×

Berhenti KB Hormon Tetapi Tidak Menstruasi, Ini Penyebabnya!

Bagikan Artikel :

Berhenti KB Hormon Tetapi Tidak Menstruasi, Ini Penyebabnya!

Selain KB IUD, banyak wanita juga yang menggunakan KB pil dan suntik. Meskipun KB pil dan suntik ini adalah KB hormone tetapi banyak wanita yang memilih KB ini karena takut untuk dipasang IUD dan implant juga tidak diijinkan menggunakan kondom oleh pasangannya.

Related Posts :

    Sayangnya KB hormone ini bisa membuat bunda mengalami menstruasi tidak teratur bahkan tidak menstruasi sama sekali. Bahkan ketika bunda berhenti KB hormonal, mentruasi tidak langung datang lho! Apa ya penyebabnya? Yuk simak di bawah ini!

    Penyebab Tidak Menstruasi Pasca Berhenti KB Horomon

    1. Stres
      Stres dapat memengaruhi keseimbangan hormon. Ini dapat mengontrol siklus menstruasi. Stres menginduksi hormon kortisol. Ini dapat mengganggu regulasi hormonal menstruasi melalui sirkuit antara otak, ovarium, dan Rahim. Gejala stres yang perlu diwaspadai adalah otot tegang, sakit kepala, dan sulit tidur. Selain itu, masalah suasana hati juga bisa menjadi gejalanya.
    2. Olahraga berat
      Latihan yang intens dapat memberi dampak pada menstruasi. Olahraga berat juga dapat mengubah hormon yang dibutuhkan untuk menstruasi. Ketika berolahraga berat, hormon yang bertanggung jawab untuk ovulasi terpengaruh. Ini dapat menyebabkan menstruasi terlambat.
    3. Perubahan berat badan
      Pertambahan atau penurunan berat badan yang drastis dapat mengacaukan siklus menstruasi. Penurunan berat badan yang tiba-tiba dapat menghentikan hormon pengontrol ovulasi. Di sisi lain, kelebihan berat badan dapat menyebabkan kelebihan estrogen. Terlalu banyak hormon estrogen dapat mengganggu proses reproduksi dan kadang mengubah frekuensi menstruasi.
    4. Polip atau firoid rahim
      Polip dan fibroid uterus adalah pertumbuhan yang muncul di rahim. Kelebihan hormon dapat meningkatkan pertumbuhan fibroid dan polip. Orang dengan polip atau fibroid mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur.
    5. Ketidakseimbangan tiroid
      Pil KB dapat menekan gejala, seperti ketidakseimbangan tiroid. Ketika berhenti minum, gejalanya bisa muncul kembali. Tiroid yang kurang aktif disebut hipotiroidisme. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah terkait menstruasi, termasuk tidak teratur.
      Sedangkan, hipertiroidisme berarti tiroid yang terlalu aktif. Ini menyebabkan jarak menstruasi menjadi pendek.
    6. PCOS
      Polycystics Ovary Syndrome (PCOS) adalah kondisi lain yang dapat muncul setelah berhenti minum pil KB. Ini menyebabkan ketidakseimbangan antara ovarium dan otak. Menstruasi tidak teratur merupakan salah satu tanda yang umum terkait PCOS. Orang dengan PCOS juga biasanya memiliki kadar hormon pria yang lebih tinggi.
    7. Hamil
      Menstruasi yang terlambat sering dikaitkan dengan kehamilan. Butuh sekitar satu sampai tiga bulan untuk mengetahui ini. tetapi cepatnya seseorang hamil setiap wanita tentu bervariasi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bercak darah

  • Oleh : Rara Erlyska
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu. Maaf mau tanya. Saya hari ini keluar bercak darah segar warna kepink”an berair di sertai kram ringan di perut bagian bawah. Sementara saya haid kemarin di tanggal 15-20 november. Apakah itu normal bu? Saat ini saya sedang dalam masa subur. Dan haid yang akan mendatang masih 1 mingguan lebih tepatnya di tanggal 31 desember nanti

  • Oleh : Rara Erlyska
  • Menstruasi sebulan 2x

  • Oleh : Aini Adel
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Malam dok, jadi saya pas tanggal 4 Juli menstrusi sampe tanggal 9.n dan tanggal 27 Juli saya menstruasi lgi. Sampe tanggal 2 Agustus. Bulan Agustus saya belum mengalami menstruasi . Dan terakhir berhubungan dengan suami tanggal 27 Agustus dan suami ejakulasi diluar . Tpi kata suami masuk sedikit cairan maninya ke dalam. Kira kira saya hamil apa ga ya dok ? Soalnya payudara udah sakit dan kalo pagi mual

  • Oleh : Aini Adel
  • ???

  • Oleh : Putri 428
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Putri saya mempunyai adik berumur 14 tahun. Kemarin adik saya cerita ke saya bahwa di bibir vagina dalamnya ada sesuatu bentuknya kecil seperti jerawat di wajah, warnanya merah, rasanya gatal, ujungnya berwarna putih. Terus dia nangis karena takut kena kista/kanker. Itu apakah penyakit yg mematikan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Putri 428
  • Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya punya kyk benjolan di pinggir vagina, saya kurang tau itu knp.. kira kira bisa saran gk itu pnyakit apa

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Menstruasi

  • Oleh : Elfi Zahra
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Mau tanya apakah di perbolehkan minum em kapul karna daya mentruasi nya telat

  • Oleh : Elfi Zahra
  • Tanya Bidan