×

Konsumsi Pil KB Tapi Malah Hamil? Ini Lho Penyebabnya!

Bagikan Artikel :

Konsumsi Pil KB Tapi Malah Hamil? Ini Lho Penyebabnya!

Pil KB memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi sekitar 99% dan sangat efektif mencegah kehamilan, bila penggunaanya tepat dan disiplin. Meski amat kecil, namun ada kemungkinan kamu bisa hamil saat menggunakanya.
Ketika hal ini terjadi biasanya karena dosis pil tidak ditakar dengan benar, atau karena pil itu sendiri memang gagal bekerja.
Pil KB ini mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan.

Faktor Yang Menyebabkan Pil KB Gagal

  1. Menyimpan pil KB di tempat yang lembab dan panas
  2. Tidak minum pil KB segera setelah pil dikeluarkan
  3. Tidak minum pil KB di jam yang sama disetiap harinya
  4. Muntah setelah minum pil KB
  5. Minum obat lain yang bisa menghambat efetifitas pil KB
  6. Telat atau terlewat beberapa pil
  7. Tidak minum pil dengan urutan yang benar

Apabila Sudah Terjadi Kehamilan

Jika ternyata kamu tetap hamil saat minum pil KB, jangan lupa untuk memeriksakan kehamilan, untuk memastikan kondisi janin baik-baik saja. Setelah melahirkan nanti, kamu bisa konsultasikan kembali pilihan kontrasepsi yang sesuai untuku dengan dokter atau bidan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 31, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Let It Ovum

  • Oleh : Tika
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

    cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Peggy Shintya
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Hallo dok, perkenalkan nama saya peggy.usia saya 22 tahun.saya mengalami menstruasi yang tidak lancar.saya tidak menstruasi paling lama selama 6 bulan. sekarang sayang sudah tidak menstruasi selama 4 bulan.saya ingin menanyakan apa itu bahaya atau tidak?dan apa yang saya harus lakukan.sedang kan saya lihat dan baca info di media internet selalu yang sudah menikah.sedangkan saya belum menikah.terima kasih

    Cara mengatasi gigi anak berantakan

  • Oleh : Reny Anggra
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Tanya Bidan