Manfaat Berkomunikasi Dengan Janin Sejak Dalam Kandungan

Tanya Bidan – Alangkah bahagianya bagi seorang wanita mendapati dirinya sedang hamil. Merasakan dan menikmati setiap perubahan yang terjadi pada dirinya. Apalagi pada masa kehamilan yang sudah memasuki masa trimester kedua, dimana janin sudah mulai akitif bergerak-gerak, pasti anda akan merasa sangat bahagia. Pada masa ini sangat baik apabila ibu mengajak calon sang buah hati untuk berkomunikasi atau berbicara kepadanya. Dengan sering mengajak janin berkomunikasi sejak didalam kandungan dipercaya dapat membawa dampak yang positif, banyak orang beranggapan bahwa dengan melakukan komunikasi atau berbicara dengan janin sejak dini bisa merangsang perkembangan otak bayi dan juga dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. Berbicara pada janin yang masih didalam kandungan mempunyai banyak manfaat, dimana manfaat ini dapat anda nikmati apabila anda sering mengajak berbicara pada janinnya.

Berikut beberapa manfaat berkomunikasi dengan janin sejak dalam kandungan:

Membantu Menstimulasi Pendengaran si Kecil

Indra pendengaran janin umumnya mulai terbentuk sejak minggu ke-14. Inilah waktu yang tepat untuk mulai mengajak si kecil berbicara karena bisa membantu menstimulasi indra pendengarannya. Selain itu, mengajak janin bicara juga bisa membantu mengoptimalkan pembentukan saraf neuron didalam otak yang berfungsi untu pendengaran.

Membantu Memaksimalkan Proses Belajar Bicara

Ternyata, mengajak ngobrol si kecil sejak masih dalam kandungan juga akan membantu mempercepat proses belajar bicara dikemudian hari. Otak si kecil akan menyimpan semua kata-kata yang ia dengarkan semasa masih dalam kandungan. Dan ketika tibak waktunya untuk belajar bicara, otaknya akan memunculkan lagi kata-kata tersebut, sehingga ia pun bisa belajar lebih cepat.

Menciptakan Suasana yang Nyaman untuk Janin

Mengkonsumsi berbagai makanan ibu hamil yang penuh nutrisi, istirahat cukup, dan beristirahat teratur tentu dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin. Tahukah anda? Secara emosional, janin pun dapat merasakan apa yang anda rasakan. Itulah kenapa anda perlu menjaga perasaan selama kehamilan. Sebaiknya, hindari stress, rasa takut, atau kesepian hingga berlarut-larut. Jika anda mengajak janin berbicara dengan suasana hati yang riang, maka hal ini juga akan menimbulkan perasaan nyaman untuknya.

Membantu Menstimulasi Otak

Bukan cuma anda yang perlu mengajak si kecil berbicara sejak masih dalam kandungan. Sang ayah juga sebaiknya melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, si kecil akan belajar membedakan suara dari kedua orang tuanya. Ia akan mengetahui bahwa suara yang rendah adalah milik sang ayah dan suara yang lebih tinggi merupakan suara ibunya. Hal ini akan membantu menstimulasi otaknya untuk lebih peka terhadap indra pendengarannya.

Berkomunikasi dengan janin sejak didalam kandungan adalah kegiatan yang menyenagkan. Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. tidak ada aturan khusus tentang itu bahkan faktanya kegiatan tersebut sangat menyenangkan. Semoga bermanfaat! Baca juga: Mengetahui Ciri Kehamilan Anak Laki-laki atau Perempuan Tanpa USG

Citra Dewi Amd.Keb - August 15, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya ingin bertanya apakah setiap kehamilan BO slalu disertai perdarahan?kl tidak alasannya apa.tks

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
wahyu

Malam bu bidan, saya via 23 thn.
Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah.
Kenapa itu yaa bu bidan

Dijawab Oleh : wahyu
Diskusi Dari:
Jasmine Putri Mustofah

Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

Dijawab Oleh : Jasmine Putri Mustofah
Diskusi Dari:
Alwia

Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

Dijawab Oleh : Alwia
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya