Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

Curhatanbidan.com,- Selama kehamilan, seorang perempuan dapat dengan mudah merasa lelah & mengantuk. Keadaan kelelahan memang pada umumnya sering menjadi keluhan bagi kebanyakan perempuan di kala sedang menjalani masa kehamilan. Dan kelelahan sering diamati selagi kehamilan trimester pertama dan ke-3. Perubahan yang terjadi dikarenakan adanya perubahan hormon, fisik & mental bisa menambah kelelahan dan pastinya ada pengaruh dari mual di ketika morning sickness akan membuat anda merasa lesu.

Selama kehamilan, anda perlu berpikir baik, menerima perubahan tubuh & membuat perubahan makanan tertentu. Makan sehat selama kehamilan mampu memerangi kelelahan & menyediakan energi untuk ibu hamil. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sering mengalami kelelahan konsumsi makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan. Berikut ini adalah Beberapa Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan

Bayam
Bayam mengadung asam folat dan bermanfaat buat perkembangan janin di dalam kandungan. Bayam pula mengandung zat besi , yang bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi kelelahan , lesu & kurang bernergi selama kehamilan karena anemia.

Yoghurt
Yoghurt mengandung kalsium , protein , vitamin D dan juga serat yang tinggi maka akan memenuhi kebutuhan gizi terhadap ibu hamil. Vitamin dari yoghurt bisa membantu ibu hamil mencegah preeclampsia , sedangkan kandungan serat yang tinggi bisa mengurangi resiko gangguan pencernaan. Yoghurt juga dapat membantu mengurangi kelelahan terhadap usia kehamilan trimester pertama dan menjelang persalinan.

Buah pisang
Buah pisang untuk ibu hamil berguna untuk menghilangkan kelelahan sebab zat besi dalam buah pisang dapat mencegah gangguan anemia pada ibu hamil. Supaya tak bosan anda bisa konsumsi pisang dengan berbagai olahan.

Buah jeruk
Buah jeruk mengandung vitamin C tinggi, maka dapat membantu meningkatkan kekebalan di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu pun mengandung folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan organ janin.

Buah delima
Buah delima bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga terhindar dari kelelahan & menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh ibu hamil.

Lobak
Lobak sangat bermanfaat untuk ibu hamil dengan fungsi mengatasi kekurangan kalsium yang menyebabkan gangguan kesehatan termasuk kelelahan selama kehamilan.

Ikan laut
Ikan laut memiliki kandungan yang berbeda dengan ikan air tawar. Hal ini sebab konsentrasi garam yang terkandung di dalam air laut lebih tinggi. Keunggulan ikan laut dibandingkan ikan tawar ialah kandungan asam lemak omega 3 & antioksidan yang lebih tinggi. Tetapi ibu hamil mesti memilih ikan yang tak mengandung merkuri tinggi.

Itulah beberapa makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan, yang dapat dijadikan sebagai menu harian ketika hamil. Makanan untuk mengatasi kelelahan selama kehamilan tersebut tentu mudah untuk didapatkan. Tidak hanya mampu menambah energi & mengatasi kelelahan pun dapat memenuhi asupan gizi ibu hamil.

Citra Dewi Amd.Keb - June 7, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ramadhan

Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Anonymous

Salam kenal,

Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

Mohon penjelasannya
terima kasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Fitriyan Tng

Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Perlu Jawaban