Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Tanya Bidan,- Brokoli merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Dan kandungan gizi dalam brokoli diantaranya asam folat, asam lemak omega 3, vitamin, kalsium , mineral, beta karoten,  zat besi dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran brokoli saat hamil. Karena ada beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil.

Beberapa Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit juga tidak mudah terkena virus. Karena sayuran brokoli memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi mampu mempertebal atau memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempersulit masuknya penyakit.

Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah, untuk mencegah anemia saat hamil maka konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi seperti brokoli. Sehingga sangat dianjurkan pada saat hamil untuk mengkonsumsi brokoli. Tidak hanya dapat mencegah anemia, tapi juga dapat mengatasi sembelit.

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran brokoli dapat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga, kandungan serat didalamnya berfungsi dapat menjaga kesehatan usus, mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

Mengontrol tekanan darah

Brokoli juga memiliki manfaat dapat mengatur tekanan darah dan membuatnya stabil. Brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil yang sedang mengidap tekanan darah tinggi.

Sumber vitamin K dan Kalsium

Brokoli memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang berfungsi sebagai tempat menyimpan energi disaat hamil dan pada saat menyusui. Selain vitamin K dalam brokoli juga berguna bagi si jabang bayi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi dan melindungi sistem sarafnya.

Baik untuk kesehatan kulit

Brokoli juga bermanfaat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan vitamin dan mineral bermanfaat mampu mencerahkan kulit selama masa kehamilan.

Itulah beberapa manfaat brokoli untuk untuk kesehatan ibu hamil. Namun, cara memasak brokoli pun harus benar dan tepat agar memperoleh manfaat dan khasiat dari brokoli. Cara memasak brokoli yang benar adalah dengan cara di kukus, masukan dalam sop dan bisa juga di jus. Dengan begitu kandungan gizi dalam brokoli pun tidak akan hilang dan andapun akan mendapatkan manfaat dari sayuran brokoli.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - June 23, 2016
Diskusi Dari:
Alfiyah

Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

Dijawab Oleh : Alfiyah
Diskusi Dari:
Atha

Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Neng Atna Julianti

Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

Dijawab Oleh : Neng Atna Julianti
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang,
Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nenk Marsya

Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

Perlu Jawaban