×

Tanda Ibu Menjalani Kehamilan yang Mungkin Membahayakan

Bagikan Artikel :

Beberapa diantaranya tanda berikut ini adalah hal yang biasa dan normal untuk terjadi pada ibu hamil. Namun tanda tanda tersebut mungkin dapat berubah menjadi suatu hal yang membahayakan. Ibu disarankan untuk tetap waspada dan juga segera berkonsultasi kedokter apabila mengalaminya.


Kenali perbedaan antara ibu mengalami tanda tanda yang normal atau abnormal supaya ibu bisa mengntisifasinya dan berikut ini adalah penjelasannya.

Related Posts :
    1. Mual dan Muntah
      Kedua dari kondisi ini memang akan sangat wajar untuk terjaid dimasa kehamilan, khususnya pada trisemester pertama, akan tetapi efeknya ini akan sangat berbahaya apabila ibu telah mengalami mual dan muntah yang terjadi secara berlebihan. Dan hal ini dapat memicu untuk terjadinya dehidrasi, kekurangan elektrolit, kekurangan gizi, pusing dan juga mengalami penurunan berat badan. Didalam ilmu medis kondisi tersebut dinamakan dengan hyperemesis gravidarum. Dan jika hal ini terjadi, maka ibu mmebutuhkan pertolongan medis.

    2. Mengalami pembengkakan
      Saat hamil, maka tubuh bisa untuk memproduksi lebih banyak darah dan juga cairan hal ini guna mendukung adanya pertumbuhan janin. Mengalami kelebihamn zat terssebut juga bisa menimbulkan pembengkakan atau edema pada wajah, tangan bahkan kaki. Pembengkakan ini menjadi suatu hal yang tidak wajar, ketika ibu hnaya mengalaminya satu bagian tubuh saja. Dan hal ini menunjukan bahwa ibu mengalami kondisi pembekuan darah.

      Dan jika pembengkakan ini telah terjadi secara tiba tiba dan juga disertai dengan adanya darah tinggi dan juga proteinuria, maka hal tersbeut bisa mengarahkan ibu untuk mengalami kondisi preeklamsia, yang merupakan kondisi serius yang dapat berakibat fatal.

    3. Janin bergerak kurang aktif.
      Untuk janin yang tidak bergerak aktif bisa menjadi tanda bahwa buah hati sedang tidur atau ibu tidak menyadarinya. Akan tetapi janin yang kurang aktif ini akan bergerak juga dan bisa menjadi tanda bahwa dia kekurangan nutrisi atau juga oksigen.

      Guna memastikannya, maka ibu bisa memberikan sebuah stimulasi seperti dengan minum air dingin supaya dia bergerak. Jika dia tidak kunjung juga untuk bergerak setelah diberikan sebuah stimulasi, atau gerakan kurang lebih darii 10 kali dalam dua jam, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter atau bidan kandungan.

    4. Mengalami sakit saat buang air kecil.
      Pada dasarnya memang wajar apabila ibu merasakan nyeri ketika buang air kecil pada saat hamil, alias sedang mengalami infeksi saluran kemih. Karena hal ini disebabkan oleh perubahan tubuh yang terjadi yang diiringi dengan pertumbuhan janin. Akan tetapi infeksi yang tidak bisa ditangani akan memicu masalah untuk kesehatan serius, seperti halnya melehirkan premature
    5. Pendarahan pada Vagina
      Adanya kondisi pendarahan pada vagina masih bisa dikatakan normal apabila hanya sebatas bercak bercak saja. Namun jika volume darah yang keluar ini sangat banyak maka itu bisa menjadi salah satu pertanda keguguran atau mengalami kehamilan ektopik. Pendarahan abnormal dapat disertai juga dengan kram perut dan juga rasa nyeri atau bisa juga tidak.
    6. Kontraksi
      Apabila kondisi ini telah terjadi lebih awal pada trisemester ketiga, maka ini dapat menjadi salah satu pertanda ibu akan melahirkan secara prematur. Jika bayi ibu masih belum cukup umur untuk dilahirkan, maka dokter mungkin bisa untuk menghentikan proses persalinan tersbeut.

    7. Sakit kepala, merasa nyeri perut dan gangguan penglihatan
      Mengalami kondisi sakit kepala memang normal untuk terjadi, dikarenakan saat hamil ini tubuh bisa mengalami lonjakan hormon dan darah. Sementara untuk nyeri perut bisa terjadi yang diakibatkan oleh rahim yang terus berkembang, legamen yang mengalami peregangan dan juga organ organ yang terus bergerak. Kemudian ibu hamil juga wajar untuk mengalami gangguan pada penglihatan karena ini terkait dengan adanya perubahan pada tubuh dan hormon.

    Akan tetapi ketiga kondisi tersebut masih bisa juga menjadi pertanda
    kamu mulai mengalami kondisi berlanjut dari preeklamsia, yakni eklampsia
    jika tekanan darah tinggi, proteinuria dan juga bengkak terjadi secara
    terus menerus dan parah

    Pada intinya kehamilan bisa untuk
    membuat tubuh lebih rentan mengalami hal hal buruk. Jadi pada saat hal
    aneh ini terjadi pada tubuh pada saat hamil, maka disarankan untuk
    segera mengkonsultasikan kedokter kandunganmu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 22, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pria

  • Oleh : Riski Nur
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bidan saya mau tanya penis saya kan bengkok apa ini normal dan pengaruhnya apa soalnya saya khawatir

    Ledir disertai darah

  • Oleh : Nita Trisnawati
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo bu bidan.. Saya mengalami haid tida teratur..
    Haid bulan januari tgl 6 dan 27
    Tapi bulan februari ini terdapat lendir ada darah setitik…
    Tapi sampai tanggal 23 ini saya blum kunjung haid juga… Apakah hanya bergeser tanggal atau gimana ya bu

    Bahayakan Minum Obat Tidur Saat Hamil

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

    Keluarnya bercak darah

  • Oleh : ade
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Tanya Bidan