Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat HamilBidan Online,- USG atau Ultra Sono Graphy memang sudah tidak asing lagi di dunia kedokteran bahkan sangat erat kaitannya dengan kehamilan. Meskipun hakikatnya USG di gunakan untuk mengetahui kondisi di dalam tubuh namun USG sangat akrab dengan kehamilan. Ya mungkin setiap ibu hamil sudah tidak asing lagi dengan USG. Pada saat para ibu hamil mengecek kehamilannya pastinya setiap dokter menggunakan USG untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Tidak hanya itu USG juga di gunakan untuk melihat perkembangan janin, pergerakan janin, usia janin, hingga jenis kelamin janin. Disamping itu penggunaan USG saat hamil juga memiliki fungsi untuk melihat kondisi adanya kelainan pada janin.

    Banyak mitos yang menyebutkan jika USG memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Perlu anda tahu USG berbeda dengan rotgen ataupun CT Scan yang yang memiliki daya radiasi, USG hanya menggunakan teknik ultrasonik. Bahkan hal tersebut di perkuat dengan adanya sebuah study yang menyebutkan jika USG tidak membawaefek buruk bagi janin dan ibu hamil. Pada dasarnya USG dapat ibu hamil lakukan sejak usia kehamilan dini untuk meminimalisir kemungkinan jika terdapat kelainan pada janin.

    Penggunaan USG juga tidak hanya dapat mengetahui ukuran hingga jenis kelamin janin. Lebih dari itu USG juga dapat di gunakan untuk mengetahui kondisi mental janin contohnya autistik ataupun sindroma down. Tidak hanya kondisi janin saja, kehamilan bermasalah pun dapat di lihat dengan pemeriksaan USG. Memang penggunaan USG terbilang aman bagi janin dan ibu hamil, namun banyak juga ibu hamil yang belum mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan USG. Dan berikut ini beberapa waktu yang tepat untuk melakukan USG saat hamil.

    Awal kehamilan
    Saat awal kehamilan menjadai waktu yang sangat tepat untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG. Pemeriksaan USG di awal kehamilan bertujuan untuk mengetahui sejak dini jika misalnya terdapat kelainan. Fungsi USG saat awal kehamilan untuk mengetahui jumlah janin dalam kandungan, lokasi janin, kondisi kedua indung teelur, juga kondisi organ kelamin janin. Tentunya dengan pemeriksaan menggunakan USG sejak usia dini kehamilan sangat bagus untuk mengetahui usia kehamilan secara akurat.

    Usia 11-14 minggu kehamilan
    Pemeriksaan kehamilan menggunakan USG pun akan di lakukan pada saat ibu hamil menginjak usia kehamilan antara 11-14 minggu. Pada waktu tersebut biasanya pemeriksaan menggunakan USg bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin. Kondisi mental janin kemungkinan jika adanya kelainan seperti down syndrom atau autistik dlapat di periksa dengan menggunakan USG. Adapun fungsi lainnya yaitu untuk mengetahui jika ada kelainan pada otak, perut, juga kelainan pada kepala. Tentunya dengan pemeriksaan USG di usia 11-14 bulan kehamilan berbagai kelainan pada janin dapat di deteksi sejak dini.

    Usia 18-23 minggu kehamilan
    Pemeriksaan kehamilan menggunakan USG di usia kehamilan 18-23 minggu dikatakan sangat penting. Pemeriksaan tersebut berfungsi untuk mengetahui gambaran kondisi tali pusat, jumlah air ketuban, hingga posisi janin. Disamping itu pemeriksaan ini dapat berfungsi untuk mengetahui jika adanya kemungkinan kelainan cacat bawaan. Kondisi janin pun dapat di lihat dari pemeriksaan USg tahap ini mulai dari lingkar kepala janin, berat badan, usia bayi, hingga panjang lengan dan paha.

    Usia 33-34 minggu kehamilan
    Pemeriksaan USG di usia kehamilan 33-34 minggu merupakan pemeriksaan terakhit yang bertujuan untuk mengetahui lokasi ari-ari, pertumbuhan janis. lilitan tali pusar., jalan lahir bayi, juga jumlah air ketuban. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu dalam proses menjelang kelahiran.

    Tentunya dengan mengetahui beberapa waktu yang tepat untuk melakukan USG saat hamil akan sangat membantu para ibu hamil dalam mengetahui kondis dan perkembangan janin. Meskipun beberapa waktu tersebut sangat tepat untuk melakukan USG, para ibu hamil juga dapat melakukan pemeriksaan menggunakan USG dalam kondisi mendesak contohnya saat detak jantung janin tidak teratur.

    Baca juga artikel lainnya:

    6 Tips Travelling Yang tepat Untuk Ibu Hamil Muda
    5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil cepat Lelah
    Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Bersih
    Bahaya Minuman Bersoda Untuk Ibu Hamil

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - February 8, 2017
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    Daniel

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Dijawab Oleh : Daniel
    Diskusi Dari:
    emilia

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Dijawab Oleh : emilia
    Diskusi Dari:
    Alfiyah

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    samanthau51

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

    Dijawab Oleh : samanthau51