Manfaat Berjemur Di Pagi Hari Bagi Bayi

www.curhatbidan.com – Kita telah mengetahui bahwa sinar matahari dipagi hari sangatlah memiliki manfaat bagi kesehatan, dan hal ini berlaku juga untuk bayi. Setelah bayi dilahirkan, fungsi dari hatinya masih belum sempurna dalam proses pengolahan bilirubin. Yang dimana kadar bilirubin dalam darah bayi ini masih sangat tinggi, dan hal inilah yang dapat menyebabkan bayi mengalami suatu proses fisiologis penyebab bayi kuning.

Matahari dipagi hari memiliki kandungan yang sangat baik yaitu kandungan spektrum sinar biru yang berfungsi untuk dapat membantu dalam mengurangi kadar bilirubin didalam darah bayi. Sinar matahari juga sangat membantu untuk pembentukan tulang.

Menurut salah satu dokter yaitu dr. Nuraeni Erni Akbar B, DSKK menyatakan bahwa Provitamin D yang terdapat pada tubuh manusia akan berubah menjadi Vitamin D dengan adanya bantuan sinar matahari, dan sangatlah baik untuk pertumbuhan tulang.

Berikut manfaat berjemur dipagi hari bagi bayi :

1. Dapat menurunkan kadar bilirubin dalam darah

Bayi yang baru lahir memiliki fungsi hati yang belum normal, sehingga dapat mengakibatkan kadar bilirubin dalam darahnya tidak normal atau terlalu tinggi. Dari hal inilah yang membuat bayi baru lahir terlihat kuning. Kadar bilirubin akan mengalami kenaikan pada dari ke 3 sampai ke 5 pasca bayi tersebut dilahirkan. Sinar matahari yang memiliki kandungan spektrum sinar biru ini dapat membantu untuk memecah bilirubin dalam darah sehingga kadar bilirubin akan kembali normal, serta efek kuning pada bayi pun akan menghilang.

2. Memberi efek kehangatan

Sinar matahari dipagi hari dapat memberikan efek hangat pada bayi yang nantinya pun akan memberikan manfaat juga untuk mengeluarkan lendir-lendir yang bersarang pada tenggorokan bayi. Terutama pada bayi yang berpotensi memiliki gangguan seperti alergi.

3. Membuat tulang menjadi lebih kuat

Kandungan Vitamin D yang cukup tinggi pada sinar matahari sangat baik untuk tulang, yaitu untuk membantu kalsium supaya mudah untuk terserap dalah darah yang kemudian dapat menyatu dengan tulang sehingga akan menjadikan tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Menurut penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang tinggal di kawasan terbuka, tidak ada yang mengalami Rickettsia (gangguan pertumbuhan tulang), sedangkan pada kawasan yang sangat padat, kasus penyakit Rickettsia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Maka dari itu sangat disarankan bagi para orang tua untuk menjemur bayi dipagi hari selama beberapa saat yang bertujuan untuk mencegah terjangkitnya penyakit Rickettsia.

4. Menghindari bayi dari stress

Bayi yang mengalami stress setelah dilahirkan biasanya mengalami menangis secara terus menerus. Sinar matahari dipagi hari dapat berkhasiat untuk melepaskan hormon endorphin atau hormon anti depresi dalam tubuh, sehingga bayi yang mendapatkan sinar matahari dipagi hari akan terhindar dari stress ataupun rasa jenuh.

Hal-hal yang perlu diketahui saat menjemur bayi yaitu :

  • Jika sinar matahari terlalu terik, bayi dapat dijemur dibalik jendela, namun masih tetap terkena sinar matahari.
  • Sebaiknya menjemur bayi dalam keadaan telanjang, termasuk popok. Dan pastikan sinar matahari mengenai pada tubuh bayi. Waktu menjemur cukup selama 15 menit.
  • Lindungi matanya dari sinar matahari. Jika perlu tutupi dengan kacamata tabir surya.
  • Berikan sentuhan pijatan yang lembut selama berjemur, untuk meningkatkan kontak antara ibu dan sang bayi.
  • Berikan ASI setelah selesai berjemur, karena dari sinar matahari dapat meningkatkan penguapan dari kulit bayi yang akan menyebabkan sang bayi mengalami dihidrasi.

Jadi pastikan bayi Anda mendapatkan cukup dari sinar matahari setiap hari. Semoga bermanfaat 😉

Citra Dewi Amd.Keb - March 17, 2017
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Jenni

Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Asti Anisa

Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

Dijawab Oleh : Asti Anisa
Diskusi Dari:
Disa Khaerunisa

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Rani Anggraeni

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Perlu Jawaban