Mana Yang Betul? Menjemur Bayi Terlebih Dahulu Atau Memandikan?

Mana Yang Betul? Menjemur Bayi Terlebih Dahulu Atau Memandikan?

Menjemur bayi memang dianjurkan agar bayi tetap sehat dan terhindar dari hiperbilirubin. Saat Anda memutuskan untuk menjemur bayi, alangkah lebih baik jika Anda memaparkan tubuh bayi di bawah matahari secara merata dan biarkan bayi bertelanjang dada dan hanya memakai celana atau popok saja. Jangan hanya memaparkan bagian dada saja, tetapi juga paparkan bagian punggungnya. Pastikan juga sinar matahari tidak terlalu banyak mengenai mata, karena bisa berbahaya bagi lensa mata.

Bayi dianjurkan dijemur setiap pagi karena dapat mengurangi penyakit kuning pada bayi yang baru dilahirkan. Selain itu, menjemur bayi di pagi hari juga bermanfaat mengaktivasi vitamin D yang terdapat pada kulit bayi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel tulang bayi sehingga makin kuat.

Di sisi lain, orang tua selalu kebingungan cara menjemur bayi dengan benar. Bahkan ada yang belum mengetahui jam yang tepat untuk menjemur bayi. Selain itu banyak orang tuabelum mengetahui harus menjemur dulu atau memandikan dulu.

Jemur Terlebih Dahulu Baru Mandikan

Sebaiknya menjemur dulu baru bayi dimandikan. Selain karena mengejar waktu sinar matahari yang sehat, hal ini juga bisa dilakukan sambil membersihkan tubuh bayi yang kerap terlewat seperti lipatan di sekitar daun telinga, paha dan tangan bayi dengan kapas yang ditetesi baby oil dan lain-lain. Momen bersih-bersih ini biasanya dilakukan dengan lebih detail. Dengan membersihkan bagian tubuh bayi setelah kotorannya terangkat, bayi bisa segera dimandikan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjemur Bayi

1. Tidak Harus di Ruang Terbuka

Dalam menjemur bayi, tidak selamanya kita harus melakukan hal tersebut di ruangan terbuka yang menyebabkan bayi terkena langsung sinar matahari. Anda bisa menjemur bayi di ruangan yang masih tertutup tetapi juga masih bisa diterobos oleh sinar matahari. Biasanya, aktivitas menjemur bayi dilakukan pada jam-jam tertentu, dengan anggapan bahwa jam-jam tertentu memiliki suhu yang cukup untuk menjemur bayi.

2. Waktu yang tepat untuk berjemur

Biasanya, aktivitas menjemur bayi dilakukan pada jam 06.30-08.00 pagi, sebelum bayi mandi dan di saat sinar matahari tidak terlalu menyengat. Selain itu, suhu yang baik untuk menjemur bayi adalah suhu 36,5-37,5 derajat celcius yang tentunya tidak terlalu panas untuk bayi. Jika terlalu panas maka hal tersebut bisa memicu hipertermi yang bisa berbahaya bagi pertumbuhan bayi. Untuk itu, jangan menjemur bayi di saat terlalu panas dan juga jangan menjemur bayi saat mendung karena akan terlalu dingin.

3. Durasi menjemur bayi

Selama kurang lebih 15 menit. Jangan terlalu lama karena kulit bayi masih sensitif dan Jangan menjemur si kecil lebih dari pukul 08.00. Paparan sinar mentari menjelang siang hari mengandung sinar ultraviolet A dan B yang dapat merusak membran kulit sehingga menyebabkan kulit merah dan terbakar serta merusak mekanisme regenerasi sel.

4. Cuaca yang kurang baik

Bila cuaca sedang berangin, jemurlah bayi di dalam ruangan (berkaca). Asal kacanya bening, bayi masih dapat menikmati pancaran sinar matahari yang cukup menghangatkan.

Batasan Usia Bayi yang Dijemur

Tidak ada batasan usia untuk menjemur bayi di pagi hari. Umumnya bayi baru lahir sampai usia 1 minggu secara rutin dijemur demi mencegah/mengurangi tingginya kadar bilirubin. Namun bila setelah itu kebiasaan menjemur ini terus berlangsung juga tidak akan ada ruginya. Sinar matahari merangsang produksi vitamin D yang bermanfaat untuk pembentukan tulang. Pembentukan tulang akan terus berlangsung hingga usia 20 tahun.

KontraIndikasi Bayi yang Dijemur

a. Waspadai bila bayi fotosensitif, sebaiknya tidak terpapar sinar matahari karena kulitnya sangat sensitif. Menjemurnya hanya akan menimbulkan bercak-bercak merah pada kulit.

b. Bayi prematur pun disarankan untuk tidak dijemur, apalagi pada minggu-minggu pertama kelahirannya. Pada waktu itu bayi yang dilahirkan kurang bulan ini masih membutuhkan suhu yang stabil. Sementara saat dijemur Meskipun bayi mampu
menyesuaikan tubuhnya dengan suhu luar, menjemur pada bayi baru lahir dengan prematur dapat membahayakan keselamatannya.

Jangan Menjemur Bayi Terlalu Lama dan Sinar Mentari Begitu Terik

Waspada hipertremi bila paparan, kurangi waktu menjemurnya. Jika kelamaan bayi dikhawatirkan mengalami hipertermi (peningkatan suhu tubuh). Suhu ideal bayi antara 36,5°-37,5° C. Kondisi hipertermi berisiko menyebabkan gangguan pada fungsi metabolisme tubuh bayi, otak dan juga fungsi organ lainnya.

Citra Dewi Amd.Keb - July 19, 2018
Diskusi Dari:
Sherly davies

Bu Bidan nama saya Adinda Laras dan sekarang ini saya sedang hamil untuk yang pertama kali jadi perasaan antara khawatir, takut dan cemas dan senang bercampur. Apa saya perlu melakukan tes torch bu ? Tapi saya tidak memiliki riwayat pelihari kucing dan kehamilan saya juga baik – baik saja tapi tetap saja saya merasa takut. Menurut bu bidan saya harus bagaimana ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

Dijawab Oleh : Claudia harapankita
Diskusi Dari:
Rikha Fatimah

Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat siang dok…
Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

Perlu Jawaban