Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Boleh Tanya Bidan Manfaat bercinta pada kehamilan di usia 9 bulan sangat disarankan oleh dokter dengan tujuan bisa memperlancar proses persalinan janin.

Bercinta pada awalnya dapat menginduksi persalinan karena adanya kandungan prostaglandin pada sperma yang dapat memicunya. Tapi dilihat dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa bercinta saat hamil usia 9 bulan masih tetap bisa dilakukan dan tidak mengganggu waktu kelahiran. Untuk usia kehamilan yang masih muda disarankan untuk tidak melakukan bercinta karena kondisi janin yang masih rentan. Jadi sangat aman melakukan bercinta diusia kehamilan tua kecuali pada kondisi tertentu yang mengharuskan anda untuk lebih berhati-hati karena kehamilan beresiko.

Manfaat Bercinta Pada Kehamilan Di Usia 9 Bulan

Menurut penelitian mengatakan bahwa melakukan bercinta saat usia kehamilan tua dapat membantu membuka jalan bayi saat melahirkan sehingga dapat memperlancar proses persalinan. Namun mungkin pada wanita hamil melakukan bercinta akan sedikit mengalami kerepotan, bukan tanpa alasan banyak yang bisa melakukan bercinta saat usia kehamilan semakin tua karena bisa membantu proses persalinan menjadi lebih cepat dan lancar. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hormon yang dilepaskan saat anda melakukan bercinta. Seperti hormon endorphin, DHEA, dan oksitosin dilepaskan melalui hipofisis. Hormon oksitosin yaitu hormon yang bermanfaat untuk mendorong pengarahan serat otot yang banyak digunakan pada saat kontraksi nanti yang selanjutnya hormon endorphin yaitu salah satu hormon yang bermanfaat untuk tubuh menjadi lebih rileks membuat anda menjadi tidak tegang dan lebih tenang meski mendekati waktu proses persalinan. Terakhir hormon DHEA bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang.

Pada usia kehamilan 8 bulan anda bisa melakukan dan dapat mengurai secara bertahap bila sudah mendekati proses persalinan. Saat proses persalinan hormon dalam tubuh akan mengalami banyak perubahan dan tidak seimbang seperti hormon estrogen dan progesterone maka hormon oksitosin akan berperan membantu kontraksi dalam bentuk braxton hicks dan dapat menjadi kekuatan pada saat persalinan. 

Itulah beberapa manfaat yang perlu anda ketahui untuk melakukan bercinta saat usia 9 bulan yang sangat baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Apa Yang Terjadi Saat Proses Persalinan Normal

Manfaat Babymoon Bagi Ibu Hamil

Kenali Gejala Dan Penyebab Terjadinya Kehamilan Kosong

Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Ketakutan Ibu Hamil Menjelang Proses Persalinan

Citra Dewi Amd.Keb - November 28, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Mbak aty

Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya
Diskusi Dari:
Anonymous

Pantangan makanan setelah sunat

Dijawab Oleh :