Ketahui Penyebab Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

Ketahui Penyebab Keringat Berlebih Pada Ibu HamilBidan Online,- Keluhan ibu hamil nyatanya bukan hanya rasa tidak nyaman atau sakit pada tubuh namun juga tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan mengalami keringat berlebih. Bahkan dari beberapa ibu hamil menyebutkan jika keluhan keringat berlebih ini dapat keluar sangat banyak di bagian tubuh. Tentunya keringat berlebih akan membuat siapa saja merasa tidak nyaman terlebih lagi ibu hamil. Keringat berlebih dapat keluar dari area sekitar organ intim, ketiak, punggung, paha, hingga leher dan wajah.

Pada dasarnya keringat sendiri merupakan respon alami tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh. Biasanya keluarnya keringat saat seseorang merasa kegerahan atau suhu tubuh meningkat. Namun bagaimana jika keringat keluar lebih banyak saat hamil? Apa sih yang menjadi penyebabnya? simak ulasannya berikut ini.

Sebenaranya ibu hamil yang mengalami keringat berlebih tidak perlu khawatir karena bisa di sebut sebagai hal yang wajar terjadi. Biasanya keluhan keringat berlebih ini akan muncul di awal trimester, trimester ketiga, dan setelah melahirkan. Penyebab pasti dari keringat berlebih pada ibu hamil yaitu karena adanya perubahan hormon yang terjadi secara signifikan. Adapun penyebab lainnya yaitu karena saat anda hamil secara otomatis badan akan di tuntut bekerja lebih keras dalam berbagai hal.

Namun berbeda dengan keringat pada orang pada umumnya, keringat pada ibu hamil cenderung tidak berbau menyengat. Dan berikut ini beberaapa penyebab keringat berlebih pada ibu hamil yang wajib anda ketahui.

Berat badan bertambah

Berat badan yang bertambah pada saat hamil memang bukan menjadi hal aneh. Peningkatan berat badan pada ibu hamil biasanya dapat mencapai 11 sampai 15 kg. Tentunya dengan beban yang terbilang berat tersebut maka tidak heran jika ibu hamil mengalami keringat berlebih juga sangat rentan terserang dehidrasi.

Perubahan hormon

Sudah di jelaskan sebelumnya jika perubahan hormon pada ibu hamil memang dapat menjadi penyebab ibu hamil mengalami keringat berlebih. Peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat. Tidak hanya itu saja faktanya peningkatan hormon progesteron dapat membuka lebar pembuluh darah kecil pada ibu hamil yang menyebabkan ibu hamil bisa berkeringat lebih banyak. Perubahan hormon pada ibu hamil dapat terjadi dalam cangkupan yang berbeda dengan orang normal lainnya bahkan bisa berubah secara signifikan maka tidak heran jika ibu hamil sering mengalami beberapa keluhan.

Aliran darah yang meningkat

Diketahui saat hamil para wanita akan mengalami peningkatan aliran darah hingga 40%. Bukan tanpa alasan peningkatan aliran darah tersebut dapat terjadi karena menyesuaikan dengan kebutuhan janin. Akibat dari adanya peningkatan aliran darah tersebut maka darah akan terpompa lebih banyak yang bisa membuat suhu tubuh meningkat dan proses metabolisme bekerja lebih keras. Maka tidak heran jika ibu hamil cenderung lebih banyak berkeringat.

Adapun beberapa tips mengatasi keringat berlebih pada saat hamil yaitu dengan memilih pakaian longgar berbahan katun, linen, maupun serat alami lainnya yang dapat membuat tubuh lebih sejuk. Pastikan untuk sering minum air putih, mandi lebih sering, hingga segera lap jika keringat muncul.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu Hamil

Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin

Citra Dewi Amd.Keb - July 5, 2017
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari:
Ratu

Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Reny Anggra

Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

Dijawab Oleh : Reny Anggra
Diskusi Dari:
Ramadhan

Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

Dijawab Oleh : Ramadhan