×

Selain Gak Sopan, Minum Sambil Berdiri Juga Kurang Sehat Lho!

Bagikan Artikel :

Selain Gak Sopan, Minum Sambil Berdiri Juga Kurang Sehat Lho!

Minum sambil berdiri selain kurang sopan ternyata bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan lho! Pasti gak nyangka kan? Padahal ini adalah hal yang spele.

Dilihat dari sisi kesehatan, minum sambil duduk adalah posisi paling aman. Alasannya, ketika duduk, saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima cairan yang masuk dalam tubuh. Selain itu jika terlalu sering minum sambil berdiri, tubuh manusia berpotensi mengalami beberapa penyakit yang cukup berbahaya berbahaya.

Akibat Minum Sambil Berdiri

  1. Sakit perut
    Saat minum sambil berdiri, tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut. Kondisi tersebut bisa mempersulit proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan. Sehingga akan membuat rasa nyeri di bagian perut.
  2. Asam lambung
    Minum dalam posisi berdiri akan membuat lambung terkena dampak tidak baik. Asam lambung akan naik karena tekanan air yang diminum saat berdiri bisa mengejutkan saluran (spincter) yang menuju ke lambung. Akibatnya asam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut. Selain itu, minum berdiri bisa mengikis dinding lambung. Padahal, lambung adalah bagian penting pada sistem pencernaan dan jika lambung terganggu maka akan membahayakan sistem pencernaan lain.
  3. Ginjal Terganggu
    Akibat fatal lainnya dari kebiasaan minum sambil berdiri adalah terganggunya ginjal. Minum dengan posisi berdiri menyebabkan penyaringan tidak sempurna dan menganggu kerja ginjal.
  4. Tegang pada Saraf
    Dampak lainnya saat minum sambil berdiri yaitu tegannya urat saraf. Saat kita beridiri, system urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Namun kalau kita minum saat duduk bisa mengaktifkan system saraf parasimpatik yang menegaskan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

Jika Tidak Ada Tempat Duduk

Minum air tentu baik untuk kesehatan tubuh kita, tapi pada prosesnya sebaiknya dilakukan dengan kebiasaan yang baik juga yaitu duduk supaya terhindar dari segala penyakit. Tapi kalau tidak ada tempat duduk gimana?

Related Posts :

    Jangan bingung ketika sedang di luar rumah lalu anda haus dan tidak ada tempat duduk. Anda bisa jongkok dan salah satu tumit menyentuh lantai. Posisi ini sama dengan posisi duduk.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 10, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Vitamin Kehamilan

  • Oleh : ruqiah qiah
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    selamat siang ibu bidan..
    sy mau bertanya tentang produk garden life Vitamin code Raw Prenatal apakah komposisinya aman dan halal..trimakasih

  • Oleh : ruqiah qiah
  • Haid yang sebentar

  • Oleh : Eka putri Komalasari
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bidan ,
    Saya ingin bertanya ,saya mengalami flek menstruasi di tgl 22 jan 2020 pada mlm hari .
    Dan keluar darah mens seperti biasa nya tp pd saat besok hari nya di tgl 23 pagi nya darah nya berhenti , dan sore hari nya darah mens sedikit .
    Apakah itu normal bu bidan ?
    Terimakasih.

    apakah berhububgan badan saat haid aman?

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    saya berhubungan badan saat hari ke-4 menstruasi dan tidak menggunakan kondom. apakah aman” saja? apa yg harus saya lakukan untuk mencegah penyakit? terimakasih

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • Ejakulasi terlalu cepat

  • Oleh : Aldi Ferdian
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu, aku mau tanya. Umur saya 22 tahun. Bu, saya merasa kalau saya mengalami ejakulasi dini. Saya merasa kalau saya mengalami ini karena sering melakukan onani. Ingin rasanya berhenti, tapi sangat sulit.

    Baru onani sebentar, saya sudah ejakulasi dengan cepat. Yang saya khawatirkan, bila nanti saya menikah, saya takut tidak bisa melakukan hubungan seks yang lama dengan pasangan saya. Dan juga setelah saya melakukan onani, saya merasa sangat lemas sekali. Seperti ingin pingsan.

    Apakah menurut ibu, saya mengalami gangguan yang parah?

    Kanker payudara

  • Oleh : Irma Andari
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu saya punya masalah dgn payudara putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan berwarna putih bening. Apakah ini termasuk gejala kanker payudara? Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

    Tanya Bidan