×

Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang Aman

Bagikan Artikel :

Tips Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Yang AmanBidan Online,- Masalah sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu keluhan ibu hamil yang banyak di rasakan. Dikeahui 50% ibu hamil mengalami masalah sembelit. Sembelit terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Susah buang air besar yang banyak di keluhkan ibu hamil ini dapat muncul akibat dari perubahan hormon pada saat hamil. Dimana hormon progesteron mengalami peningkatan saat hamil yang menyebabkan fungsi kerja sistem pencernaan melambat.

Masalah sembelit memang bukan hal yang membahayakan namun jika muncul berkepanjangan tentunya harus segera diatasi. Penyebab lainnya dari sembelit pada ibu hamil yaitu akibat dari tekanan janin pada lambung juga rahim. Adapun beberapa cara mencegah sembelit pada ibu hamil yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan dengan rajin minum air putih yang cukup, olahraga ringan secara rutin, juga kurangi asupan zat besi.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi sembelit yang aman pada ibu hamil? Pada saat hamil memang asupan makanan hingga obat-obatan tidak boleh di konsumsi secara sembarangan karena dapat berdampak bagi kesehatan janin. Nah untuk para ibu hamil yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar berikut ini cara untuk mengatasinya.

Jus prem hangat

Untuk ibu hamil yang mengalami masalah dengan sembelit dan bingung bagaimana cara untuk mengatasinya anda boleh mencoba jus prem hangat. Jus prem atau plum diketahui mengandung sorbitol tinggi. Dimana kandungan tersebut bermanfaat sebagai obat pencahar alami yang aman di konsumsi ibu hamil. Konsumsi secara rutin 100 ml jus prem setiap harinya. Anda juga dapat mengkonsumsi buah plum kering jika susah menemukan buah plum segar.

Konsumsi probiotik

Probiotik menjadi cara untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil yang aman. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jika probiotik memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi sembelit, namun probiotik ini sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Sebenarnya probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menyehatkan usus. Para ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt atau langsung mendapatkannya di apaotek.

Konsumsi buah dan sayur dengan serat tinggi

Kandungan serat memang sangat membantu dalam mengatasi sembelit pada ibu hamil. Kandungan serat tinggi bisa ibu hamil dapatkan dari mengkonsumsi buah san sayur. Beberapa buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi yaitu pepaya, stroberi, kismis, mentimun, juga wortel.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil yang aman. Tentunya para ibu hamil dapat mencoba salah satu fara diatas jika mengalami sembelit yang parah. Namun jika masalah sembelit ibu hamil tidak membaik atau semakin parah maka sangat di sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk penanganan yang lebih tepat.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Related Posts :

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 24, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keluarnya bercak darah

  • Oleh : ade
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Sekret vagina yeast Cell positif

  • Oleh : Eka Rosla
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat siang ibu maav saya mau tanya.. kemarin saya periksa pengecatan gram keputihan hasilnya : epitel squamos :5-10/lpk leukosit :>100/lbp, dominasi MN kuman: batang, gram negatif clue Cell :negatif yeast Cell :positif.. ini maksudnya bagaimana ya Bu.. mohon penjelasan dan solusinya

    Gelembung/kantong

  • Oleh : Dewi Gita
  • 11 bulan yang lalu

    Dok, knpa di vagina saya kalau lubangnya di buka trlihat ada seperti gelembung yg isi cairan dok?

  • Oleh : Dewi Gita
  • Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Organ Kewanitaan

  • Oleh : Luluk Atul Alia
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam dok
    Mau tanya, akhir akhir ini aku keputihan bercampur lendir being gitu dok, bau agak menyengat tp tdk berubah warna tetap kental seperti susu, tp maaf sebelumnya dok, lubang vagina tempat untuk memasuki penis itu punyaku kenapa berwarna pucat ya dok? Tolong penjelasannya

    Tanya Bidan