Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Tahukah bumil? ternyata, banyak manfaat berenang disaat sedang hamil seperti halnya melakukan senam hamil. Manfaat berenang saat hamil membantu melenturkan otot-otot tubuh sehingga anda akan merasa lebih segar dan mengurangi kelelahan. Tak hanya itu, berenang juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu dalam pengaturan pernafasan yang sangat bermanfaat terutama nanti saat menghadapi persalinan.

    Para ahli mengatakan berenang boleh dilakukan pada usia kehamilan berapa saja tetapi beberapa pendapat menyatakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar resiko bahaya lebih sedikit, sebaiknya berenang saat hamil dilakukan pada usia kehamilan 7 bulan ke atas karena pada usia ini kandungan akan lebih kuat dan stabil.

    Manfaat berenang salah satunya untuk membantu dalam melenturkan otot-otot tubuh yang akan membuat anda menjadi lebih rilex.

    Berikut ini ada beberapa manfaat berenang saat hamil yang harus anda ketahui, yaitu:

    1. Meningkatkan sirkulasi udara didalam tubuh dengan cara meningkatkan fungsi kerja paru-paru melalui gerakan mengambil dan mengeluarkan nafas saat berenang yang akan membantu memperbaiki pernafasan agar lebih teratur dan anda tidak mudah merasa sesak akibat tekanan pembesaran rahim.

    2. Memperkuat otot-otot rahim dan panggul karena dalam berenang pergerakan didaerah ini cukup banyak, yang akan membantu melancarkan persalinan karena kekuatan dan kelenturan otot rahim dan panggul yakni sangat penting dalam proses persalinan nanti.

    3. Melancarkan sirkulasi darah juga menjaga fungsi jantung. Maka kebutuhan oksigen dan nutirisi baik untuk anda maupun janin akan berlangsung dengan lancar dan baik.

    4. Berenang yang dilakukan secara teratur dan aktif dapat membantu menghilangkan penat dan lelah akibat aktivitas sehari-hari anda. Beberapa gerakan tubuh ketika berenang membantu menyegarkan fisik maupun mental sehingga dapat terasa perbedaannya terutama pada malam hari tidur anda akan lebih nyenyak dan berkualitas.

    5. Selain itu, berenang secara teratur dapat membantu menyegarkan tubuh dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anda tidak mudah sakit serta memberikan manfaat bagi perkembangan janin dalam kandungan.

    6. Gerakan-gerakan yang santai saat berenang yang dilakukan secara teratur mampu membantu mengatasi salah satu ketidaknyamanan saat hamil yakni pembengkakan yang sering terjadi terutama saat usia kehamilan trimester ketiga.

    7. Membantu membakar kalori tubuh sehingga dapat mempertahankan berat badan karena idealnya pertambahan kalori selama hamil yakni 300 kalori lebih banyak dari kebutuhan semasa tidak hamil. Tetapi, tak jarang ibu hamil memiliki nafsu yang besar sehingga bisa melebihi kebutuhan kalorinya. Tidak salah karena memang asupan nutrisi saat hamil yang diterima akan diteruskan untuk janin dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Dengan berenang dapat membantu metabolisme tubuh lebih cepat sehingga kalori lebih cepat terbakar serta membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

    8. Membantu mengatasi masalah stress yang tak jarang dialami saat kehamilan. Manfaat berenang salah satu cara untuk melatih emosi dengan cara yang menyenangkan, menggerakan tubuh dengan media airterlebih jika anda memilih berenang ditempat umum yang pasti akan bertemu banyak orang bahkan dengan sesama ibu hamil sehingga dapat membantu anda untuk melakukan banyak interaksi dengan orang lain. Dengan interaksi sosial termasuk cara paling ampuh untuk menghilangkan stress serta untuk anda mendapatkan dan berbagi pengetahuan dengan bumil lainnya serta meningkatkan rasa nyaman dan senang.

    Jika sebelumnya anda termasuk orang yang jarang berenang, untuk permulaan mulailah selama 5 sampai 10 menit kemudian dengan bertahap tambah 1 sampai 2 menit setiap minggunya. Lakukan 2 sampai 3 kali semniggu.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - December 19, 2016
    Diskusi Dari:
    Isti Rahmawati

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Dijawab Oleh : Isti Rahmawati
    Diskusi Dari:
    wkjchu56042488

    bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

    Dijawab Oleh : wkjchu56042488
    Diskusi Dari:
    Jasmine Putri Mustofah

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Dijawab Oleh : Jasmine Putri Mustofah
    Diskusi Dari:
    Hafis Alfarozi STm

    Siang dokter, kakak saya kemarin bilang kalau di payudaranya ada seperti benjolan kecil dan lunak itu benjolan payudara yang menyebabkan kanker payudara bukan dok ? Bagaimana cara mengobatinya ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aolia SucCie Priyatna

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

    Perlu Jawaban