×

Tips Menjaga Mata Meski Seharian Di Depan Komputer

Bagikan Artikel :

Pada zaman seperti sekarang ini, banyak usia produktif yang mengalami masalah pada indera penglihatan yang sudah pastinya akan mengganggu aktivitas kesehariannya. Adanya gangguan kesehatan pada mata ini merupakan akibat dari kebiasaan buruk sehari-hari. Seperti contoh frekuensi menatap layar komputer atau gadget yang terlalu lama yang mengakibatkan mata menjadi lelah.

Pada era modern seperti sekarang ini juga memang tidak bisa dipungkiri bahwa gadget nampaknya sudah menjadi suatu hal yang lumrah bahkan sudah menjadi teman sehari-hari. Tidak sedikit orang yang tidak bisa terlepas dari gadget. Selain itu, pekerjaan kantoran juga yang mengharuskan karyawan untuk berinteraksi dengan layar komputer minimal 8 jam per hari. Kondisi seperti ini sangat jelas akan membahayakan kesehatan mata.

Tentunya anda tahu kalau menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di depan layar komputer itu tidak sehat. Terlebih jika pekerjaan mengharuskan anda untuk memelototi layar komputer sampai 9 jam sehari. Mata bisa saja menjadi sangat sakit bahkan sangat lelah.

Tips Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata Meski Seharian Di Depan Komputer


Masalah akibat sering menatap layar komputer diantaranya Computer Vision Syndrome (CVS), mata lelah (astenopia) dan mata kering (dry eye) juga gangguan refraksi. Untuk kesempatan kali ini, Bidan Online akan memberikan beberapa Tips Menjaga Kesehatan Mata Meski Seharian Di Depan Komputer.

1. Saat pekerjaan mengharuskan untuk menatap layar layar monitor dalam waktu yang lama, sebaiknya lakukan setiap 30 menit sekali selingi dengan aktivitas melihat jarak jauh. Jadi jangan terlalu fokus pada layar monitor, sesekali lihatlah pojok ruangan atau ke luar jendela untuk mengalihkan pandangan agar tidak terlalu fokus pada monitor.

2. Menatap layar komputer secara tidak sadar akan membuat anda menjadi kurang berkedip. Kondisi seperti demikian bisa menyebabkan mata menjadi kering. Untuk itu, lakukan berkedip secara teratur selama anda menatap layar komputer untuk menghindari mata kering dan iritasi.

3. Ketika ada istirahat, usahakan untuk melihat obyek yang jauh. Atau dengan melakukan senam ringan untuk peregangan otot bahu dan leher yang berguna untuk mencegah terjadinya Computer Vision Syndrome.

4. Perhatikan jarak anda dengan komputer. “Memang tidak boleh ada jarak diantara kalian, tapi wajib hukumnya kamu mengambil jarak dengan layar komputermu 😀“. Jarak fokus yang ideal dan optimal bagi mata untuk melihat suatu objek yakni kurang lebih 20-26 inci atau 50-66 cm atau sekitar satu rentang tanganmu. Pada jarak tersebut, penglihatan akan normal, baik itu dari mata normal atau mata yang dibantu dengan kacamata, dan akan ada pada titik yang paling nyaman.

5. Pencahayaan untuk komputer sebaiknya tidak terlalu terang karena bisa menyebabkan mata mudah lelah. Intinya, pastikan pengaturan kecerahan tidak terlalu terang yang membuat anda pusing, juga tidak telalu gelap sampai anda harus mengerinyitkan mata. Pastikan juga layar bersih dari debu atau noda yang bisa mengurangi kecermelangan pandangan.

6. Pencahayaan ruang juga perlu diperhatikan, pencahayaan yang baik memang menjadi satu syarat utama dari sebuah ruangan yang sehat. Tapi jika anda berhadapan dengan layar atau komputer seharian, cahaya matahari yang langsung justru akan membuat mata capek. Matahari juga akan membuat pandangan ke layar menjadi silau dan tidak fokus, akibatnya mata akan bekerja lebih keras. Pastikan anda tidak duduk di depan atau di belakang jendela melainkan di samping jendela.

7. Selalu posisikan layar lebih rendah dari mata, dan jangan mendongak agar otot mata tidak tegang. kurang lebih 15-35 derajat. Dengan memandang rendah, lehermu akan berada dalam posisi nyaman dan tidak tegang, kelopak mata yang setengah tertutup ketika memandang ke layar juga bisa melindungi bola mata dari paparan udara yang membuat mata perih dan kering.

8. Lakukan peraturan 20-20-20 untuk mencegah kepenatan mata. Untuk setiap 20 menit yang dihabisakan memandangi layar, kamu harus mengalihkan pandanganmu dari layar ke objek yang letaknya kurang lebih 20 kaki (30cm) selama 20 detik. kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk berdiri dan meregangkan otot-otot yang kau selama duduk.

9. Jika sudah terlalu perih, pakailah obat tetes mata. Tetes mata ringan yang banyak dijual di apotek bisa menjadi solusi, dan tetap harus berhati-hati dengan membaca aturan pakainya. Tidak juga dipakai secara berlebihan, karena pada umumnya semua obat mata bisa meringankan gejala mata letih, kering, dan perih. Jadi bisa saja anda selalu menyiapkan tetes mata di tas yang bisa membantu menghadapi hari-hari panjang di depan komputer.

10. Dengan melakukan senam mata dan pijatan pada area sekitar mata juga bisa membantu menjaga kesehatan mata juga mengurangi mata lelah. Dengan pemijatan yang baik bisa membantu memperlancar sirkulasi darah di area tersebut. Perbanyak juga mengkonsumsi buah dan sayur juga makanan sehat yang kaya akan nutrisi yang bisa membuat mata senantiasa sehat.

Related Posts :

    Itulah beberapa tips mata sehat yang bisa anda coba meski seharian di depan komputer. Sayangi mata anda jangan terlalu memaksakan untuk bekerja terus menerus. Dan jika memang diharuskan untuk menggunakan komputer seharian, ada baiknya setiap satu jam sekali meluangkan waktu untuk mengistirahatkan mata, agar mata tetap sehat dan bisa berguna dengan baik setiap saat. Semoga Bermanfaat:))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 6, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    yeast cell

  • Oleh : Mbak aty
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

    Telat haid

  • Oleh : Lina Widyaningsih
  • 21 jam, 9 menit yang lalu

    Assalamu’alaikum bunda, mau tanya kalo telat haid hampir 2bln tp di tespek hasilnya kok negatif ya bun..
    Sblm nya juga tdk teratur masa haid nya

    tips kehamilan dengan diabetes

  • Oleh : francesca21c
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

    Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Ririn
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

  • Oleh : Ririn
  • Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Rennym
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan