×

Benarkah Mencuci Vagina Setelah Hubungan Seksual Dapat Mencegah Kehamilan?

Bagikan Artikel :

Benarkah Mencuci Vagina Setelah Hubungan Seksual Dapat Mencegah Kehamilan?

Ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat untuk mencegah kehamilan. Salah satunya adalah mencuci vagina setelah berhubungan. Dalam medis mitos tersebut tidak tepat. Mencuci vagina segera setelah selesai melakukan hubungan seksual bukanlah tindakan untuk mencegah kehamilan.

Bisa Terjadi Kehamilan Meskipun Telah Mencuci Vagina

Setelah suami ejakulasi, jutaan sperma yang masuk ke vagina bisa sampai ke sel telur istri dalam hitungan detik. Kemungkinan besar sperma yang masuk sudah sampai ke sel telur sebelum vagina dicuci. Sehingga vagina yang dicuci dengan air atau bahkan dengan sabun sekalipun tidak bisa mencegah kehamilan.

Sel Sperma Perenang Yang Ulung Menuju Sel Telur

Perlu diketahui ketika mencuci alat kelamin, kita hanya mencuci pada bagian luar vagina seperti labia luar, labia bagian dalam, dan sekitar anus. Tidak sampai bagian dalam vagina. Lubang menuju leher rahim sangat kecil. Oleh karena itu, sulit untuk air menembus leher rahim. Tapi tidak sulit untuk sperma menembus leher rahim karena sperma merupakan mikroskopis teramat kecil..
Sperma merupakan perenang yang ulung. Ketika Anda bergegas ke kamar mandi setelah berhubungan seksual untuk mencuci vagina, Anda tidak bisa mengalahkan pergerakan sperma menuju sel telur.

Related Posts :

    Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seksual

    Cara terbaik untuk mencegah risiko kehamilan yang tidak diinginkan di kalangan wanita dan pria yang aktif secara seksual adalah dengan menggunakan alat kontrol kelahiran alias kontrasepsi secara benar dan konsisten. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan bisa dengan alat kontraspesi seperti pil, IUD, implant, suntik, kondom, spermisida, senggama terputus, metode kalender dll.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 16, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Rasa ganggu miss v pada wanita

  • Oleh : MEGA JULIANTI MANULANG
  • 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya bunda Mega mau tanya soal ganguan yg saya alami sekarang.
    Sebelumnya saya sudah terlambat haid selama 38hari dan setiap akhir bulan biasanya siklus mens lancar hanya terkadang tanggalnya yg selalu acak, terakhir saya menstuasi bulan februari bu bidan.
    Tapi kenapa yaa bu miss v sering terasa seperti nyeri mau mens tapi bukan mens hanya kadang² keputihan biasa bu bidan.
    Waktu kemaren saya Minggu tgl 3 mei 2020 saya mengalami keram karena salah asumsi makanan, saya setelah buka puasa makan pedas habis itu saya minum susu, lambung nyeri, dan bagian bawah perut yg teramat sakit, saya mau perikasakan diri tapi berhubung wabah virus covid-19 jadi takut kerumah sakit bu bidan.
    Kiranya saya kenapa yaa bu bidan?

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 11 bulan yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Cara brereksi untuk main yg k dua

  • Oleh : Taufik Novianto
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum, knapa saya stelah main skali sllu lelah dan tidak bisa br ereksi kmbali

    Tanya Bidan