Ketakutan Besar Yang Wanita Pikirkan Tentang Melahirkan

Tanyakan kepada setiap ibu bagaimana ia menggambarkan mengenai proses bersalin, pasti jawaban mereka akan beragam karena memang setiap wanita akan mengalami proses bersalin yang berbeda.

Ada beberapa diantaranya yang menganggap sebagai kejadian dramatis, berlarut-larut menyebabkan kesakitan dan tidak sedikit juga ibu yang senang hati mengakui telah menikmati pekerjaan mereka.

Faktor keengganan untuk sering berbicara secara terbuka tentang apa yang sebenarnya terjadi selama dan setelah kelahiran, menyebabkan banyak calon ibu yang mengembangkan kekhawatiran bahkan ketakutan yang spesifik. 

Ketakutan Besar Yang Wanita Pikirkan Tentang Melahirkan

Nah berikut ini ada 6 list ketakutan besar yang wanita pikirkan tentang melahirkan secara umum :

1. Episiotomi

Epsiotomi sekarang merupakan praktek yang tidak biasa di rumah sakit. Praktek ini biasanya dilakukan untuk mempercepat kelahiran dalam keadaan darurat. Hal ini karena bayi atau sang ibu menjadi tertekan perineumnya yang menyebabkan tertundanya kelahiran. Jika vakum diperlukan untuk berlangsungnya kelahiran maka  dokter bisa melakukan praktek episiotomi, tapi tidak wajib. Sebagai ibu, Anda mempunyai pilihan dan bisa mengatakan TIDAK.

Baca juga : Lebih Mengenal Tentang Episiotomi Saat Persalinan

2. Hilangnya kenikmatan seksual akibat dari episiotomi atau robek

Ada beberapa insiden yang dialami perempuan, merasakan nyeri saat berhubungan seksual selama berbulan-bulan setelah trauma perineum yang membutuhkan jahitan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Untuk itu, kami sangat menyarankan untuk Anda berbicara dengan dokter kandungan atau bidan pada periode awal atau selama 6 minggu setelah melahirkan jika mengalami masalah. Karena mereka akan sangat banyak membantu untuk kesembuhan Anda.

3. Kematian bayi saat melahirkan

Hampir setiap ibu memiliki ketakutan ini di beberapa waktu dalam kehamilannya. Ini adalah respon khawatir normal yang tidak diketahui, dalam situasi yang memang diluar kendali mereka. Hal ini normal dan bukan hal negative. Ini menjadi sehat untuk mengeksplorasi semua kemungkinan, diskusikan dengan dokter atau bidan Anda. Ketika kita memikirkan rasa takut atau menjadi terobsesi dengan itu maka akan membuat pikiran negative dan pola pikir stress. Namun yang pasti semacam kecemasan yang normal dan tidak harus bingung dengan firasat. 

4. Memiliki caesar

Prevalensi caesar sayangnya fakta yang sangat nyata. Australia memiliki salah satu tingkat caesar tertinggi di dunia: sekitar 25% – 30% di sektor swasta dan 13% – 19% di sektor publik. Memiliki hubungan baik dengan siapa pun yang merawat Anda dalam proses persalinan akan sangat membantu mengurangi tingkat ini. Mencari informasi dengan baik dan memiliki jalur komunikasi terbuka dengan pengasuh Anda (dokter kandungan, atau Bidan) dapat mengurangi kebutuhan untuk kelahiran bedah caesar. Keyakinan pada kemampuan Anda sendiri untuk melahirkan juga sangat membantu. Kita di ciptakan untuk melakukan hal itu !

5. Komplikasi Mekonium

Mekonium adalah zat pembentuk feses pertama bayi baru lahir. Mekonium di perairan ketuban sekitar bayi tidak selalu merepotkan. Jika petugas kelahiran Anda mendeteksi kehadirannya selama persalinan dia akan melihat gambaran besar (semua yang terjadi) dan kemudian bertindak dengan tepat di atasnya. Hal ini sangat penting untuk memberitahu petugas kelahiran Anda jika air Anda istirahat dan cairan apa pun yang jelas. Anda tidak memiliki kontrol atas kehadiran mekonium, karena itu tidak ada yang dapat Anda lakukan kecuali untuk mengingatkan pengasuh atau bidan mengenai kehadirannya dan kemudian mendiskusikan langkah selanjutnya.

6. Nyeri

Dalam usia tua kehamilan dianjurkan untuk belajar mengenai cara mengejan yang baik, dan tips tips dari dokter agar persalinan tidak terlalu menyakitkan. Ingat, rasa sakit saat melahirkan tidak seperti rasa sakit cedera. Tidak akan ada kerusakan akibat kontraksi juga, itu hanya otot yang bekerja sangat keras untuk meregangkan dan membukan jalan untuk bayi yang akan lahir. Ini merupakan konsep yang mudah dipahami setelah Anda berhenti berpikir bahwa melahirkan merupakan sesuatu yang menyakitkan. Ini adalah keadaan kesehatan dan kelahiran merupakan proses fisik normal. Selalu ada metode untuk menghilangkan rasa sakit bagi mereka yang sangat membutuhkan. Memilih orang-orang yang akan mendampingi Anda saat persalinan juga akan membantu Anda saat Anda merasa kewalahan. Selalu berpikir positif, mencintai orang orang dan lingkungan yang nyaman juga memberikan perbedaan besar untuk bagaimana Anda akan mengatasi rasa sakit.

Nah itulah 6 ketakutan besar yang wanita pikirkan tentang melahirkan. Terimakasih telah berkunjung ke situs Bidan Online 🙂 

Citra Dewi Amd.Keb - September 23, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Alesha Zahra

Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Silvia Rizkiana Sari

Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
Terimakasih

Dijawab Oleh : Silvia Rizkiana Sari
Diskusi Dari:
Vita Ratnasari

Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Tika

Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

Dijawab Oleh : Tika