Ketahui Hal Ini Dapat Mengganggu Kesuburan Pria dan Wanita

Ketahui Hal Ini Dapat Mengganggu Kesuburan Pria dan WanitaBidan Online,- Tingkat kesuburan baik pria dan wanita yang sehat tentunya akan sangat mempermudah membuka peluang terjadinya kehamilan. Namun apa jadinya jika tingkat kesuburan baik pria ataupun wanita terganggu, tentunya masalah baru akan muncul yaitu sulit untuk mendapatkan momongan. Infertilitas atau mandul memang menjadi satu masalah yang sangat komplek bahkan tidak sedikit pasangan yang merasa frustasi akan hal tersebut. Meskipun penyebab infertilitas atau ketidaksuburan tidak diketahui semuanya, namun ketidaksuburan sangat erat kaitannya dengan gaya hidup. Mungkin juga anda belum sadar atau tidak terlalu tahu jika beberapa kebiasaan dapat mengganggu bahkan menurukan tingkat kesuburan anda. Maka dari itu sangat penting mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kesuburan sebagai langkah awal pencegahan.

Pola hidup memang sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan seseorang, namun tidak hanya itu beberapa kebiasaa berikut ini dipercaya dapat menurunkan kesuburan baik pada pria dan wanita. Nah jika anda sedang dalam masa promil sebaiknya menhindari beberapa kebiasaan berikut ini agar kesuburan anda tidak terganggu.

Tidak merawat kesehatan gigi
Mungkin banyak yang tidak berpikiran jika kesehatan gigi ini sangat berpengaruh pada kesuburan bahkan terdengar asing bukan. Kesehatan gigi yang terjaga memiliki hubungan yang sangat erat pada kualitas sperma pria, dikatakan jika kesehatan mulut yang buruk pada pria dapat mengganggu kualitas sperma. Tidak hanya itu masalah gigi yang buruk juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kelahiran prematur dan berat badan bayi yang rendah saat lahir. Nah muali sekarang rajinlah mengontrol kesehatan gigi secara rutin dan pastikan gigi anda sehat sebelum program hamil.

Stres
Bukan sebuah rahasia lagi jika stres sangat dapat berpengaruh pada pada tingkat kesuburan. Diketahui wanita dengan tingkat stres berat akan sulit hamil itu terjadi karena memang stres dapat mengganggu kesuburan. Stres memang menjadi satu hal yang banyak di rasakan semua orang entah stres karena pekerjaan ataupun masalah lainnya. Dalam beberapa kasus stres juga dapat meningkatkan resiko disfungsi ereksi pada pria. Perlunya mengelola stres agar tidak semakin berlarut-larut menjadi salah satu solusi yang ampuh agar tingkat kesuburan anda tidak terganggu. Ada banyak cara mengelola stres yang benar bisa dengan yoga, akupunter, hingga pijat.

Terpapar BPA
BPA merupakan senyawa kimia yang banyak di temukan pada barang-barang berbahan plastik. Telah banyak penelitian yang menyebutkan jika paparan BPA yang tinggi bisa berpengaruh pada kesuburan, menurunkan jumlah sperma, hingga sel telur. Pastikan anda memakai wadah plastik yang aman juga hindari mengkonsumsi makanan dalam kaleng karena tingkat BPA yang lebih tinggi.

Celana dalam terlalu ketat
Penggunaan celana dalam terlalu ketat memang tidak baik bagi kesehatan. Celana dalam yang terlalu ketat dapat menurunkan jumlah sperma dan ferilitas karena celana dalam ketat dapat membuat suhu area testis menjadi panas sebab penyempitan pada pangkal paha. Tidak hanya itu penggunaan celana dalam terlalu ketat juga pada wanita dapat menyebabkan infeksi vagina yang dapat berimas pada terganggunya organ reproduksi.

Gadget
Tidak asaing lagi saat ini semua orang pastinya mempunyai gadget. Apalagi teknologi semakin canggih maka tidak heran jika orang-orang tidak bisa lepas dari gadget. Handphone yang terlalu lama disimpan didalam saku celana ternyata dapat menyebabkan radiasi pada testis. Dan dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan disfungsi ereksi dan infertilitas. Tidak hanya telepon gengam saja, kebiasaan meletakan laptop di pangkuan dalam waktu lama dapat membuat panas pada testis sehingga bisa berpengaruh pada rusaknya kualitas sperma.

Mandi air panas
Memang mandi dengan air panas dapat membuat tubuh menjadi rileks. Namun apa jadinya jika anda terlalu sering mandi dengan air hangat khsusunya untuk kaum pria. Mandi air hangat dapat memicu ketidasuburan karena air panas yang mengenai area testis dapat merusak kualitas sperma. Bahkan sebuah penelitian juga menyebutkan jika terlalu sering duduk di sauna dapat berpengaruh besar pada ketidaksuburan pria.

Baca juga:

Manfaat Omega 3 Untuk Mendongrak Kesuburan

Penyebab Impotensi Pada Pria

Tips Merawat vagina Agar Terhindar Infertilitas

Citra Dewi Amd.Keb - November 12, 2016
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang,
Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

Dijawab Oleh :

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :