Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi

Selamat datang di Bidan Online, situs yang menyediakan referensi serta alternatif pengobatan seputar bayi untuk bunda dan ayah yang mungkin masih kesulitan mengatasi si kecil. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan informasi mengenai Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi dan berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi

  • Lokasi Penggantian Popok Yang Benar

Jika Anda biasanya mengganti popok si kecil di atas meja yang ukurannya tidak begitu besar dengan badan bayi maka hal ini akan memberikan beban tambah pada meja apabila bayi menggeliat – geliat dan beresiko si kecil akan jatuh. Untuk itulah alangkah baiknya jika diganti dengan alas di lantai untuk mempermudah Anda saat menggantti popok si kecil. Tapi tetap perhatikan lokasi penggantian popok yang pantas karena mungkin Anda sudah terbiasa dengan popok yang sudah penuh hingga melupakan jika tidak semua di sekitar Anda akan terbiasa seperti Anda.

  • Perhatikan Ukuran Popok

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli popok dalam jumlah yang besar, sebaiknya timbang dulu si kecil karena ukuran badan balita meskipun usia nya sama bisa berbeda – beda. Ada baiknya sebelum Anda membeli dalam jumlah yang banyak, bandingkan dulu usia si kecil dan simpan berat badannya. Jika bayi belum bisa berdiri dengan tegak di atas timbangan, timbang berat badan Anda dan bandingkan saat menggendong si kecil.

  • Segera Obati Jika Muncul Ruam

Apabila si kecil menggunakan popok dan kemudian muncul ruam akibat iritasi, perlakukan hal yang sama seperti saat masih kecil. Oleskan salep anti ruam dan amati juga tanda kemungkinan demam, bisul, ruam serta menyebar keluar popok dan jika Anda menemukan salah satunya sebaiknya segera tanyakan kepada dokter.

  • Jangan Abaikan Popok yang Sudah Kotor

Dizaman sekarang ini masih banyak orang tua yang membiarkan popok bayi dalam keadaan basah dalam jangka waktu yang lama jika hal tersebut tidak mengganggu si kecil. Terlebih lagi jika komponen gel penyerap popok bisa menjaga cairan agar tidak keluar merembes ke bagian bawah bayi. Hal ini tentu saja akan membuat orang tua menjadi semakin membiarkannya padahal hal tersebuut tidak sehat dan harus segera di atasi karena jika tidak bisa menyebabkan pengaruh yang buruk untuk kondisi kesehatan si kecil.

Demikian informasi mengenai Ketahui 4 Hal Penting Ketika Mengganti Popok Bayi semoga penjelasan yang kami sampaikan bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - September 1, 2017
Diskusi Dari:
Tania

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Tania
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Bang Andre

Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

Perlu Jawaban