×

Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang Aman

Bagikan Artikel :

Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang AmanBidan Online,- Masalah sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu keluhan ibu hamil yang banyak di rasakan. Dikeahui 50% ibu hamil mengalami masalah sembelit. Sembelit terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Susah buang air besar yang banyak di keluhkan ibu hamil ini dapat muncul akibat dari perubahan hormon pada saat hamil. Dimana hormon progesteron mengalami peningkatan saat hamil yang menyebabkan fungsi kerja sistem pencernaan melambat.

Masalah sembelit memang bukan hal yang membahayakan namun jika muncul berkepanjangan tentunya harus segera diatasi. Penyebab lainnya dari sembelit pada ibu hamil yaitu akibat dari tekanan janin pada lambung juga rahim. Adapun beberapa cara mencegah sembelit pada ibu hamil yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan dengan rajin minum air putih yang cukup, olahraga ringan secara rutin, juga kurangi asupan zat besi.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi sembelit yang aman pada ibu hamil? Pada saat hamil memang asupan makanan hingga obat-obatan tidak boleh di konsumsi secara sembarangan karena dapat berdampak bagi kesehatan janin. Nah untuk para ibu hamil yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar berikut ini cara untuk mengatasinya.

Jus prem hangat

Untuk ibu hamil yang mengalami masalah dengan sembelit dan bingung bagaimana cara untuk mengatasinya anda boleh mencoba jus prem hangat. Jus prem atau plum diketahui mengandung sorbitol tinggi. Dimana kandungan tersebut bermanfaat sebagai obat pencahar alami yang aman di konsumsi ibu hamil. Konsumsi secara rutin 100 ml jus prem setiap harinya. Anda juga dapat mengkonsumsi buah plum kering jika susah menemukan buah plum segar.

Konsumsi probiotik

Probiotik menjadi cara untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil yang aman. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jika probiotik memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi sembelit, namun probiotik ini sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Sebenarnya probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menyehatkan usus. Para ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt atau langsung mendapatkannya di apaotek.

Konsumsi buah dan sayur dengan serat tinggi

Kandungan serat memang sangat membantu dalam mengatasi sembelit pada ibu hamil. Kandungan serat tinggi bisa ibu hamil dapatkan dari mengkonsumsi buah san sayur. Beberapa buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi yaitu pepaya, stroberi, kismis, mentimun, juga wortel.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil yang aman. Tentunya para ibu hamil dapat mencoba salah satu fara diatas jika mengalami sembelit yang parah. Namun jika masalah sembelit ibu hamil tidak membaik atau semakin parah maka sangat di sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk penanganan yang lebih tepat.

Related Posts :

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil

    Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 24, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    kontributor Curhat Bidan

  • Oleh : ade
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 3 tahun yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Saya mau nanya

  • Oleh : Deshinta Dodyanti
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Asalamualaikkum

    Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan