Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Tahukah bumil? ternyata, banyak manfaat berenang disaat sedang hamil seperti halnya melakukan senam hamil. Manfaat berenang saat hamil membantu melenturkan otot-otot tubuh sehingga anda akan merasa lebih segar dan mengurangi kelelahan. Tak hanya itu, berenang juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu dalam pengaturan pernafasan yang sangat bermanfaat terutama nanti saat menghadapi persalinan.

Para ahli mengatakan berenang boleh dilakukan pada usia kehamilan berapa saja tetapi beberapa pendapat menyatakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar resiko bahaya lebih sedikit, sebaiknya berenang saat hamil dilakukan pada usia kehamilan 7 bulan ke atas karena pada usia ini kandungan akan lebih kuat dan stabil.

Manfaat berenang salah satunya untuk membantu dalam melenturkan otot-otot tubuh yang akan membuat anda menjadi lebih rilex.

Berikut ini ada beberapa manfaat berenang saat hamil yang harus anda ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan sirkulasi udara didalam tubuh dengan cara meningkatkan fungsi kerja paru-paru melalui gerakan mengambil dan mengeluarkan nafas saat berenang yang akan membantu memperbaiki pernafasan agar lebih teratur dan anda tidak mudah merasa sesak akibat tekanan pembesaran rahim.

2. Memperkuat otot-otot rahim dan panggul karena dalam berenang pergerakan didaerah ini cukup banyak, yang akan membantu melancarkan persalinan karena kekuatan dan kelenturan otot rahim dan panggul yakni sangat penting dalam proses persalinan nanti.

3. Melancarkan sirkulasi darah juga menjaga fungsi jantung. Maka kebutuhan oksigen dan nutirisi baik untuk anda maupun janin akan berlangsung dengan lancar dan baik.

4. Berenang yang dilakukan secara teratur dan aktif dapat membantu menghilangkan penat dan lelah akibat aktivitas sehari-hari anda. Beberapa gerakan tubuh ketika berenang membantu menyegarkan fisik maupun mental sehingga dapat terasa perbedaannya terutama pada malam hari tidur anda akan lebih nyenyak dan berkualitas.

5. Selain itu, berenang secara teratur dapat membantu menyegarkan tubuh dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anda tidak mudah sakit serta memberikan manfaat bagi perkembangan janin dalam kandungan.

6. Gerakan-gerakan yang santai saat berenang yang dilakukan secara teratur mampu membantu mengatasi salah satu ketidaknyamanan saat hamil yakni pembengkakan yang sering terjadi terutama saat usia kehamilan trimester ketiga.

7. Membantu membakar kalori tubuh sehingga dapat mempertahankan berat badan karena idealnya pertambahan kalori selama hamil yakni 300 kalori lebih banyak dari kebutuhan semasa tidak hamil. Tetapi, tak jarang ibu hamil memiliki nafsu yang besar sehingga bisa melebihi kebutuhan kalorinya. Tidak salah karena memang asupan nutrisi saat hamil yang diterima akan diteruskan untuk janin dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Dengan berenang dapat membantu metabolisme tubuh lebih cepat sehingga kalori lebih cepat terbakar serta membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

8. Membantu mengatasi masalah stress yang tak jarang dialami saat kehamilan. Manfaat berenang salah satu cara untuk melatih emosi dengan cara yang menyenangkan, menggerakan tubuh dengan media airterlebih jika anda memilih berenang ditempat umum yang pasti akan bertemu banyak orang bahkan dengan sesama ibu hamil sehingga dapat membantu anda untuk melakukan banyak interaksi dengan orang lain. Dengan interaksi sosial termasuk cara paling ampuh untuk menghilangkan stress serta untuk anda mendapatkan dan berbagi pengetahuan dengan bumil lainnya serta meningkatkan rasa nyaman dan senang.

Jika sebelumnya anda termasuk orang yang jarang berenang, untuk permulaan mulailah selama 5 sampai 10 menit kemudian dengan bertahap tambah 1 sampai 2 menit setiap minggunya. Lakukan 2 sampai 3 kali semniggu.

Citra Dewi Amd.Keb - December 19, 2016
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Alfiyah

Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

Dijawab Oleh : Alfiyah
Diskusi Dari:
Dwickadeck Doen

Saya mau tanya nih bu bidan seputar rambut bayi, anak saya berumur 1,5 tahun tapi pertumbuhan rambut nya kok sedikit sekali yah. Kira-kira penyeba nya apa saja yah ? saya lihat teman sebayanya rambutnya bagus semua bu bidan. saya khawatir sekali terlebih anak saya itu perempuan.

Dijawab Oleh : Dwickadeck Doen
Diskusi Dari:
Hani fahrunnisa

Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Salamualikum
Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

Dijawab Oleh : Indri Ekawaty