×

Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang Aman

Bagikan Artikel :

Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang AmanBidan Online,- Masalah sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu keluhan ibu hamil yang banyak di rasakan. Dikeahui 50% ibu hamil mengalami masalah sembelit. Sembelit terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Susah buang air besar yang banyak di keluhkan ibu hamil ini dapat muncul akibat dari perubahan hormon pada saat hamil. Dimana hormon progesteron mengalami peningkatan saat hamil yang menyebabkan fungsi kerja sistem pencernaan melambat.

Masalah sembelit memang bukan hal yang membahayakan namun jika muncul berkepanjangan tentunya harus segera diatasi. Penyebab lainnya dari sembelit pada ibu hamil yaitu akibat dari tekanan janin pada lambung juga rahim. Adapun beberapa cara mencegah sembelit pada ibu hamil yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan dengan rajin minum air putih yang cukup, olahraga ringan secara rutin, juga kurangi asupan zat besi.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi sembelit yang aman pada ibu hamil? Pada saat hamil memang asupan makanan hingga obat-obatan tidak boleh di konsumsi secara sembarangan karena dapat berdampak bagi kesehatan janin. Nah untuk para ibu hamil yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar berikut ini cara untuk mengatasinya.

Jus prem hangat

Untuk ibu hamil yang mengalami masalah dengan sembelit dan bingung bagaimana cara untuk mengatasinya anda boleh mencoba jus prem hangat. Jus prem atau plum diketahui mengandung sorbitol tinggi. Dimana kandungan tersebut bermanfaat sebagai obat pencahar alami yang aman di konsumsi ibu hamil. Konsumsi secara rutin 100 ml jus prem setiap harinya. Anda juga dapat mengkonsumsi buah plum kering jika susah menemukan buah plum segar.

Konsumsi probiotik

Related Posts :

    Probiotik menjadi cara untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil yang aman. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jika probiotik memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi sembelit, namun probiotik ini sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Sebenarnya probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menyehatkan usus. Para ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt atau langsung mendapatkannya di apaotek.

    Konsumsi buah dan sayur dengan serat tinggi

    Kandungan serat memang sangat membantu dalam mengatasi sembelit pada ibu hamil. Kandungan serat tinggi bisa ibu hamil dapatkan dari mengkonsumsi buah san sayur. Beberapa buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi yaitu pepaya, stroberi, kismis, mentimun, juga wortel.

    Nah itulah beberapa cara mengatasi sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil yang aman. Tentunya para ibu hamil dapat mencoba salah satu fara diatas jika mengalami sembelit yang parah. Namun jika masalah sembelit ibu hamil tidak membaik atau semakin parah maka sangat di sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk penanganan yang lebih tepat.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil

    Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 24, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur.

  • Oleh : Okta Viani
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Malam bu, kenapa setelah pasang dan lepas kb iud haid sy jd tidak teratur?
    Sebelum nya tanggal 1 april sampai tanggal 2 saya sdh haid . Tanggal 3 4 5 itu haidnya sudah berenti nah tanggal 6 7 8 9 haid lagi dan tanggal 10 – 12 keluar flek coklat hingga bersih.
    Tanggal 13 pagi sampai sore celana dalam saya bersih tidak ada bercak sedikitpun nah saya berhubungan intim di malam hari tapi keluar darah segar , dan sekarang darah nya tidak keluar lagi . Itu kenapa ya bu ?

    Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Ejakulasi

  • Oleh : Eddy Ningmabin
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Mba bagaimana memiliki ketahanan dari ejakulasi dini?

    Sering Lapar Saat Hamil Trisemester 1

  • Oleh : samanthabarrient
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, , kenapa ya semenjak saya menjalani kehamilan saya sering merasakan lapar. Bawaannya lapar terus , saya takut kalau makan terus bayinya kelebihan berat badan.

    Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Tanya Bidan