Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 Bulan

www.curhatbidan.com – Sebaiknya bayi hanya mengkonsumsi ASI pada saat 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan, bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Namun dalam pemberian MPASI juga harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat.

Pada saat usia bayi sudah menginjak 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk Bunda memberikan makanan pada bayi atau MPASI (Makanan Pendamping ASI). Karena usia 6 bulan, bayi sudah mampu untuk memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga dapat mencerna makanan selain ASI. Dari pemberian MPASI juga dapat menurunkan resiko alergi dari makanan untuk bayi, jika diberikan makanan tepat pada usia 6 bulan alasannya yaitu pada sistem pencernaan yang sempurna pada bayi yang sudah berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, artinya suatu protein immunoglobin yang memiliki peranan untuk melindungi sistem pencernaan. Namun meskipun IgA itu sendiri dapat dihasilkan dari ASI, tetapi produksinya rendah sehingga bayi akan terkena alergi makanan apabila telah diberikan MPASI dibawah usia 6 bulan.

Sedangkan pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan suatu makanan sehingga dapat mendorong makanan tersebut dari arah depan ke belakang mulut. Maka dengan mekanisme tersebut akan mempermudah untuk bayi dalam menelan MPASI yang telah diberikan.

Nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada usia bayi 6 bulan?
Usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi untuk mengenal asupan nutrisi dari makanan selain ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi.

Berikut kebutuhan nutrisi atau makanan sehat untuk bayi 6 bulan, diantaranya:

Protein

Kandungan protein akan membantu dalam memlihara serta memperbaiki pada jaringan tubuh bayi sehingga akan mampu untuk mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang bisa didapatkan yaitu dari ikan laut, namun Anda juga harus tetap memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah, seperti yang terdapat pada ikan salmon.

Lemak

Lemak juga dibutuhkan untuk bayi karena untuk sumber energi yang menyediakan asam lemak esensial dan juga vitamin larut yang merupakan kepentingan suatu nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan juga sangat baik dalam perkembangan bayi saat usia 6 bulan.

Vitamin dan Mineral

Hampir semua vitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi ketika berusia 6 bulan. Dari mulai Vitamin A, B, K, E, D dan juga vitamin C. Karena vitamin tersebut sangatlah penting. Bisa Anda dapatkan dari beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, seledri, labu siam, wortel, atau tomat. Dan sumber buah-buahan yang disarankan untuk bayi 6 bulan yaitu pisang, pepaya, alpukat, apel, mangga, semangka, dan pir.

Karbohidrat

Kandungan karbohidrat juga merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan bagi bayi karena untuk membantu menyediakan energi selain dari ASI. Pada usia 6 bulan karbohidrat yang akan dibutuhkan bagi bayi yaitu 68,75 gram sampai 89,39 gram. Dan dapat dihasilkan dari beras merah atau beras putih.

Related post:

Citra Dewi Amd.Keb - February 3, 2017
Diskusi Dari:
Rennym

Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

Dijawab Oleh : Rennym
Diskusi Dari:
Nenden Mustika

Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
januari menst tgl 10
Febuari menst tgl 10
Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..

Dijawab Oleh : Nenden Mustika
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
uye (wanita)

selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

Dijawab Oleh : uye (wanita)