×

Tips Ibu Hamil Agar Terhindar Dari Kelahiran Bayi Prematur

Bagikan Artikel :

Sebagai ibu hamil, salah satu keinginan yang diharapkan kelak adalah melahirkan bayi-bayi yang lucu, sehat, dan cerdas. Namun selain itu, mengharapkan kelahiran yang normal dan tepat waktu.

Akan tetapi tidak jarang karena beragam kondisi, ibu justru melahirkan bayi saat usianya belum cukup. Kondisi ini disebut dengan kehamilan prematur, dimana bayi yang lahir belum tepat menginjak 9 bulan, dan dibawah dari angka tersebut. Yang lebih membuat khawatir ialah tentang mitos-mitos di masyarakat tentang kelahiran bayi prematur.

Namun seperti yang sudah seharusnya, ada baiknya ibu hamil tidak mempercayai dulu mitos-mitos seputar kehamilan dan kelahiran. Sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang berpengalaman di bidangnya.

Related Posts :

    Jika Anda ingin mencegah bagaimana agar terhindar dari kelahiran bayi prematur, berikut adalah tips yang bisa dipelajari tentang kondisi tersebut.

    • Tips pertama ternyata cukup pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi.

    Salah satu tips ibu hamil dalam mencegah kelahiran bayi prematur ternyata dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Caranya yaitu dengan menghindari perasaan malas dalam menggosok gigi setelah makan, maupun sebelum tidur selama kehamilan. Dalam hal ini bisa berkaitan karena, seperti penjelasan dari penelitian ilmiah mengungkap bahwa ternyata akibat penyakit gusi yang terjadi pada ibu hamil, justru bisa meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Itulah sebabnya sangat penting bagi ibu hamil menjaga kesehatan mulut saat hamil.

    • Tips yang kedua adalah tidak meninggalkan sarapan.

    Sarapan sangat penting bukan hanya untuk ibu hamil saja. Dalam penelitian para ahli, beberapa diantaranya tentang kelahiran bayi prematur didasari oleh kebiasaan sarapan ibu yang sering terlewatkan.

    • Tips ketiga adalah vaksin untuk flu.

    Maksudnya ketika ibu hamil, mungkin pemberian vaksin untuk flu dirasa tidak perlu. Namun hal tersebut ternyata cukup penting untuk dilakukan, karena akibat dari sakit flu yang terlihat ringan, justru berdampak pada kelahiran bayi prematur dalam beberapa kasus yang terjadi di dunia.

    • Tips keempat, menghindari alkohol dan rokok.

    Lagi, masih dalam beberapa penelitian para ahli disebutkan jika ibu hamil sebenarnya cukup aman jika mengkonsomsi wine. Namun, untuk konsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan karena kebiasaan tersebut beresiko membuat kelahiran bayi lebih cepat dari waktunya.

    • Tips kelima, jaga berat badan.

    Walaupun dalam kehamilan berat badan semakin naik akibat pertumbuhan janin didalam perut, namun bukan berarti ibu tidak memperhatikan benar, tentang kenaikan berat badan yang ibu hamil alami. Karena apa? Saat berat badan kurang dari batas normal atau terlalu kurus pada saat hamil dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

    • Tips keenam, rutin memeriksakan diri ke dokter dan tidak malas minum Vitamin.

    Ibu hamil juga sebaiknya rutin untuk melakukan pemeriksaan pada dokter atau bidan yang dipercaya. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol kondisi bayi dalam kandungan. Selain itu, ibu juga sebaiknya tidak malas untuk mengkonsumsi Vitamin demia menjaga diri.

    • Tips ketujuh dan yang terakhir adalah pastikan mengkonsumsi air minum yang cukup.

    Penyebab lainnya ibu hamil mengalami kelahiran bayi prematur adalah Dehidrasi. Maka dari itu, selama masa kehamilan, sebaiknya ibu jangan malas untuk minum air yang cukup agar terhindari dari kondisi tersebut.

    Itu dia selengkapnya, tentang Tips Ibu Hamil Agar Terhindar Dari Kelahiran Bayi Prematur yang terbit hari ini oleh Curhat Bidan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda ya bunda, Salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 24, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keluar daraha bnyak setelah berhubungan

  • Oleh : Darin Darina
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya gak lagi haid taoi pas sesudah berhubungan begitu d lepas banyak keluar darah . Malah serti kagi haid ada gumpalan nya sesudah itu juga keluar lagi seperti haid biasa nya. Itu kenapa yaa

  • Oleh : Darin Darina
  • Tentang mslh alat reproduksi wanita

  • Oleh : Husnul Mubarok
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Istri melahirkan normal akan tetapi pendarahan dan di jahit vaginaya dan pertanyaan ya knpa kalu stlh berhubungan istri sy kesakitan Bu bidan? Apakah bahaya? Trmksh

    Penyakit wanita

  • Oleh : Alfina Anggraeni
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Aaalamualaikum dok, saya mau bertanya, di bagian mis v saya di sebelah kanan membengkak, kira kira gejala apa

  • Oleh : Alfina Anggraeni
  • Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Cara Menjaga Kehamilan Tetap Sehat Bagi Wanita Karir

  • Oleh : Ocha Setiani
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Tanya Bidan