Makanan Sehat Ibu Hamil Supaya Otak Janin Tumbuh Baik

Bidan Sehat – Nutrisi pada saat hamil di trisemester pertama tentu harus dipastikan baik dan mencukup kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Seperti halnya menurut Michael K Georgieff, MD dari  University of Minnestoa, nutrisi dan juga pertumbuhan otak janin berpengaruh sekali.

Dikutip dalam tulisan yang diterbitkan oleh The American Journal of Nutrition, masalah pada otak janin rentan terjadi pada saat ibu hamik muda. Dan asupan nutrisi yang buruk ini bisa mengakibatkan masalah padaa otak janin, seperti diantaranya pada pusat memori, visual, sampai dengan pendengarannya.
Makanan Sehat Ibu Hamil Supaya Otak Janin Tumbuh Baik

Kemudian jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil muda ?  Seperti yang diungkapkan oleh Harvard Medical School dengan semakin banyaknya ibu hamil makan ikan, maka semakin tinggi pula skor bayinya nanti dalam tes pekembangan mental.

Dilanjutkan oleh Lisa Eliot, PhD, asisten profesor di University of Medicine and Science Chicago, yang mana mengungkapkan bahwa omega 3 dari ikan ini bisa mempengaruhi perkembangan sel otak dan juga janin. Namun sayangnya, hampir semua jenis ikan laut yang mana dijadikan komoditi telah mempunyai  kandungan merkuri. Jadi alangkah baiknya selang seling untuk jadwal makan menu ikan dengan menu protein dan juga omega 3 dari sumber makanan lainnya.

Kandungan zat besi juga menjadi salah satu nutrisi yang mana kreap tidak tercukupi akan kebutuhannya.  Bahkan sebelum hamil, ibu kemungkinan sudah kurang dalam mendapatkan asupan zat besi. Padahal zat besi ini akan sangat membantu anda dalam sirkulasi oksigen kedalam janin. Janin yang kurang oksigen maka akan mengalami pertumbuhan otak yang buruk.

Untuk asupan zat besi bisa untuk kita dapatkan dari daging sapi, ayam, dan juga kacang kacangan. Tak hanya dengan jenis makanan yang perlu untuk diperhatikan, porsi makan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu.

Pada saat hamil, maka ibu memerlukan kenaiakan berat badan, supaya berat badan tidak berlebihan. Dan ternyata ada hubungan yang erat mengenai berat badan dengan IQ anak. Akibat adanya kenaikan berat badan yang berlebihan, Ibu jadi rentan dalam mengalami masalah kehamilan dan ini termasuk dalam kelahiran prematur dan preeklamsia.

Kelahiran yang premature memang akan beresiko pada gangguan mental anak. Saat lahir lebih awal, maka artinya ada bayi yang masih mengalami kekurangan nutrisi. Dan hal ini menyebabkan adanya masalah dan resiko yang bisa menghadang bayi, hal ini termasuk jug dalam infeksi disetelah kelahirannya.

Citra Dewi Amd.Keb - July 7, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Theresia Tina

Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

Dijawab Oleh : Theresia Tina
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Dayat Ya Hidayat

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Selamat siang bu bidan,

Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

Dijawab Oleh : Yuli Ani