Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Tanya Bidan,- Brokoli merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Dan kandungan gizi dalam brokoli diantaranya asam folat, asam lemak omega 3, vitamin, kalsium , mineral, beta karoten,  zat besi dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran brokoli saat hamil. Karena ada beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil.

Beberapa Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit juga tidak mudah terkena virus. Karena sayuran brokoli memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi mampu mempertebal atau memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempersulit masuknya penyakit.

Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Nah, untuk mencegah anemia saat hamil maka konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi seperti brokoli. Sehingga sangat dianjurkan pada saat hamil untuk mengkonsumsi brokoli. Tidak hanya dapat mencegah anemia, tapi juga dapat mengatasi sembelit.

Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran brokoli dapat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga, kandungan serat didalamnya berfungsi dapat menjaga kesehatan usus, mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

Mengontrol tekanan darah

Brokoli juga memiliki manfaat dapat mengatur tekanan darah dan membuatnya stabil. Brokoli juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil yang sedang mengidap tekanan darah tinggi.

Sumber vitamin K dan Kalsium

Brokoli memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang berfungsi sebagai tempat menyimpan energi disaat hamil dan pada saat menyusui. Selain vitamin K dalam brokoli juga berguna bagi si jabang bayi untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi dan melindungi sistem sarafnya.

Baik untuk kesehatan kulit

Brokoli juga bermanfaat sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan vitamin dan mineral bermanfaat mampu mencerahkan kulit selama masa kehamilan.

Itulah beberapa manfaat brokoli untuk untuk kesehatan ibu hamil. Namun, cara memasak brokoli pun harus benar dan tepat agar memperoleh manfaat dan khasiat dari brokoli. Cara memasak brokoli yang benar adalah dengan cara di kukus, masukan dalam sop dan bisa juga di jus. Dengan begitu kandungan gizi dalam brokoli pun tidak akan hilang dan andapun akan mendapatkan manfaat dari sayuran brokoli.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - June 23, 2016
Diskusi Dari:
Gek Anik

selamat siang,
saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
mohon di bantu infonya,,
terima kasih

Dijawab Oleh : Gek Anik
Diskusi Dari:
Anonymous

Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nenden Mustika

Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
januari menst tgl 10
Febuari menst tgl 10
Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..

Dijawab Oleh : Nenden Mustika
Diskusi Dari:
Anonymous

Malam Dok…!
Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
Terima kasih atas jawabannya dok…!

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

Dijawab Oleh :