×

Selain Gak Sopan, Minum Sambil Berdiri Juga Kurang Sehat Lho!

Bagikan Artikel :

Selain Gak Sopan, Minum Sambil Berdiri Juga Kurang Sehat Lho!

Minum sambil berdiri selain kurang sopan ternyata bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan lho! Pasti gak nyangka kan? Padahal ini adalah hal yang spele.

Dilihat dari sisi kesehatan, minum sambil duduk adalah posisi paling aman. Alasannya, ketika duduk, saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima cairan yang masuk dalam tubuh. Selain itu jika terlalu sering minum sambil berdiri, tubuh manusia berpotensi mengalami beberapa penyakit yang cukup berbahaya berbahaya.

Related Posts :

    Akibat Minum Sambil Berdiri

    1. Sakit perut
      Saat minum sambil berdiri, tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut. Kondisi tersebut bisa mempersulit proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan. Sehingga akan membuat rasa nyeri di bagian perut.
    2. Asam lambung
      Minum dalam posisi berdiri akan membuat lambung terkena dampak tidak baik. Asam lambung akan naik karena tekanan air yang diminum saat berdiri bisa mengejutkan saluran (spincter) yang menuju ke lambung. Akibatnya asam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut. Selain itu, minum berdiri bisa mengikis dinding lambung. Padahal, lambung adalah bagian penting pada sistem pencernaan dan jika lambung terganggu maka akan membahayakan sistem pencernaan lain.
    3. Ginjal Terganggu
      Akibat fatal lainnya dari kebiasaan minum sambil berdiri adalah terganggunya ginjal. Minum dengan posisi berdiri menyebabkan penyaringan tidak sempurna dan menganggu kerja ginjal.
    4. Tegang pada Saraf
      Dampak lainnya saat minum sambil berdiri yaitu tegannya urat saraf. Saat kita beridiri, system urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Namun kalau kita minum saat duduk bisa mengaktifkan system saraf parasimpatik yang menegaskan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

    Jika Tidak Ada Tempat Duduk

    Minum air tentu baik untuk kesehatan tubuh kita, tapi pada prosesnya sebaiknya dilakukan dengan kebiasaan yang baik juga yaitu duduk supaya terhindar dari segala penyakit. Tapi kalau tidak ada tempat duduk gimana?

    Jangan bingung ketika sedang di luar rumah lalu anda haus dan tidak ada tempat duduk. Anda bisa jongkok dan salah satu tumit menyentuh lantai. Posisi ini sama dengan posisi duduk.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 10, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan dan nyeri haid

  • Oleh : El Shafilla
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Umur saya 24 tahun saya sering keputihan berwarna putih tidak berbau apalagi jika mendekati siklus haid.kadang juga saya sering sakit pinggang seminggu sebelum haid dan sakit di bagian bawah perut saat berhubungan di waktu 2 atau 1 hari sebelum datang haid apakah itu normal?
    Dan saya juga pernah ada bercak merah setelah berhubungan dengan suami 1hari setelah haid

    siklus haid

  • Oleh : liya
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

    Haid lebih dari 7 hari

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • 2 tahun yang lalu

    Saya haid biasa nya cuman 7 hari tapi bulan ini saya tidak biasa nya haid lebih dari 7 hari saya ingin bertanya apakah haid yang lama bisa menyebabkan penyakit? Mohon jawaban nya terimkasih

  • Oleh : Salsabila Apriani
  • Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Apa Obat Nyeri Tulang Belikat Kanan untuk Ibu Menyusui

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saya seorang ibu menyusui dan saat ini saya sering mengeluh nyeri tulang belikat sebelah kanan ketika mengambil napas dalam-dalam. Dan akhir-akhir ini kebetulan saya juga memiliki masalah pada lambung. Apakah nyeri tulang belikat tersebut disebabkan karena masalah lambung? Dan apa obat yang aman untuk ibu menyusui saat ini?

    Tanya Bidan