Makanan Yang Baik Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

Bidan Online -. Saat ini banyak sekali para ibu hamil yang ingin tetap berpuasa meski dalam kondisi mengandung. Hal ini sebenarnya bisa saja di lakukan oleh para ibu hamil ini asal tetap menjaga asupan makanan yang ia konsumsi, karena hal ini sangat berpengaruh dengan kesehatan nanin. Pola makan ibu hamil saat berpuasa, dan jenis makanan dan kandungan gizi di dalamnya ini sangat perlu diperhatikan agar kesehatan janin ini tetap terjaga dan terhindar dari masalah yang membahayakan kesehatan dan juga kebugaran pada bagian tubuh. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa, diantaranya adalah :

  • Makanan yang bisa melepaskan energi secara perlahan
    Makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kebugaran pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah buahan, sayuran, kacang kacangan, cokelat, beras merej, dan juga gandum ini sangat baik bagi kesehatan. Hal ini memang sangat benar karena makanan tersebut mengandung kandungan karbohidrat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.
  • Hindari makan makanan manis saat berbuka atau sahur
    Salah satu jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa adalah menghindari makanan yang mengandung banyak pemanis. Saat anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan gula yang sangat tinggi, anda bisa mendapatkan amsalah bagi kesehatan dan bahkan anda bisa terkena masalah gula darah yang tinggi. Hal ini merupakan salah satu hal yang memang tidak banyak di konsumsi.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein
    Makanan yang mengandung banyak protein ini sangat baik bagi kesehatan dan juga kebugaran pada tubuh anda ini. Makanan ini seperti jenis makanan telur, ikan, daging dan juga kacang kacangan. Makanan tersebut sangat diyakini dan bahkan dipercaya mampu membuat tubuh menjadi sehat dan juga terjaga dan terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan yang ada.
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak dan tinggi gula
    Makanan ini merupakan salah satu jenis makanan yang memang harus selalu di waspadi bagi kesehatan tubuh anda. Saat anda hamil dan ingin berpuasa, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan juga lemak. Hal ini justru bisa membahayakan kesehatan anda dan janin yang ada dalam kandungan anda ini.
  • Mengkonsumsi Air 2 leter
    Air putih mengandung kandungan yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh, dimana air putih ini bisa membantu mengatasi dan menghilangkan berbagai jenis masalah kesehatan yang ada. Ini merupakan salah satu alasan mengapa anda perlu mengkonsumsi 2 liter air setiap saur dan berbuka. Hal ini bisa menjaga iyon tubuh agar terhindar dari masalah dehidrasi pada tubuh dan tetap mendapatkan anak yang sehat meski berpuasa.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik bagi ibu hamil saat berpuasa. Masih banyak lagi jenis makanan yang memang perlu anda perhatikan, yang baik dan disarankan di konsumsi bagi ibu hamil yang ingin tetap sehat meski sedang berpuasa. Konsumsi makanan makanan tersebut, dan rasakan banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan saat anda mengkonsumsi makanan tersebut.

                     Baca Juga : Tips Yang Dipercaya Bisa Mencegah Wasir Saat Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - March 15, 2017
Diskusi Dari:
uye (wanita)

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Rennym

Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

Dijawab Oleh : Rennym
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat sore bu bidan, , kenapa ya semenjak saya menjalani kehamilan saya sering merasakan lapar. Bawaannya lapar terus , saya takut kalau makan terus bayinya kelebihan berat badan.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tika

Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

pertanyaan nya:
kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

Terima Kasih.

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Gek Anik

Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

Dijawab Oleh : Gek Anik