kurang Sehat Lho!

Minum sambil berdiri selain kurang sopan ternyata bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan lho! Pasti gak nyangka kan? Padahal ini adalah hal yang spele.

Dilihat dari sisi kesehatan, minum sambil duduk adalah posisi paling aman. Alasannya, ketika duduk, saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima cairan yang masuk dalam tubuh. Selain itu jika terlalu sering minum sambil berdiri, tubuh manusia berpotensi mengalami beberapa penyakit yang cukup berbahaya berbahaya.

Akibat Minum Sambil Berdiri

  1. Sakit perut
    Saat minum sambil berdiri, tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut. Kondisi tersebut bisa mempersulit proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan. Sehingga akan membuat rasa nyeri di bagian perut.
  2. Asam lambung
    Minum dalam posisi berdiri akan membuat lambung terkena dampak tidak baik. Asam lambung akan naik karena tekanan air yang diminum saat berdiri bisa mengejutkan saluran (spincter) yang menuju ke lambung. Akibatnya asam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut. Selain itu, minum berdiri bisa mengikis dinding lambung. Padahal, lambung adalah bagian penting pada sistem pencernaan dan jika lambung terganggu maka akan membahayakan sistem pencernaan lain.
  3. Ginjal Terganggu
    Akibat fatal lainnya dari kebiasaan minum sambil berdiri adalah terganggunya ginjal. Minum dengan posisi berdiri menyebabkan penyaringan tidak sempurna dan menganggu kerja ginjal.
  4. Tegang pada Saraf
    Dampak lainnya saat minum sambil berdiri yaitu tegannya urat saraf. Saat kita beridiri, system urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Namun kalau kita minum saat duduk bisa mengaktifkan system saraf parasimpatik yang menegaskan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

Jika Tidak Ada Tempat Duduk

Minum air tentu baik untuk kesehatan tubuh kita, tapi pada prosesnya sebaiknya dilakukan dengan kebiasaan yang baik juga yaitu duduk supaya terhindar dari segala penyakit. Tapi kalau tidak ada tempat duduk gimana?

Jangan bingung ketika sedang di luar rumah lalu anda haus dan tidak ada tempat duduk. Anda bisa jongkok dan salah satu tumit menyentuh lantai. Posisi ini sama dengan posisi duduk.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 10, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    tentang kehamilan

  • Oleh : ridhillah gusni
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    buk bidan, saya baru menikah 5 bulan lalu, smpe saat ini masih belum hamil. saya mengalami flek udh sekitar 2 minggu ini, des saya telat mens 10 hari, namun tadi pagi coba tespack hasil nya negative, jadi flek saya itu kenapa ya buk bidan..?

    Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

  • Oleh : arinagustin
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Keputihan dan nyeri haid

  • Oleh : El Shafilla
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Umur saya 24 tahun saya sering keputihan berwarna putih tidak berbau apalagi jika mendekati siklus haid.kadang juga saya sering sakit pinggang seminggu sebelum haid dan sakit di bagian bawah perut saat berhubungan di waktu 2 atau 1 hari sebelum datang haid apakah itu normal?
    Dan saya juga pernah ada bercak merah setelah berhubungan dengan suami 1hari setelah haid

    Bayi Seminggu tidak BAB

  • Oleh : danilobecnel
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Tanya Bidan