×

Waspada Beberapa Hal Saat Berpuasa

Bagikan Artikel :

Waspada Beberapa Hal Saat Berpuasa

Saat puasa, pola makan dan tidur kita berubah drastic. Dan itu menyebabkan beberapa keluhan, seperti mual, berat badan bertambah dan bau mulut dan lain-lain.

Related Posts :

    Beberapa Gangguan

    1. Perut mual
      Makanan yang digoreng dan tinggi lemak saat sayur dapat menyebabkan perut menjadi mual oleh karena itu hindari makanan tersebut saat sahur. Makanan berlemak juga dapat membuat tubuh menjadi tidak berenergi dan mudah haus sepanjang berpuasa
    2. Bikin gemuk
      Tidur diatas 12 jam malam dan kurang dari 6 jam dapat mengganggu proses metabolesme. Dan juga mengganggu hormone leptin yang membantu rasa lapar dan kenyang. Jika hormone itu rusak, maka perut akan mudah merasa lapar. Contohnya saat berbuka puasa kita suka berlebihan dalam menyantap makanan.
    3. Bau mulut
      Kurang serat saat sahur dapat menyebabkan bau mulut. Konsumsi karbohidrat kompleks tinggi serat (gandung, ubi, singkon, nasi merah, sayur dan buah) untuk membersihkan bakteri jahat pada system pencernaan yang dapat menyebabkan bau mulut. Serat di sayur dan buah dapat mengikat bakteri pada gusi dan gigi
    4. Dehidrasi
      Meski berpuasa, jangan kurangi asupan minum harianmu. Rata-rata, manusia membutuhkan delapan gelas air per hari. Dehidrasi sendiri bisa menyebabkan mulut kering, pusing, mual, dan kelelahan.
      Kamu hanya perlu mengakalinya dengan minum di waktu tidak berpuasa, mulai dari berbuka puasa hingga sahur. Selain itu, hindari juga makanan pedas, asin, dan minuman berkafein.
    5. Sembelit
      Hal itu menyebabkan fesesmu menjadi padat di usus besar dan sulit keluar. Selain kurangnya cairan, sembelit juga bisa disebabkan kurangnya konsumsi serat harian. Untuk itu penuhi asupan makan dan minummu. Selain itu, jaga tubuh agar tetap aktif setiap harinya, ya.

    Beberapa Hal Yang Bisa Menghindari Gangguan Kesehatan Saat Berpuasa

    1. Minum 8 gelas perhari
    2. Pada saat buka setelah minum diusahakan makan buah
    3. Kurangi makanan berlemak
    4. Usahakan sahur dengan sayur dan hindari makanan yang di goreng
    5. Kurangi makan-makanan pedas
    6. Kurangi makanan yang tidak sehat yang diburu saat ngabuburit
    7. Perbanyak makan buah-buahan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 29, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    vagina

  • Oleh : bintang kafah
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    assalamualaikum. saya mau nanya. sudah 3 hari ini ada benjolan sedang dan keras, letakny di area vagina tapi agak mendekati selangkangan. itu penyakit apa ya? apakah kista juga?

  • Oleh : bintang kafah
  • Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Mengenai menstruasi

  • Oleh : Marina Marina
  • 7 bulan, 4 minggu yang lalu

    Selamat siang bu ..
    Saya mau tanya ..
    Tanggal 28-29 itu harusnya saya haid tapi ini belum juga haid kenapa ya ? Tapi ciri2 mau haid sudah ada .. jerawat timbul ada,payudara sakit ada,dan perut juga terasa tidak enak ..
    Kenapa ya bu? Apa saya telat saja? Atau ada masalah lain? Dan cara agar cepat haid gimana?

  • Oleh : Marina Marina
  • Menghitung usia kehamilan

  • Oleh : Irfan L
  • 9 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Istri saya haid terakhir tgl 2 januari. Kami berhubungan tgl 3 februari. Dalam rentang waktu itu istri saya blum haid. Dia skrng tengah hamil brp usia kehamilanya dok.?
    Usia janinya brp dok.? Terima kasih

  • Oleh : Irfan L
  • Tanya Bidan