×

Tips Ibu Hamil Agar Terhindar Dari Kelahiran Bayi Prematur

Bagikan Artikel :

Sebagai ibu hamil, salah satu keinginan yang diharapkan kelak adalah melahirkan bayi-bayi yang lucu, sehat, dan cerdas. Namun selain itu, mengharapkan kelahiran yang normal dan tepat waktu.

Akan tetapi tidak jarang karena beragam kondisi, ibu justru melahirkan bayi saat usianya belum cukup. Kondisi ini disebut dengan kehamilan prematur, dimana bayi yang lahir belum tepat menginjak 9 bulan, dan dibawah dari angka tersebut. Yang lebih membuat khawatir ialah tentang mitos-mitos di masyarakat tentang kelahiran bayi prematur.

Namun seperti yang sudah seharusnya, ada baiknya ibu hamil tidak mempercayai dulu mitos-mitos seputar kehamilan dan kelahiran. Sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang berpengalaman di bidangnya.

Jika Anda ingin mencegah bagaimana agar terhindar dari kelahiran bayi prematur, berikut adalah tips yang bisa dipelajari tentang kondisi tersebut.

  • Tips pertama ternyata cukup pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Salah satu tips ibu hamil dalam mencegah kelahiran bayi prematur ternyata dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Caranya yaitu dengan menghindari perasaan malas dalam menggosok gigi setelah makan, maupun sebelum tidur selama kehamilan. Dalam hal ini bisa berkaitan karena, seperti penjelasan dari penelitian ilmiah mengungkap bahwa ternyata akibat penyakit gusi yang terjadi pada ibu hamil, justru bisa meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Itulah sebabnya sangat penting bagi ibu hamil menjaga kesehatan mulut saat hamil.

Related Posts :
    • Tips yang kedua adalah tidak meninggalkan sarapan.

    Sarapan sangat penting bukan hanya untuk ibu hamil saja. Dalam penelitian para ahli, beberapa diantaranya tentang kelahiran bayi prematur didasari oleh kebiasaan sarapan ibu yang sering terlewatkan.

    • Tips ketiga adalah vaksin untuk flu.

    Maksudnya ketika ibu hamil, mungkin pemberian vaksin untuk flu dirasa tidak perlu. Namun hal tersebut ternyata cukup penting untuk dilakukan, karena akibat dari sakit flu yang terlihat ringan, justru berdampak pada kelahiran bayi prematur dalam beberapa kasus yang terjadi di dunia.

    • Tips keempat, menghindari alkohol dan rokok.

    Lagi, masih dalam beberapa penelitian para ahli disebutkan jika ibu hamil sebenarnya cukup aman jika mengkonsomsi wine. Namun, untuk konsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan karena kebiasaan tersebut beresiko membuat kelahiran bayi lebih cepat dari waktunya.

    • Tips kelima, jaga berat badan.

    Walaupun dalam kehamilan berat badan semakin naik akibat pertumbuhan janin didalam perut, namun bukan berarti ibu tidak memperhatikan benar, tentang kenaikan berat badan yang ibu hamil alami. Karena apa? Saat berat badan kurang dari batas normal atau terlalu kurus pada saat hamil dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

    • Tips keenam, rutin memeriksakan diri ke dokter dan tidak malas minum Vitamin.

    Ibu hamil juga sebaiknya rutin untuk melakukan pemeriksaan pada dokter atau bidan yang dipercaya. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol kondisi bayi dalam kandungan. Selain itu, ibu juga sebaiknya tidak malas untuk mengkonsumsi Vitamin demia menjaga diri.

    • Tips ketujuh dan yang terakhir adalah pastikan mengkonsumsi air minum yang cukup.

    Penyebab lainnya ibu hamil mengalami kelahiran bayi prematur adalah Dehidrasi. Maka dari itu, selama masa kehamilan, sebaiknya ibu jangan malas untuk minum air yang cukup agar terhindari dari kondisi tersebut.

    Itu dia selengkapnya, tentang Tips Ibu Hamil Agar Terhindar Dari Kelahiran Bayi Prematur yang terbit hari ini oleh Curhat Bidan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda ya bunda, Salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 24, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 4 bulan yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Memberi MPASI dini

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • 5 hari, 10 jam yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya ? Anak saya umur 4bln lebih 2minggu , saya memberinya dia MPASI dini karna anak saya sering rewel dan kalau KK nya lagi makan pasti dia ngeliatin nya sampe bibir nya cicip , pas saya kasih MPASI dini anak saya yang tadinya rewel langsung tertidur lelap . Pas bangun tidur selang beberapa menit dia BAB Bun ? Apa itu sudah biasa atau usus nya belum menerima?

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 6 bulan yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Tanya Bidan