Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan

Hallo para pembaca setia Curhat Bidan , seperti biasa jum’at kali ini juga kita akan menulis artikel yang berhubungan dengan persalinan. Nah judul dari tulisan ini sendiri ialah manfaat hipnosis selama persalinan dan kehamilan. Jika bunda belum mengetahui apa itu hypnosis, kita akan ulas secara sekilas mengenai hipnosis itu sendiri.

Apa Itu Hipnosis?

Hipnosis disebut juga hipnoterapi atau sugesti. Suatu kondisi dimana Anda telah meningkatkan focus dan konsentrasi. Hipnosis biasanya dilakukan dengan bantuan terapis menggunakan pengulangan verbal dan citra mental. Ketika Anda berada di bawah hipnosis, Anda biasanya merasa tenang dan santai, dan lebih terbuka untuk menerima saran.

Hipnosis dapat digunakan untuk membantu Anda mendapatkan kontrol atas perilaku yang tidak diinginkan atau untuk membantu Anda mengatasi kecemasan atau nyeri. Sangat penting untuk mengetahui bahwa meskipun Anda lebih terbuka untuk menerima saran selama hipnosis, Anda tidak akan kehilangan kontrol atas perilaku Anda.

Manfaat Hipnosis Selama Persalinan Dan Kehamilan


Hipnosis telah digunakan selama persalinan selama kurang lebih 100 tahun. Banyak studi penelitian telah dilakukan untuk mempelajari pengaruh hipnosis pada kehamilan dan persalinan. Hipnosis telah digunakan pada wanita selama persalinan untuk membantu mengurangi rasa sakit. Hipnosis dapat digunakan sebagai analgesik alami untuk tidak hanya mengurangi rasa sakit tapi mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit. Selain manajemen nyeri, self-hypnosis telah digunakan untuk mengontrol pernapasan selama persalinan. Studi lain menunjukkan bahwa hipnosis memiliki manfaat psikologis bagi ibu dan bayi yang baru lahir.

Sebuah meta-analisis dari penelitian yang dilakukan dengan melibatkan hipnosis dengan wanita hamil yang dibandingkan dengan intervensi non-hypnosis, tidak ada perawatan, dan plasebo. Pengukuran utama dalam meta-analisis termasuk analgesia digunakan selama skor nyeri persalinan dan juga selama persalinan. Meta-analisis termasuk sekitar 8.395 perempuan yang telah menggunakan hipnosis selama kehamilan atau persalinan. Analisis menyimpulkan bahwa lebih sedikit perempuan yang diperlukan untuk menggunakan bentuk analgesia selama persalinan. Wanita yang menerima hipnosis melaporkan rasa nyeri selama proses persalinan berkurang dibandingkan pada kelompok kontrol.

Dalam studi lain, 60 wanita hamil ikut berpartisipasi. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan sugesti mereka; semua menerima pendidikan melahirkan dan tips tentang kontrol nyeri. Kedua kelompok kemudian dibagi dengan setengah menerima induksi hipnosis dan lainnya belajar bernapas dan latihan relaksasi selama persalinan. Wanita pada kelompok hypnosis dan pada kelompok sugestibilitas tinggi dilaporkan mendapat rasa sakit yang lebih ringan. Mereka yang menggunakan hipnosis dilaporkan menggunakan obat pereda nyeri lebih seikit dan memiliki tahapan lebih pendek saat melahirkan.

Meta-analisis lain melihat berbagai penelitian yang dilakukan dengan menggunakan hipnosis dengan wanita hamil, hasilnya menunjukkan bahwa hipnosis dapat mengurangi tingkat intervensi medis selama persalinan dan mengurangi risiko untuk sang ibu dan bayi yang baru lahir. Satu studi menunjukkan bahwa perempuan yang dilatih untuk menggunakan hipnosis selama persalinan sangat jarang mengalami depresi postpartum. Hypnosis dapat membantu mengelola depresi dan kecemasan yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan menjadi ibu baru. Hal ini menunjukkan bahwa hipnosis dapat memiliki banyak manfaat pada kedua perempuan dan bayi mereka yang baru lahir.

Satu studi menemukan bahwa perempuan di trimester kedua dan ketiga di kehamilan mereka lebih dibisikkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan menjadi lebih jauh dalam kehamilan mereka, sugesti mereka meningkat sesuai dengan skala Harvard hypnotizability. Ibu hamil juga dinilai lebih tinggi pada Skala Imajinasi Kreatif. Penelitian ini menunjukan hasil perempuan pada dua periode waktu, ketika mereka hamil dan tidak hamil. Penelitian menunjukkan bahwa jika wanita lebih dibisikkan selama kehamilan , ada lebih dari alasan untuk menggunakan hipnosis untuk kehamilan dan persalinan.

Selain mengetahui manfaat hypnosis selama persalinan, mungkin bunda juga akan tertarik mengetahui beberapa tips agar dapat melahirkan normal . Bunda bisa mencarinya di buku, majalah ataupun internet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda, dan kami do’akan agar bunda bisa melahirkan dengan lancar dan memiliki buah hati yang sehat.

Citra Dewi Amd.Keb - July 15, 2016
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay
Diskusi Dari:
Anonymous

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat Pagi dok,

istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

mohon jawabannya Dok,

salam,

Dijawab Oleh : Pipit Winartii