Ketahui Beberapa Gejala Infertilitas Pada Wanita

Ketahui Beberapa Gejala Infertilitas Pada Wanita Bidan Online,-
Infertilitas atau disebut juga dengan kemandulan merupakan
ketidakmampuan seorang wanita untuk memberikan keturunan.
Tentunya disebut infertilitas jika seorang wanita tidak hamil padahal
tidak menggunakan alat kontrasepsi ataupun pria tidak menggunakan
alat pengaman dengan melakukan hubungan suami istri secara rutin selama 6 bulan
sampai 1 tahun juga sangat berpengaruh pada usia wanita. Banyak hal yang
menjadi penyebab infertilitas baik pada pria maupun wanita. Gejala yang
sangat jelas dari infertilitas yaitu wanita tidak dapat hamil. Tentunya
tidak banyak yang tahu apa saja gejala dari infertilitas yang dirasakan
wanita ataupun pria.

Tidak hanya dapat di alami oleh wanita namun juga pria bisa salah satu dari pasangan ataupun keduanya. Tentunya untuk mengetahui apakah terjadi infertilitas maka pemeriksaan menyeluruh bagi kedua pasangan sangatlah penting. Bahkan sebuah studi menyebutkan jika perbandingan kemandulan atau infertilitas wanita dan pria sama besarnya berikut data lengkapnya:

  • Diketahui 30% sampai 40% terjadi kemandulan pada kedua pasangan sekaligus
  • Diketahui 20% kemandulan dialami pria
  • 30% sampai 40% kemandulan dapat di alami wanita
  • Dan 10% tidak diketahui penyebabnya

Tentunya kemandulan sendiri dapat diatasi dengan mengikuti berbagai pengobatan hingga terapi. Maka dari itu penting sekali mengetahui berbagai gejala infertilitas baik pada pria dan wanita agar mendapatkan penanganan lebih awal dan cepat. Dan berikut ini beberapa gejala infertilitas pada wanita yang wajib anda ketahui.

Siklus mentruasi
Periode lama menstruasi normal pada wanita sekitar 28 hari sampai 30 hari. Perubahan siklus mentruasi menjadi satu masalah yang memang sangat erat kaitannya dengan infertilitas. Adanya perubahan siklus haid yang tidak teratur dapat berpengaruh pada ovulasi. Periode haid yang kurang atau lebih dari batas normal dapat dijadikan satu gejala infertilitas yang sangat jelas. Tidak hanya itu pendarahan pada saat haid yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit juga berpotensi menjadi gejala awal infertilitas pada wanita.  Tentunya jika pendarahan pada saat haid berlebih atau bahkan sangat kurang dan terjadi selama dua kali siklus haid maka anda wajib memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Sakit pada saat mentruasi dan berhubungan
Timbulnya beberapa sakit pada saat menstruasi seperti sakit pinggang, punggung, payudara, atau bahkan perut memang sangatlah wajar. Namun jika sakit yang dirasakan cukup berat dengan keram perut tak tertahankan maka itu dapat di kategorikan menjadi satu gejala infertilitas pada wanita. Tidak hanya menstruasi saja, jika anda mengalami rasa sakit saaat berhubungan seksual maka itu juga dapat menjadi potensi gejala awal dari ketidaksuburan.

Keguguran berulang
Ya mungkin tidak banyak yang tahu jika keguguran yang terjadi secara berulang dapat menjadi salah satu tanda dari ketidaksuburan. Keguguran berulang yang terjadi memasuki 20 minggu kehamilan, meskipun tidak semua keguguran yang terjadi diakibatkan dari infertilitas namun hal ini termasuk menjadi salah satu gejala infertilitas yang wajib anda ketahui.

Hormon yang tidak seimbang
Hormon yang tidak seimbang pada wanita memang sangatlah berpengaruh pada ketidaksuburan. Perubahan dari hormon estrogen pada wanita memang dapat menjadi gejala infertilitas yang tidak banyak di ketahui. Beberapa tanda dari ketidakseimbangan hormon estrogen seperti timbulnya jerawat kronis, pertumbuhan rambut berlebih, berat badan yang naik, rambut rontok, hingga libido atau perubahan dorongan hasrat seksual.

Tentunya dengan mengatahui berbagai gejala infertilitas dapat menjadi antisipasi untuk anda dalam memberikan perawatan ataupun pengobatan yang lebih cepat dan tepat. Ingat infertilitas sendiri dapat diatasi dengan berbagai macam pengobatan, terapi, juga menerapkan gaya hidup sehat.

Baca juga:

Tips Berhenti Merokok Untuk Meningkatka Kesuburan

Tips Merawat Vagina Untuk Menghindari Infertilitas

Kenali Penyabeb Impotensi Pada Pria

Citra Dewi Amd.Keb - October 22, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

Dijawab Oleh :

Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Adhy Putra Lautan

Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
Terima kasih.

Dijawab Oleh : Adhy Putra Lautan
Diskusi Dari:
Anonymous

Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

Dijawab Oleh :