Manfaat Bermain Puzzle Untuk Perkembangan Motorik Anak

Bidan online | Pada zaman yang serba canggih dengan berbagai teknologi seperti sekarang ini, kita tidak aneh lagi jika sering melihat anak-anak membawa gadget untuk memainkan game favorit mereka. Padahal banyak sekali permainan sederhana yang juga tak kalah seru dan mengandung banyak manfaat untuk buah hati anda. Selain itu, beberapa permainan juga dapat membantu dalam perkembangan emosi anak.Dan sa;ah satunya adalah manfaat bermain puzzle.

Anda dapat mencoba memperkenalkan permainan puzzle kepada anak sejak dini. Puzzle sendiri adalah permainan menyusun gambar, yang mana gambar akan di acak terlebih dahulu. Sehingga anak akan mencoba menyusunnya di dalam bingkai dengan menghubungkan potongan-potongan kecil sehingga menjadi gambar yang utuh. Pada umumnya kepingan gambar tersebut dibuat tidak simetris sehingga membuat kepingan gambar tersebut unik dan juga mudah untuk di susun. Pilihlah potongan puzzle yang tidak terlalu rumit untuk metode awal mengenalkan permainan ini kepada anak anda.

Namun tahukah anda? Ternyata permainan yang sederhana ini memiliki banyak manfaat terlebih dalam membantu perkembangan motorik dan emosi anak.

Dan inilah beberapa manfaat bermain puzzle bagi anak:

1. Problem solving

Salah satu manfaat dari permainan puzzle bagi anak adalah dapat membantu meningkatkan kinerja anak dalam memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah. Permainan ini akan membantu anak anda berfikir dari berbagai sudut pandang untuk menyelesaikan potongan-potongan puzzle sehingga membentuk sebuah gambar. Dengan bermain puzzle juga dapat membantu anak untuk mencapai suatu tujuan dan memiliki suatu yang di banggakan sehingga membuatnya terdorong untuk tetap tekun menghubungkan potongan-potongan puzzle. Hal ini akan mendorong anak untuk belajar dan mencoba untuk memecahkan masalahnya denga cara maupun sudut pandang yang bervariasi.

2. Mengembangkan keterampilan motorik anak

Dengan bermain puzzle, anak perlu mengambil sesuatu yang membuat garis dan memindahkan barang tanpa harus membuatnya menjadi rusak. Dan hal tersebut merupakan salah satu cara yang dapat menambah keterampilan motorik. Dan bukan hanya dalam gerakan dasar, dengan bermain puzzle juga akan membantu dalam mengontrol gerakan dan meletakkan sesuatu di tempatnya. Dengan permainan yang dapat melatih keterampilan motorik ini, anak terbantu untuk berlatih akan kemampuannya, seperti menulis dan juga makan yang baik.

3. Mengembangkan keterampilan kognitif

Manfaat bermain puzzle lainnya untuk anak adalah dapat melatih anak untuk mengenali ukuran, gambar, dan bentuk yang berbeda sehingga membantu anak dalam meletakkan potongan puzzle dalam segala secara harmonis dan bersamaan. Dan dengan latuhan tersebut, maka membuat anak anda berlatih kemampuan kognitif. Peranan ini akan membantu dalam dasar-dasar yang di lakukan termasuk dalam mengenal alfabet, objek serta hitungan yang menjadi dasar pembelajarannya.

4. Mengembangkan koordinasi mata dan juga tangan

Puzzle adalah mainan untuk memilih berbagai bentuk, gambar dan juga warna untuk di susun menjadi suatu gambar yang utuh. Dan dengan ragam yang berbeda tersebut memaantu anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan tangan mereka. Anak anda akan di latih untuk meletakkan potongan puzzle dengan membentuk beberapa bagian yang berbeda-beda. Sehingga membuat anak belajar dalam melibatkan berbagai gerakan dan juga konsentrasi pada saat waktu yang bersamaan.

5. Melatih kesabaran anak

Dengan bermain puzzle juga melatih kesabaran anak. Karena dalam bermain puzzle anak di tuntut untuk menggabungkan potongan puzle dalam kotak yang telah di sediakan. Anak akan berlatih sabar dalam menjalankan proses hingga menemukan goal yang di inginkan. Sehingga puzzle termasuk ke dalam mainan anak yang tepat untuk anda berikan kepada sang buah hati.

Nah itulah manfaat puzzle bagi anak dan perkembangan motoriknya. Puzzle sendiri dapat di gunakan untuk anak mulai berusia 10 bulan  dengan kepingan puzzle yang sedikit dan cukup mudah. Semakin tinggi usia anak, anda dapat mengenalkan puzzle dengan kerumitan yang semakin tingi pula.

Citra Dewi Amd.Keb - November 1, 2016
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana
Diskusi Dari:
Atha

Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

Perlu Jawaban