Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Boleh Tanya Bidan Manfaat bercinta pada kehamilan di usia 9 bulan sangat disarankan oleh dokter dengan tujuan bisa memperlancar proses persalinan janin.

Bercinta pada awalnya dapat menginduksi persalinan karena adanya kandungan prostaglandin pada sperma yang dapat memicunya. Tapi dilihat dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa bercinta saat hamil usia 9 bulan masih tetap bisa dilakukan dan tidak mengganggu waktu kelahiran. Untuk usia kehamilan yang masih muda disarankan untuk tidak melakukan bercinta karena kondisi janin yang masih rentan. Jadi sangat aman melakukan bercinta diusia kehamilan tua kecuali pada kondisi tertentu yang mengharuskan anda untuk lebih berhati-hati karena kehamilan beresiko.

Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Menurut penelitian mengatakan bahwa melakukan bercinta saat usia kehamilan tua dapat membantu membuka jalan bayi saat melahirkan sehingga dapat memperlancar proses persalinan. Namun mungkin pada wanita hamil melakukan bercinta akan sedikit mengalami kerepotan, bukan tanpa alasan banyak yang bisa melakukan bercinta saat usia kehamilan semakin tua karena bisa membantu proses persalinan menjadi lebih cepat dan lancar. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hormon yang dilepaskan saat anda melakukan bercinta. Seperti hormon endorphin, DHEA, dan oksitosin dilepaskan melalui hipofisis. Hormon oksitosin yaitu hormon yang bermanfaat untuk mendorong pengarahan serat otot yang banyak digunakan pada saat kontraksi nanti yang selanjutnya hormon endorphin yaitu salah satu hormon yang bermanfaat untuk tubuh menjadi lebih rileks membuat anda menjadi tidak tegang dan lebih tenang meski mendekati waktu proses persalinan. Terakhir hormon DHEA bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang.

Pada usia kehamilan 8 bulan anda bisa melakukan dan dapat mengurai secara bertahap bila sudah mendekati proses persalinan. Saat proses persalinan hormon dalam tubuh akan mengalami banyak perubahan dan tidak seimbang seperti hormon estrogen dan progesterone maka hormon oksitosin akan berperan membantu kontraksi dalam bentuk braxton hicks dan dapat menjadi kekuatan pada saat persalinan. 

Itulah beberapa manfaat yang perlu anda ketahui untuk melakukan bercinta saat usia 9 bulan yang sangat baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Apa Yang Terjadi Saat Proses Persalinan Normal

Manfaat Babymoon Bagi Ibu Hamil

Kenali Gejala Dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Ketakutan Ibu Hamil Menjelang Proses Persalinan

Citra Dewi Amd.Keb - November 28, 2016
Diskusi Dari:
Dessi Yudha Arisandy

Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
andriani

Selamat Pagi Bu Dokter ….

Saya mau tanya, kenapa ya akhir akhir ini saya sering kali merasakan rasa sakit yang begitu hebat dibagian atas, padahal tidak di sertai dengan rasa pusing. Teruskan saya coba untuk memutar bola mata ke bagian atas, dan hasilnya rasa sakit itu terus menyiksa dan begitu sangat terasa. Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

Perlu Jawaban